Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Essay Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia Kelas 11 (XI) Semester 2 dan Jawabannya

 Berikut adalah contoh soal tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia dalam bentuk essay, contoh saat ini sesuai untuk kelas 11 (XI) SMA semester 2,contoh soal ini sudah dilengkapi dengan kunci jawaban yang berada di bagian bawah soal, apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui kolom komentar di bawah. 

Contoh Soal Essay Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia Kelas 11 (XI) Semester 2 dan Jawabannya
gambar 1.0. Contoh Soal Essay Peranan Indonesia di Perdamaian Dunia

Selamat Mengerjakan

  1. Apa nama cabang ilmu yang mempelajari interaksi relasi dan komunikasi yang terjalin antara negara berkaitan dengan kebijakan luar negeri yang meliputi diplomasi konflik kesejahteraan ekonomi? 
  2. Apa pengertian hubungan internasional menurut the dictionary of word politics? 
  3. Apa definisi atau pengertian hubungan internasional dalam undang-undang Nomor 37 tahun 1999? 
  4. Apa pengertian politik luar negeri menurut undang-undang nomor 37 tahun 99? 
  5. Apa pengertian subjek hukum internasional? 
  6. Sebutkan ruang lingkup dan substansi dari hukum internasional? 
  7. Sebutkan tiga kemampuan di dalam subjek hukum internasional? 
  8. Sebutkan 5 subjek hukum internasional? 
  9. Sebutkan tiga hak kaum pemberontak atau belligerentcy dalam hukum internasional? 
  10. Sebutkan tiga faktor internal penyebab terjadinya hubungan internasional? 
  11. Sebutkan tiga contoh kerjasama regional yang dilakukan oleh Indonesia? 
  12. Siapakah yang mendirikan gerakan non-blok dari negara Mesir? 
  13. Sebutkan tiga peran Indonesia dalam gerakan non-blok? 
  14. Sebutkan tiga prinsip Asean? 
  15. Sebutkan tujuan utama APEC? 

Kunci Jawaban Soal Essay Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia

  1. Ilmu Hubungan internasional. 
  2. Menurut dictionary of word politics hubungan internasional adalah suatu istilah yang digunakan untuk melihat seluruh interaksi antara aktor-aktor negara dengan melewati batas-batas negara. 
  3. Pengertian hubungan internasional sesuai pasal 1 huruf A undang-undang Nomor 37 tahun 199 9 yaitu hubungan internasional adalah Setiap kegiatan yang menyangkut aspek regional dan internasional yang dilakukan oleh pemerintah di tingkat pusat dan daerah atau lembaga-lembaganya lembaga negara badan usaha organisasi politik organisasi masyarakat lembaga swadaya masyarakat atau warga negara Indonesia 
  4. Pengertian politik luar negeri adalah suatu kebijakan sikap dan langkah pemerintah Republik Indonesia yang diambil dalam melakukan hubungan dengan negara lain organisasi internasional dan subjek hukum internasional lainnya dalam rangka menghadapi masalah internasional guna mencapai tujuan nasional. 
  5. Pengertian subjek hukum internasional adalah semua pihak yang dapat dibebani oleh hak dan kewajiban sebagaimana diatur dalam hubungan internasional. 
  6. Ruang lingkup dan substansi dari hukum internasional terdiri atas unsur subjek atau pelaku hubungan-hubungan hukum antara subjek atau pelaku serta hal-hal atau objek yang tercakup dalam pengaturannya serta prinsip-prinsip dan kaidah atau peraturan-peraturan hukumnya. 
  7. Tiga kemampuan di dalam subjek hukum internasional yaitu cakap dalam mendukung hak dan kewajiban internasional cakap dalam tindakan tertentu yang bersifat internasional dan bisa berpartisipasi dalam keanggotaan suatu organisasi internasional. 
  8. 5 subjek hukum internasional yaitu Negara, Tahta Suci Vatikan, individu, Palang Merah Internasional dan organisasi internasional. 
  9. Tiga hak kaum pemberontak atau belligerentcy yaitu kewenangan dalam menentukan nasib, kewenangan untuk memilih sistem ekonomi, sosial dan budaya serta kewenangan atau menguasai sumber daya alam. 
  10. Tiga faktor internal penyebab terjadinya hubungan internasional yaitu adanya keinginan untuk meningkatkan kesejahteraan nasional adanya keinginan membuka hubungan politik dengan negara lain dan adanya keterbatasan dalam memenuhi kebutuhan maupun kepentingan nasional. 
  11. Tiga contoh kerjasama regional yang dilakukan Indonesia yaitu ASEAN, APEC dan AFTA.
  12. Pemrakarsa gerakan non-blok dari negara Mesir yaitu Gamal Abdul Nasir.
  13. Tiga peran Indonesia dalam gerakan non-blok yaitu Indonesia sebagai tempat berlakunya Konferensi Asia Afrika sebagai cikal bakal GNB Indonesia sebagai salah satu negara pemrakarsa gerakan non-blok dan Indonesia berupaya memprakarsai kerjasama teknis di berbagai bidang yaitu bidang pertanian dan kependudukan. 
  14. Tiga prinsip ASEAN yaitu tidak mencampuri urusan dalam negeri negara anggota, menolak penggunaan kekuatan yang mematikan dan kerjasama efektif antar anggota. 
  15. Tujuan utama APEC adalah mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan di Asia Pasifik. 

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Essay Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia Kelas 11 (XI) Semester 2 dan Jawabannya "

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close