Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana struktur tubuh tumbuhan lumut?

 Bagaimana struktur tubuh tumbuhan lumut? 

struktur tubuh tumbuhan lumut tersusun atas akar semu, batang berupa talus dan daun yang masih sederhana. bentuk akar semu atau rizoid pada tumbuhan lumut tidak mempunyai akar sejati tetapi hanya mempunyai akar semu yang disebut rizoid.

Rizoid sendiri terdiri atas sel-sel yang bersambungan dan bersekat tidak sempurna yang tumbuh dari sel epidermis. akar rizoid pada tumbuhan lumut berfungsi untuk melekat pada tempat tumbuh serta menyerap air dan unsur hara.

Adapun batang tumbuhan lumut tersusun dari 2 struktur yaitu lumut hati dan lumut tanduk tidak berbatang dan tidak mempunyai pembuluh angkut, sedangkan lumut daun mempunyai batang sederhana dengan pembuluh angkut tunggal.

Adapun daun pada tumbuhan lumut mempunyai daun yang sederhana berbentuk pipih bilateral dengan 1 pembuluh angkut di dalam Ibu tulang daun, sel-sel daun pada tumbuhan lumut sempit, kecil dan Panjang. serta mengandung kloroplas yang tersusun seperti jala. Selain itu terdapat sel-sel mati berukuran besar dengan penebalan dinding berbentuk Spiral yang berfungsi sebagai tempat persediaan air dan cadangan makanan.

Posting Komentar untuk "Bagaimana struktur tubuh tumbuhan lumut?"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close