Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Meja dari Kayu dilengkapi Bahan, Peralatan dan Tahapannya

Meja kayu adalah perabotan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia, di mana meja bisa membuat kita lebih nyaman dI dalam bekerja ataupun bersantai, berikut adalah cara membuat meja kayu dengan mudah.

Apa Saja Bahan dan Peralatan yang Harus Disiapkan?

Terdapat beberapa bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat meja kayu. Beberapa peralatan yang harus disiapkan sebagai berikut :

  1. Penggaris kisaran harga Rp 7.000,-
  2. Meteran kisaran hargaRp 20.000,- 
  3. Mesin gerinda kisaran harga Rp 200.000,-
  4. Mesin ketam kisaran harga Rp 450.000,-
  5. Mesin potong (circular saw) kisaran harga Rp 800.000,- 
  6. Gergaji kisaran harga Rp 70.000,-
  7. Stiker kayu kisaran harga Rp 100.000,- per meter
  8. Lem Kayu kisaran harga Rp 40.000,- per botol
  9. Paku ukuran 2 inci kisaran harga Rp 20.000,- per kg
  10. Bulpen kisaran harga Rp 3.000,- per pcs
  11. Kertas kisaran harga Rp 3.000- per buku
  12. Papan meranti ukuran panjang  4 meter Rp 70.000,- per lonjor

Berikut beberapa fungsi dari peralatan dI atas, penggaris untuk menggambar meja yang akan ibuat paa kertas, meteran untuk mengukur panjang kayu yang ipotong dan diproses lebih lanjut, meteran juga berfungsi untuk mengekar kertas stiker yang akan ditempel pada meja . mesin gerinda  memotong kertas stiker dan untuk menghaluskan papan kayu, sama dengan mesin ketam tapi kalau mesinj ketam untuk kayu yang baru dari proses pemotongan dan masih sangat kasar,

Mesin potong atau circular saw berfungsi untuk memotong papan dengan mudah, sebenarnya anda bisa menggunakan gergaji, tetapi menggunakan mesin potong akan memudahkan anda di dalam anda bekerja, menurut pengalaman penulis di dalam pembuatan meja, maka kegiatan potong memotong adalah 40% dari total kegiatan keseluruhan. Jadi pertimbangkanlah untuk membeli mesin potong.

 Untuk bahan dari papan meranti karena di tempat saya tinggal saat ini (kota tarakan) banyak terdapat jenis kayu, adapun jenis kayu yang paling murah adalah meranti, sedangkan untuk kualitas utama anda bisa menggunakan kayu ulin, kayu gaharu dan sebagainya.

Berapa Biaya yang Dihabiskan untuk Membeli Peralatan dan Bahan ?

Adapun penulis memberikan kisaran harga pada peralatan dan bahan di atas adalah untuk memperkirakan biaya yang harus anda keluarkan di dalam membuat meja, dengan perkiraan biaya peralatan dan bahan mencapai Rp 1.783.000,-. jadi anda harus berhitung dan berfikir apakah dengan biaya satu juta tujuh ratus ribu rupiah lebih baik membeli atau memesan meja jadi dari mebel atau toko furnitur, atau anda memang mempunyai hobi dan ingin membuat usaha di dalam mebel, maka tidak ada salahnya anda berhitung semuanya supaya anda bisa mudah di dalam menentukan harga jual sebuah produk. Karena mesin dan peralatan lainnya bisa lebih efisien apabila digunakan berkali-kali untuk membuat sebuah produk.

Bagaimana Cara Membuat Meja dari Kayu? 

Berikut adalah 5 tahapan di dalam cara membuat meja dari kayu

  1. Mendesain meja 
  2. Penghalusan bahan
  3. Pemotongan bahan
  4. Penyambungan bahan
  5. Finishing

Proses Mendesain Meja 

Yang harus dilakukan pertama kali adalah Kita harus mendesain meja yang akan kita buat, kita tentukan berapa ukuran kaki meja, palang meja dan daun meja. Ukuran dan gambar tersebut kita gambar pada kertas dengan menggunakan bolpoin, sketsa meja yang dibuat kita jadikan pedoman di dalam memotong bahan  misalnya gambarnya seperti di bawah ini

Cara Membuat Meja dari Kayu dilengkapi Bahan, Peralatan dan Tahapannya
Gambar 1.0. Contoh Meja dari Kayu

Setelah kita menggambar dengan model diatas, maka kita tentukan panjang dan lebar kaki meja. Panjang kaki meja adalah 80 cm dan lebarnya adalah 10 cm

  1. Panjang palang meja adalah 70 cm dan lebar 8 cm. membutuhkan 
  2. Panjang daun meja keseluruhan adalah 100 cm dan lebar daun meja 90 cm.
  3. Daun meja terdiri dari rakitan 3 papan ukuran panjang 100 cm.
  4. Rakitan 1 adalah rakitan daun meja
  5. Rakitan 2 adalah rakitan antara 4 kaki meja dengan 4 palang meja.

