Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegiatan Pendampingan Penanganan Akses Reforma Agraria di Tarakan

 Kegiatan Pendampingan Penanganan Akses Reforma Agraria di LLK kota Tarakan, Pada tanggal 27 Oktober 2021, kegiatan diadakan oleh ATR pertanahan kota Tarakan, Kegiatan diselenggarakan di Lembaga Pelatihan Kerja Kota Tarakan, Kegiatan dibuka oleh Bapak Sukahar Junaidi yang menjelaskan  tentang sertifikasi pertanahan yang dibutuhkan untuk kegiatan pertanahan di daerahnya. 

Di mana dengan adanya sertifikat tanah menjadikan tanah UMKM di akui pemerintah, UMKM juga bisa berusaha secara leluasa di tanah tersebut. Jadi sertifikat tanah memberikan banyak manfaat kepada pelaku UMKM. Kegiatan selanjutnya dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Aria Wijaya dari Kepala seksi Pertanahan Kota Tarakan yang menyampaikan materi bahwa harusnya segala kemudahan diberikan kepada mereka yang mengurus perizinan supaya kegiatan perizinan bisa berjalan normal dan sempurna. Mempersulit kebijakan untuk mengurus perizinan bukanlah solusi yang tepat untuk kegiatan saat ini.

Acara selanjutnya yaitu penyampaian materi tentang manajemen keuangan oleh Bapak Rifqi Ilzami Khoiri, S.T. beliau menjelaskan tentang pengertian manajemen keuangan, contoh manajemen keuangan , perencanaan produksi berdasarkan data pada masa lalu, dan perhitungan bunga pinjaman di bank pada periode tertentu. Pemateri juga menyajikan contoh soal untuk dikerjakan oleh UMKM di akhir acara.   

Pemateri selanjutnya yakni bapak Sarwoji, dari bidang koperasi dinas UMKM Kota Tarakan. Beliau menjelaskan tentang materi pemasaran, di akhir sesi beliau juga meminta para UMKM menyampaikan permasalahan tentang pemasaran yang mereka hadapi saat ini kepada beliau, setiap masing–masing usulan beliau tampung dan beliau jadikan masukan untuk membuat kebijakan selanjutnya. 

Acara kemudian ditutup dengan foto bersama dengan seluruh peserta pelatihan dan kepala seksi pertanahan Bapak Aria, diadakan juga penyerahan simbolis piagam sertifikat pelatihan kepada narasumber, setiap peserta merasa puas dengan materi yang disampaikan dan berupaya supaya kegiatan seperti ini diadakan secara rutin setiap minggu dan bulan pada periode selanjutnya.     

Posting Komentar untuk "Kegiatan Pendampingan Penanganan Akses Reforma Agraria di Tarakan"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close