Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(رِيْحٌ) Rihun Artinya dan Contoh Kalimatnya di Bahasa Arab

  Apa Artinya Rihun?

Rihun adalah kosakata (mufrodat) di dalam Bahasa arab, Tulisan arab Rihun adalah (رِيْحٌ). Kata Rihun terdiri dari 3 huruf hijaiyah, huruf ro’, huruf ya’dan huruf kha’. Rihun artinya angin, Karena Rihun termasuk Isim (kata benda), maka Rihun bisa menerima tanda I’rob berupa harokat dhommah tain, kasroh tain menjadi Rihin  dan fathah tain menjadi Rihan. 

(رِيْحٌ) Rihun Artinya dan Contoh Kalimatnya di Bahasa Arab
gambar 1.0. Rihun Artinya dan Contoh Kalimatnya di Bahasa Arab

Contoh Kalimat dengan Rihun

Kata Rihun akan sering kita temukan Ketika kita membaca al qur’an, Berikut 7 contoh kalimat dengan kata Rihun (رِيْحٌ) di bahasa arab dan artinya, apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui kolom komentar di bawah :

  1.  وَ جَرَيۡنَ بِهِمۡ بِرِيۡحٍ طَيِّبَةٍ وَّفَرِحُوۡا بِهَا جَآءَتۡهَا رِيۡحٌ عَاصِفٌ wa jaroina bihim birihin thoyyibatin wa farihuu biha jaa atsha rihun ‘ashifun artinya dan meluncurlah (kapal) itu membawa mereka (orang-orang yang ada di dalamnya) dengan tiupan angin yang baik, dan mereka bergembira karenanya; QS. Yunus ayat 22
  2. وَاَمَّا عَادٌ فَاُهْلِكُوْا بِرِيْحٍ صَرْصَرٍ عَاتِيَةٍۙ wa amma ‘adun fauhliku birihin shorshorin ‘atiyatin artinya Sedangkan kaum ‘Ad, mereka telah dibinasakan dengan angin topan yang sangat dingin dan memiliki daya rusak yang sangat kuat. (Surat Al Haqqoh ayat 6)
  3. اِنَّآ اَرْسَلْنَا عَلَيْهِمْ رِيْحًا صَرْصَرًا فِيْ يَوْمِ نَحْسٍ مُّسْتَمِرٍّۙ inna arsalna ‘alaihim rihan shorshoraon fi yawmin nahsin mustamirin artinya Sesungguhnya Kami telah menghembuskan angin yang sangat kencang kepada mereka pada hari nahas yang terus menerus, (Surat Al Qomar ayat 19)
  4. رِيْحٌ فِيْهَا عَذَابٌ اَلِيْمٌۙ rihun fiha ‘adzabun alimun artinya itulah angin yang sangat panas yang mengandung azab yang pedih,
  5.  كَمَثَلِ رِيْحٍ فِيْهَا صِرٌّ اَصَابَتْ حَرْثَ قَوْمٍ ظَلَمُوْٓا اَنْفُسَهُمْ kamatsali rihin fiha shirrun ashobats hartsa qowmin dholamu anfusahum artinya ibarat angin yang mengandung hawa sangat dingin, yang menimpa tanaman (milik) suatu kaum yang menzalimi diri sendiri, (ali imron ayat 117)
  6. الرِّيْحُ قَوِيَّةً جَدًّا يُمْكِنُ أَنْ تَطِيْرُ طَائِرَتَكَ الْوَرَقِيَّةِ ar rihu qowiayatan jaddan yumkinu an tathiru thoirotakal waroqiyyati artinya Angin yang sangat kencang Ini bisa menerbangkan layang-layang anda.
  7. نُحِبُّ أَنْ نَلْعَبَ فِي مَهَبِ الرِّيْحِ عِنْدَمَا تُمْطِرُ nuhibbu an nal’aba fi mahabir rihi ‘indama tumthiru artinya Kami senang bermain angin ketika hujan datang.

Posting Komentar untuk "(رِيْحٌ) Rihun Artinya dan Contoh Kalimatnya di Bahasa Arab"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close