Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merubah Zona Waktu pada Google Analytics

Ketika anda membuka google analytics, dan anda melihat pada kolom pengunjung, Google Analytics menunjukkan waktu mereka berkunjung ke sebuah website, google analytics juga menampilkan jumlah pengunjung, Negara asal pengunjung, kota pengunjung website anda, media yang digunakan untuk mengakses website anda,halaman yang dibuka pengunjung,  pendapatan dan impresi iklan adsense pada website anda dan masih banyak hal lagi yang disediakan dan tersimpan di dalam data google analytics anda.

Suatu permasalahan apabila anda belum merubah zona waktu yang ada, maka yang muncul adalah zona waktu Amerika Serikat (USA), karena zona waktu amerika adalah zona waktu yang secara default merupakan bawaan dari google yang bermarkas dan berkantor di Amerika. Anda sebagai seorang pengguna yang berasal dari Negara Indonesia pasti kebingungan dan tidak nyaman untuk membaca waktu pengunjung yang mengunjungi anda dalam satu hari atau 7 hari. Karena perbedaan waktu antara indonesia dengan Amerika hampir 11 sampai 12 jam.

Tapi jangan khawatir berikut adalah 6 tahapan cara merubah zona waktu pada google analytics.

1) Silakan login dahulu ke google analytics,.
2) Kemudian klik admin pada bagian bawah kolom paling kiri sebagaimana ditunjukkan pada gambar di bawah:

Cara Merubah zona waktu pada google analytics
Gambar 1.0. Tahapan merubah Zona Waktu pada Google Analytics

3) Akan muncul 3 kolom besar, anda lihat kolom paling kanan, Kemudian klik View Setting 
4) Klik pada Negara dan ubah menjadi Indonesia
5) Klik pada zona waktu dan sesuaikan dengan zona waktu Indonesia
6) Klik update untuk menyimpan setelan perubahan anda.

Pastikan anda sudah menyimpan dan merubah dengan benar, apabila anda tidak menyimpan maka perubahan yang anda lakukan tidak berdampak pada settingan google analytic anda, Setelah anda merubah, mungkin tampilan waktu masih menggunakan zona waktu amerika. Jangan khawatir, tunggulah dalam waktu satu sampai 3 jam kemudian, anda bisa melihat google analytics dan melihat perubahan yang sudah anda lakukan.

Demikian tutorial singkat tentang cara merubah zona waktu pada google Analytics, apabila saudara mempunyai pertanyaan dan saran, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda. 

Posting Komentar untuk " Cara Merubah Zona Waktu pada Google Analytics"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close