Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yu’minu Artinya, Contoh Kalimat dan Tashrifnya

Apa Arti Yu’minu?

Yu’minu adalah kata yang berasal dari bahasa arab, tulisan arab Yu’minu adalah يُؤْمِنُ, dimana kata Yu’minu terdiri dari 4 huruf hijaiyah, yakni huruf ya’, huruf wawu hamzah, huruf mim dan huruf nun. Yu’minu artinya sedang beriman. bentuk kata Yu’minu adalah fi’il mudhori’, dimana kata Yu’minu bisa berubah menjadi Yu’mina bila terdapat amil nawashib sebelum kata Yu’minu, Yu’minu juga bisa berubah menjadi Yu’min, apabila terdapat amil jawazim sebelum kata Yu’minu. 

Adapun kata Yu’minu bisa berubah Nu’minu, Tu’minu dan Tu’miniina tergantung pada dhomir (kata ganti) yang mendahului kata Yu’minu. Perubahan kata tersebut dinamakan tashrif. Tashrif adalah perubahan kata, di dalam bahasa arab penggunaan kata kerja akan berubah-ubah sesuai dengan dhomir (kata ganti) yang berada di depannya, sehingga penulisan kalimat saya sedang beriman dengan kamu sedang beriman itu berbeda. di mana perubahan bentuk fi’il mudhori’ dengan dhomir disebut juga tashrif lughowi fi’il mudhori’ Di bawah ini adalah penulisan Tashrif Lughowi Fi’il Mudhori’ dengan kata Yu’minu (يُؤْمِنُ) dari kata ganti dengan huruf huwa sampai nahnu,

  1. هُوَ يُؤْمِنُ huwa yu’minu artinya Dia laki-laki sedang beriman
  2.  هُمَا يُؤْمِنَانِhuma yu’minani artinya Mereka berdua laki-laki sedang beriman
  3. هُمْ يُؤْمِنُونَ hum yu’minuuna artinya Mereka laki laki sedang sedenga beriman
  4.  هِيَ تُؤْمِنُ hiya tu’minu artinya Dia wanita sedang beriman
  5. هُمَا تُؤْمِنَانِ huma tu’minaani artinya Mereka berdua wanita sedang beriman
  6. هُنَّ يُؤْمِنَّ hunna yu’minna artinya Mereka wanita sedang beriman
  7. اَنْتَ تُؤْمِنُ anta tu’minu artinya Kamu laki-laki sedang beriman
  8. اَنْتُمَا تُؤْمِنَانِ antuma tu’minaani artinya Kamu berdua laki-laki sedang beriman
  9. اَنْتُمْ تُؤْمِنُونَ antum tu’minuuna artinya Kamu semua laki-laki sedang beriman
  10. اَنْت تُؤْمِنِينَ anti tu’miniina artinya Kamu wanita sedang beriman
  11. اَنْتُمَا تُؤْمِنَانِ antuma tu’minani artinya Kamu berdua wanita sedang beriman
  12. اَنْتُنَّ تُؤْمِنَّ antunna tu’minna artinya Kamu semua wanita sedang beriman
  13. اَنَا اُؤْمِنُ ana u’minu artinya Saya sedang beriman
  14. نحْنُ نُؤْمِنُ nahnu nu’minu artinya Kami sedang beriman

 Contoh Kalimat dengan kata Yu’minu (يُؤْمِنُ)

Berikut adalah 6 contoh kalimat dengan kata Yu’minu (يُؤْمِنُ), adapun warna kuning kami berikan kepada kata yang menggunakan kata Yu’minu (يُؤْمِنُ) supaya memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya. 

  1. مَتَى سَيُؤْمِنُ زَيْدٌ بِاللّهِ؟ Mata sayu’minu zaidun billahi artinya Kapan zaid akan beriman kepada Allah? 
  2. اَنَا لَنْ اُؤْمِنَ بِإِلَهِكَ ana lan u’mina bi ilahika artinya Saya tidak akan beriman kepada tuhan anda, u’minu berubah menjadi u’mina karena terdapat amil nawashib huruf lan.
  3. رَاَيْتُهَا لَمْ تُؤْمِنْ roaituha lam tu’min Artinya saya melihat dia belum beriman. Tu’minu berubah menjadi tu’min karena terdapat amil jawazim huruf lam.
  4. هَلْ تُؤْمِنُ بِالْنَبِيِّ محَمَّدِ؟ hal tu’minu bil nabiyyi muhammadi artinya Apakah anda beriman kepada Nabi Muhammad? 
  5. وَمِنْهُم مَّن يُؤْمِنُ بِهِۦ وَمِنْهُم مَّن لَّا يُؤْمِنُ بِهِۦ ۚ وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِٱلْمُفْسِدِينَ wa min-hum may yu`minu bihī wa min-hum mal lā yu`minu bih, wa rabbuka a'lamu bil-mufsidīn artinya Di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepada Al Quran, dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan Al Qur’an Surat Yunus ayat 40.
  6. وَّلَا تَاۡخُذۡكُمۡ بِهِمَا رَاۡفَةٌ فِىۡ دِيۡنِ اللّٰهِ اِنۡ كُنۡتُمۡ تُؤۡمِنُوۡنَ بِاللّٰهِ وَالۡيَوۡمِ الۡاٰخِرِۚ wa laa ta’khudzkum bihimaa ro’fatun fi dinillahi in kuntum tu’minuuna billahi wal yaumil akhir artinya dan janganlah rasa belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama (hukum) Allah, jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Al Qur’an Surat An Nur ayat 2.

2 komentar untuk " Yu’minu Artinya, Contoh Kalimat dan Tashrifnya"

  1. Mohon ustadz jelaskan kapan fiil mudhore diawali dengan yu, tu, u, dan nu dengan makna aktif?
    Karena kebanyakan yang saya temui berawalan ya ta a na. Dan saya mengira yang berawalan yu tu u dan nu itu yang pasif .
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini mengikuti pola (wazan) katanya kak, buka saja kitab amtsilatut Tashrifiyah wazan af'ala yuf'ilu, di sana terdapat kata akroma yukrimu (memuliakan), ajaba yujibu (mengabulkan atau menjawab) dan sebagainya, jadi harus memahami pola kata sebelum memaknai dia majhul (pasif) di dalam bahasa Arab.

      Hapus

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close