Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Refund Tiket Pesawat dari Traveloka, 100% Uang Tiket Kembali

Traveloka adalah salah satu agen penjualan tiket online terpercaya di Indonesia, mayoritas masyarakat Indonesia apabila membeli tiket pesawat online pasti melalui traveloka. Kebetulan kondisi saat ini yang memberlakukan PPKM di beberapa daerah di Indonesia, termasuk pulau Jawa dan Bali, sehingga terdapat persyaratan yang harus dipenuhi, seperti Wajib PCR Swab, sertifikat vaksin tahap pertama, dan usia diatas 12 tahun, otomatis beberapa penumpang pesawat yang sudah pesan tiket pesawat jauh-jauh hari dan tidak memenuhi kualitas di atas harus membatalkan tiket pesawat yang ia beli, belum lagi ada kondisi yang lain, seperti kondisi macet di perjalanan yang mengakibatkan anda tidak bisa ke bandara dan harus membatalkan tiket pesawat anda. Lalu apakah tiket pesawat yang dibatalkan bisa kembali 100%?  Berikut pengalaman kami refund tiket pesawat dari traveloka. Baik pengalaman dengan uang tiket kembali 100% atau hanya 10%.

Pengalaman Refund Tiket Pesawat Dari Traveloka Dan 100% Uang Tiket Kembali

 Kami pernah mendapatkan refund tiket pesawat dari traveloka dan 100% uang kembali selama 2 kali, yakni pada tahun 2020 dan 2021, kondisi yang terjadi pada tahun 2020 adalah kami sudah membeli tiket pesawat tujuan Surabaya dari Tarakan sebanyak 3 orang. Kami berencana pulang ke rumah orang tua di kediri beberapa hari sebelum lebaran tahun 2020. Akan tetapi tiba-tiba ada kebijakan terbaru pemerintah yang melarang Aparatur Sipil Negara pada tanggal sekian sampai sekian di tahun 2020 itu. Akhirnya, kami pun membatalkan tiket pesawat kami, kami juga mendapatkan informasi bahwa pada tanggal tersebut tidak ada pesawat yang diperbolehkan mendarat dan terbang dari Tarakan menuju pulau Jawa.

Untuk alasan penerbangan kami memilih alasan pembatalan force majeure. Terdapat juga alasan yang lain, seperti perubahan jadwal penerbangan pesawat dan sebagainya. Akhirnya setelah mengisi alasan pembatalan tersebut kami diwajibkan mengisi form yang lain seperti nama penumpang, nomor tiket pesawat dan jadwal penerbangan. Setelah berlalunya waktu, kurang lebih 3 bulan, akhirnya uang tiket kami dikembalikan sebesar jumlah yang sama ketika kami membayarkannya ke traveloka.

Dan akhirnya kami mengalami lagi pembatalan tiket pesawat pada bulan juli tahun 2021 ini, di mana pada tanggal 3 juli 2021 pemerintah mulai memberlakukan kebijakan PPKM Darurat di Pulau Jawa dan Bali. Di antaranya setiap penumpang wajib melakukan swab pcr, dan membawa sertifikat vaksin tahap pertama. Walhasil bagi setiap penumpang yang belum melaksanakan vaksin tidap diperbolehkan naik pesawat, kami memutuskan untuk membatalkan penerbangan dikarenakan syarat-syarat tersebut belum bisa kami penuhi. 

Kami melakukan pembatalan dengan alasan penerbangan dirubah, karena pada sebelumnya jadwal penerbangan jam 13.00 WIB dirubah menjadi jam 08.00 WIB. Akhirnya setelah mengisi proses dan prosedur pembatalan tiket pesawat seperti mengisi formulir, menyebutkan tanggal keberangkatan, nama penumpang, dan yang terakhir adalah nomor rekening tujuan, kami selesai mengajukan permohonan dan menunggu respon dari pihak pesawat untuk menyetujui permohonan pembatalan tiket pesawat kami. 

Kami mengira pembatalan tiket pesawat ini membutuhkan waktu 180 hari dan akhirnya memakan waktu 3 bulan dari tanggal 2 juli 2021sampai dengan September atau oktober 2021, uang kami baru ditransfer, ternyata hanya membutuhkan waktu 1 bulan, pada tanggal 2 agustus 2021. Uang kami akhirnya berhasil ditransfer.  Sebesar 100% dari harga tiket pesawat yang kami beli di traveloka 

Pengalaman refund traveloka
Gambar 1.0. pengalaman refund traveloka

Kami sangat senang dan melalui tulisan ini kami ucapkan terima kasih kepada traveloka. Adapun anda yang ingin membatalkan tiket pesawat anda, hendaknya anda jangan khawatir tentang pengembalian uang anda dari tiket pesawat. Jangan lupa untuk memastikan pengisian dokumen refund benar dan rekening bank tujuan untuk mentransfer dana refund juga benar dan lengkap, apabila nama anda di rekening Muhammad Amin Tedjakusuma. Maka anda harus menulis nama anda selengkap itu, jangan anda menulisnya hanya Muhammad amin saja atau hanya tedjakusuma, memberikan informasi yang lengkap kepada agen tiket penerbangan adalah salah satu cara kita supaya pengembalian dana tiket pesawat lebih mudah.

Pengalaman Refund Tiket Pesawat dari Traveloka Dan Hanya 10% Uang Tiket Pesawat Kembali

Kami juga pernah mendapatkan pengembalian uang tiket pesawat yang hanya 10% dari tiket pesawat, hal tersebut kami lakukan dalam tempo waktu kurang dari satu jam penerbangan pesawat, hal ini merupakan ketentuan dari maskapai penerbangan, apabila pembatalan dilakukan oleh penumpang dalam waktu kurang dari satu jam penerbangan, maka hanya 10% uang tiket pesawat yang dikembalikan.

Walaupun sebenarnya pembatalan tiket pesawat kami disebabkan oleh kurang informasi kebijakan tentang barang yang boleh dibawa oleh penumpang untuk naik pesawat, pada bulan-bulan sebelumnya kami diperbolehkan membawa air sampel limbah menggunakan bagasi lion air, tetapi pada pagi shubuh itu, lion air melarang penumpang membawa sampel air limbah dengan pesawatnya. Seharusnya pihak lion air memberikan pengumuman tertulis di bandara atau di websitenya mengenai pelarangan membawa bagasi air limbah dengan pesawat lion air, sehingga kami tidak perlu membeli tiket pesawat lion air.. Akhirnya kami memilih membatalkan tiket kami, karena tidak mungkin kami pergi naik pesawat tanpa sampel air limbah yang kami bawa.

Begitulah pengalaman kami, apabila saudara mempunyai pertanyaan dan keluhan silahkan tulis melalui kolom komentar di bawah atau melalui lama kontak. Dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada mereka yang membutuhkan.

Posting Komentar untuk " Pengalaman Refund Tiket Pesawat dari Traveloka, 100% Uang Tiket Kembali"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close