Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Bill Of Material Meja Kayu

Dengan memahami bill of material atau bahan penyusun sebuah produk, maka akan memudahkan dalam kegiatan perencanaan produksi dan membuat jadwal produksi induk.  Manfaat lain dari adanya bill of material adalah memudahkan dan meningkatkan akurasi peramalan penjualan, membuat proses perencanaan dan penjadwalan lebih akurat, menciptakan sistem pemeliharaan dan penyimpanan yang efisien dan fleksibel.

Apabila saudara ingin memperinci bill of material dari suatu produk, hendaknya saudara mengamati secara mendetail produk tersebut kemudian membuat bagan dari pada produk tersebut. Berikut adalah contoh bill of material dari meja kayu sederhana. Di mana kalau kita melihat gambar di bawah ini, maka meja tersebut terdiri dari 1 daun meja, 4 kaki meja panjang, 2 palang panjang, 2 palang pendek, dan 20 paku  . tanpa paku yang tertancap antara rakitan kayu tersebut, tak mungkin meja tersebut bisa berdiri kokoh dan nyaman digunakan. Begitu juga meja tak bisa terbentuk sempurna , apabila dia tidak mempunyai rakitan kaki dengan daun meja.



Setiap angka yang tertera di bawahnya adalah jumlah pasangan yang dibutuhkan untuk membuat satu meja secara utuh, adapun apabila saudara memesan 20 meja kayu sebagaimana gambar di atas, maka anda tinggal mengalikan berapa kebutuhan untuk daun mejanya, dan rakitan kakinya. Berikut contoh soalnya.

Contoh Soal Soal Bill Of Material Meja Kayu

Heru adalah seorang tukang mebel di Banyumas Jawa Tengah, suatu saat Bapak Heru kedatangan orang dari Semarang yang ingin memesan 50 meja kayu dari mas heru, di mana desain yang diinginkan mirip persis sesuai dengan gambar di atas. Maka berapa palang meja, kaki meja dan paku yang harus disediakan oleh Pak Heru?

Jawab

Diketahui satu meja kayu membutuhkan 1 daun meja, 4 kaki meja, 2 palang panjang, 2 palang pendek, dan 20 paku.

Maka apabila dibutuhkan 50 meja kayu, maka perhitungannya sebagai berikut :

Kebutuhan untuk daun meja = 50 x 1 daun meja = 50 daun meja kayu,

Kebutuhan untuk rakitan kaki = 50 x 1 rakitan kaki = 50 rakitan kaki

Kebutuhan untuk palang pendek = 50 x 2 palang pendek = 100 palang pendek

Kebutuhan untuk palang panjang = 50 x 2 palang panjang = 100 palang panjang

Kebutuhan untuk kaki meja = 50 x 4 kaki meja = 200 kaki meja

Kebutuhan untuk paku = 50 x 20 paku = 1000 paku.

Jadi kebutuhan untuk membuat 50 meja kayu adalah sebanyak 50 daun meja kayu, 50 rakitan kaki, 100 palang pendek, 100 palang panjang, 200 kaki meja dan 1000 paku.

Posting Komentar untuk " Contoh Bill Of Material Meja Kayu"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close