Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi dan 23 Contoh Imbuhan pe-an dalam Kalimat

Di dalam Bahasa Indonesia, kita akan menemukan berbagai macam imbuhan pada kata depan sebagai keterangan tempat atau keterangan waktu, penggunaan imbuhan menjadikan sebuah kalimat lebih nyaman untuk dibaca, didengar dan difahami. seperti kata pemandaian, pemakaman atau pelajaran, dimana aturan penulisan  imbuhan pe-an sebagai imbuhan yang berada di awal dan akhir kata harus ditulis bersambung, tidak boleh dipisah.

Fungsi dan Contoh Imbuhan pe-an dalam Kalimat
Gambar 1.0. Contoh Kalimat dengan imbuhan pe-an

Apa fungsi imbuhan pe-an?

di dalam kalimat Bahasa Indonesia, imbuhan pe-an mempunyai 2 fungsi sebagai berikut 

  1. Berfungsi Menyatakan tempat. seperti kalimat pemandian, pemakaman.
  2. Berfungsi Menyatakan proses. seperti kalimat perakitan, penyulingan.

Contoh Kalimat dengan Imbuhan Pe-an

Berikut 23 contoh kalimat dengan imbuhan pe-an dan penjelasannya, apabila saudara mempunyai pertanyaan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah 

  1. Mengapa anda ingin pergi ke pemandian di tepi pantai. pemandian berasal dari kata mandi dan mendapatkan imbuhan pe-an. 
  2. Saya ingin pergi ke pemakaman orang tua saya di pinggir gunung Merapi. Pemakaman berasal dari kata makam dan mendapatkan imbuhan pe-an. 
  3. Saya menyukai perakitan komputer di rumah Arnold. Perakitan berasal dari kata makam dan mendapatkan imbuhan pe-an.
  4. Siapa yang melaksanakan penyulingan gas di rumah Wedi? Penyulingan berasal dari kata suling dan mendapatkan imbuhan pe-an.
  5. Kami suka menabung di pegadaian, karena lebih terjamin dan aman. Pegadaian berasal dari kata makam dan mendapatkan imbuhan pe-an.
  6. Mereka sedang duduk di pedesaan Jawa Timur. Pedesaan berasal dari kata desa dan mendapatkan imbuhan pe-an.
  7. Tersangka kasus penipuan sudah ditangkap oleh bapak polisi. Penipuan berasal dari kata tipu dan mendapatkan imbuhan pe-an.
  8. Saya melihat ada kasus pencurian yang ditangani oleh Polsek Semarang. Pencurian berasal dari kata curi dan mendapatkan imbuhan pe-an.
  9. Guru itu terlibat kasus pemerkosaan kepada anak didiknya. Pemerkosaan berasal dari kata perkosa dan mendapatkan imbuhan pe-an.
  10. Kami telah melaksanakan pemberian bantuan kepada anak yatim dan fakir miskin. Pemberian berasal dari kata beri dan mendapatkan imbuhan pe-an.
  11. Mereka tinggal di pedalaman hutan Amazon. Pedalaman berasal dari kata dalam dan mendapatkan imbuhan pe-an. 
  12. Kami suka dengan kegiatan pelatihan yang mereka selenggarakan. Pelatihan berasal dari kata latih dan mendapatkan imbuhan pe-an.
  13. Dimana terjadi peperangan, disitu terjadi bencana alam. Peperangan berasal dari kata perang dan mendapatkan imbuhan pe-an. 
  14. Kami melihat pepohonan yang besar ada di hutan Kalimantan. Pepohonan berasal dari kata pohon dan mendapatkan imbuhan pe-an.
  15. kami melihat perantauan yang sukses ada di Tarakan. Perantauan berasal dari kata rantau dan mendapatkan imbuhan pe-an.
  16. Kami melayanai kegiatan pemesanan barang dan bunga, Pemesanan berasal dari kata pesan dan mendapatkan imbuhan pe-an.
  17. Dia sedang melakukan pencitraan di media massa. Pencitraan berasal dari kata citra dan mendapatkan imbuhan pe-an.
  18. Setiap orang terbiasa dengan melakukan pencarian di Google. Pencarian berasal dari kata cari dan mendapatkan imbuhan pe-an.
  19. Bapak polisi memerintahkan menggelar penyelidikan kepada saudara Amin. Penyelidikan berasal dari kata selidik dan mendapatkan imbuhan pe-an.
  20. Kami melihat pembuatan meja di rumah anda. Pembuatan berasal dari kata buat dan mendapatkan imbuhan pe-an.
  21. Siapa yang membuat pengakuan atas rumah anda? Pemakaman berasal dari kata makam dan mendapatkan imbuhan pe-an.
  22. Kami sedang melakukan pemasaran secara online melalui youtube dan facebook. Pemasaran berasal dari kata pasar dan mendapatkan imbuhan pe-an.
  23. Jangan takut, Pendidikan akan membuat anda lebih sejahtera di masa depan. Pendidikan berasal dari kata didik dan mendapatkan imbuhan pe-an.

Posting Komentar untuk " Fungsi dan 23 Contoh Imbuhan pe-an dalam Kalimat"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close