Jadi kita membutuhkan 2 rakitan, dengan total keperluan bahan 4 kaki meja, 4 palang meja, 3 papan.

Apabila saudara ingin mengetahui bill of material (bahan penyusun) meja, anda bisa mengklik link ini. Di dalam halaman tersebut sudah dijelaskan tentang bill of material meja kayu disertai dengan diagram dan contoh soalnya.

 Proses Penghalusan Bahan 

Sebelum kayu atau bahan utama digunakan, maka pastikan kayu tersebut halus dan nyaman dipegang, apabila bahan kayu masih berserabut terkadang menyulitkan untuk memotong bahan satu dengan yang lain, anda bisa menghaluskan papan kayu dengan menggunakan mesin gerinda atau mesin ketam, beberapa orang memilih menghaluskan bahan kayu setelah dirangkai tetapi penulis menyarankan supaya menghaluskan bahan terlebih dahulu sebelum dirangkai, karena apabila sudah dirangkai maka akan sulit untuk menghaluskan bahan tersebut. 

Proses Pemotongan

Potong kayu sesuai ukuran yang diiginkan misalnya ukuran gambar meja kayu di atas tingginya adalah 60 cm, maka potong papan sesuai dengan tinggi meja yakni 60 cm, karena kita menggunakan 4 kaki dan 4 palang, untuk daun meja kita menggunakan 3 buah papan yang dipotong berukuran panjang 100 cm dan lebar 30 cm, 

Yang perlu diperhatikan, jangan sampai anda salah di dalam memotong, ketika ukuran potongann tidak sesuai maka anda kesuilitan di dalam merangkai dan ukuran meja jadi tidak pas, atau tidak simetris, salah satu solusi apabila anda salah di dalam memotong bahan dengan mengukur semua ukuran dan anda samakan semua ukurannya sesuai dengan ukuran gambar anda. Karena bahan yang sudah dipotong tidak bisa dipanjangkan maka yang anda lakukan adalah mengurangi semua sesuai dengan ukuran potongan yang paling kecil. 

Proses Penyambungan

Kegiatan proses penyambungan bahan bisa anda lakukan dengan membuat lubang diantara kedua papan kemudian anda memakunya pada sisi-sisi tersebut anda juga bsia melakukan dengan metode lain seperti memaku dan mengelem, bagi anda yang masih baru mencoba-coba membuat meja, maka saya sarankan untuk menyambungnya dengan memaku. Karena memaku lebih mudah daripada mengelem dan membuat lubang untuk sambungan.

Apabila anda ingin menyambung dengan lem, maka anda harus menggunakan penjepit. Mekanisme penjepit membuat dua papan menjadi sangat rekat, dan lem yang dipasang diantara kedua bahan menjadi sangat kuat, namun penulis sarankan anda tetap memakunya supaya ikatan sambungan lebih kuat. Hal yang pertama dilakukan menyambungkan kaki meja dengan palang panjang.

Setelah rakitan bawah selesai anda bisa menyambung rakitan kaki dengan daun meja. Pastikan didalam menyambung bahan dengan bahan sesuai dengan ukuran yang anda tentukan, jangan sampai anda mengalami kesalahan.

Adapun untuk membuat daun meja, anda bisa menyambungkan ketiga papan tersebut dengan paku, atau menggunakan mekanisme perekatan dengan lem, untuk merekatkan satu papan dengan papan yang lain anda perlu menggunakan mekanisme penjepit kayu.

Proses Finishing 

Setelah proses penyambungan antara rakitan pertama dan kedua selesai, anda bisa melakukan proses finishin dengan mengecat meja kayu sesuai dengan keinginan anda, atau anda juga bisa menggunakan stiker motif kayu, 

Apabila anda melakukan pewarnaan meja kayu, anda harus memastikan daun meja kayu, kaki meja dan palang meja dalam posisi kering. Setelah anda mengecat panaskan dengan menjemur di bawah sinar matahari.

Apabila anda melakukan penempelan stiker meja kayu, maka anda harus memastikan bahwa meja dalam posisi kering, oleskan lem di kedua sisi, yakni pada sisi kertas dan sisi daun meja. Kemudian rekatkan secara perlahan mulai dari bawah ke atas. Gunakan penggaris atau media lain untuk meratakan lem pada stiker meja kayu, Dan meja dari kayu siap untuk digunakan.

 

Posting Komentar untuk " Cara Membuat Meja dari Kayu dilengkapi Bahan, Peralatan dan Tahapannya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close