Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Adjective Clause Sebagai Subject, Object, Possessive dan Adverb

 Apa itu Adjective Clause?

Pengertian Adjektif clause adalah subclause yang difungsikan sebagai adjective (menjelaskan noun) dan membentuk rangkaian frase kata benda (noun phrase),  adjective clause disebut juga relative Clause.

Berapa jenis Adjective Clause dalam bahasa inggris?

Adjective clause mempunyai 4 fungsi di dalam kalimat ,sebagai berikut 

  1. Adjective clause sebagai Subject
  2. Adjective Clause sebagai Object
  3. Adjective Clause sebagai kepemilikan (possessive)
  4. Adjective Clause sebagai kata keterangan (Adverb)

Berikut masing-masing contoh kalimat adjective clause, baik sebagai subjek, objek, kepemilikan ataupun keterangan  (Adverb)

Contoh Kalimat dengan Adjective Clause

Contoh Kalimat dengan adjective Clause sebagai subject

Adapun Adjective clause berfungsi sebagai subjek dengan menggunakan who, which dan that. Yang semuanya berarti yang. Adapun who untuk subjek orang, which untuk subjek bukan manusia, dan that untuk subjek orang dan bukan manusia (both atau keduanya) 3 contoh kalimat adjective clause sebagai subject 

  1. Samsul kissed a girl, She sends me a flower artinya samsul mencium wanita, dia mengirimi saya sebuah bunga) digabung dengan adjective clause who menjadi Samsul kissed a girl who sends me a flower artinya samsul mencium wanita yang mengirimi saya bunga.
  2. This car is expensive, it is made in japan artinya mobil ini mahal, ini dibaut di jepang. Karena subjeknya this car adalah kata benda atau subjek bukan orang, maka menggunakan which, ssehingga kalimatnya menjadi the car which is made in japan is expensive artinya mobil yang dibuat di jepang itu mahal.
  3. The teacher teaches us, he is very patient artinya guru mengajar kita, dia sangat sabar. Karne asubjeknya adalah the teacher yang merupakan subjek orang, pada saat ini kita menggunakan that atau who. Sehingga kalimatnya menjadi the teacher that teaches us is very patient Artinya guru yang mengajar kami sangat sabar.

Contoh Kalimat dengan adjective Clause sebagai Object

Adapun Adjective clause berfungsi sebagai objek dengan menggunakan who, whom, which dan that. Yang semuanya berarti yang. Adapun who untuk objek orang, dan whom juga untuk objek manusia, yang membedakan apabila who untuk informal sedangkan whom untuk bentuk formal. which untuk objek bukan manusia, dan that untuk objek orang dan bukan manusia (both atau keduanya). 3 contoh kalimat adjective clause sebagai object

  1. I bought a cake, She made it artinya Saya membeli sebuah roti, Dia membuat itu. Kedua kalimat digabung dengan adjective clause whom menjadi I bought a cake whom She made artinya saya membeli sebuah roti yang dia buat.
  2. He loves this laptop, it is very expensive artinya dia mencintai laptop ini, ini mahal. Kedua kalimat digabung dengan adjective clause which menjadi he loves this laptop which is very expensive artinya dia menyukai laptop yang sangat mahal.
  3. He gives a dolls, I saw him artinya dia memberi boneka, saya melihat mereka, Kedua kalimat digabung dengan adjective clause which menjadi he gives a doll which I saw artinya dia memberi sebuah boneka yang saya lihat.

Contoh Kalimat dengan adjective Clause sebagai Possessive

Adapun Adjective clause berfungsi sebagai Possessive dengan menggunakan whose dan which. Yang semuanya berarti yang. Adapun whose untuk possessive orang, dan which untuk possessive benda, 3 contoh kalimat adjective clause sebagai Possessive

  1. We kick this ball, its leather is very thick artinya kami menendang bola, kulitnya sangat tebal. Kedua kalimat digabung dengan adjective clause which, karena kepemilikan benda, sehingga kedua kalimatnya menjadi we kick this ball which leather is very thick artinya kami menendang bola ini yang kulitnya sangat tebal
  2. The noodle from Indonesia, the taste of it is delicious artinya Mie berasal dari Indonesia, rasanya nikmat. Kedua kalimat digabung dengan adjective clause which, karena kepemilikan benda menggunakan which sehingga kedua kalimatnya menjadi The noodle, the taste of which is delicious from Indonesia artinya mie yang rasanya sangat nikmat berasal dari Indonesia.
  3. Zain will meet the girl, her mother is my teacher artinya Zain akan menemui wanita, ibunya adalah guru saya. Kedua kalimat digabung dengan adjective clause whose, karena kepemilikan manusia menggunakan whose, sehingga kedua kalimatnya menjadi Zain will meet the girl whose mother is my teacher artinya Zain akan menemui gadis yang ibunya adalah guru saya.

Contoh Kalimat dengan adjective Clause sebagai Adverb

Adapun Adjective clause berfungsi sebagai adverb dengan menggunakan where, which, when, why dan that. Yang semuanya berarti yang. Adapun where  untuk keterangan tempat (adverbial of place), when  untuk keterangan waktu (adverbial of time), dan why untuk keterangan alasan (adverbial of reason). 3 contoh kalimat adjective clause sebagai Adverb,

  1. This building is very old, Tamara lived in that place artinya bangunan ini sangat tua, tamara tinggal di tempat itu. Kedua kalimat digabung dengan adjective clause where, karena keterangan tempat menggunakan where, sehingga kalimatnya menjadi This building where Tamara lived is very old artinya bangunan ini dimana Tamara tinggal sangat tua.
  2. Today is a holiday, They will come at that time artinya hari ini adalah hari libur, mereka akan datang pada saat itu. Kedua kalimat digabung dengan adjective clause when, karena keterangan waktu maka menggunakan when, sehingga kalimatnya menjadi Today is a holiday when tamara will come artinya hari ini adalah hari libur ketika Tamara akan datang.
  3. Samsul ate fried chicken at restaurant, Ilzami works there artinya Samsul memakan ayam goreng di restoran, Ilzami bekerja di sana. Kedua kalimat digabung dengan adjective clause where, karena keterangan tempat maka menggunakan where, sehingga kalimatnya menjadi Samsul ate fried chicken where Ilzami works artinya Samsul makan ayam goreng dimana Ilzami bekerja.

Posting Komentar untuk "Contoh Adjective Clause Sebagai Subject, Object, Possessive dan Adverb"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close