Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Isim Alam Asma, Alam Kunyah dan Alam Laqob

 Di dalam kitab alfiyah ibnu malik, terdapat nadhoman yang menjelaskan pembagian isim alam dan contohnya sebagaimana nadhoman berikut wasman ata wakunyatan wa laqoba wakhkhiron dza an siwaahu shohibaa

وَاسْمًا اَتَى وَكُنْيَةً وَلَقَبَا وَاَخِّرَنْ ذَااِنْ سِوَاهُ صَحِبَا

Artinya : Isim alam itu dibagi menjadi 3, yaitu alam asma, alam kunyah, alam laqob dan akhirkanlah alam laqob (secara wajar) jika bersamaan dengan yang lainnya. (alam asma)

Penjelasan menurut Ustadz Hamdani As Sidani sebagai berikut : Isim ‘Alam ada dua bagian, ‘alam Syakhsyin dan ‘Alam Jinsyin, alam Syakhsyin dibagi menjadi 3 bagian, yaitu : Alam Isim, Alam Kunyah, Alam Laqob.

Definisi Alam Isim adalah alam yang dibuat oleh orang tua, setelah masa kelahiran anak, baik dimulai dengan lafadz abun atau amun, atau tidak, seperti : Zaidun (زَيْدٌ), Abu Tholhah (اَبُوْ طَلْحَة)

Alam Laqob adalah alam yang dibuat setelah alam isim, yang mempunyai makna baik atau buruk, seperti : زَيْدٌ زَيْنُ الْعَابِدِيْنَ, زَيْدٌ بَطَّةٌ (zaid penghias agama)

Alam Kunyah adalah alam yang dibuat setelah alam isim dan dimulai dengan lafadz abun atau amun atau ibnun atau bintun, contoh zaidun abu amrin. 

Apabila alam laqob kumpul dengan alam lainnya (alam isim) maka alam laqob harus diakhirkan seperti umarun al faruq (عُمَرٌ اَلْفَرُوق). Sebab alam laqob itu seperti na’at, tetapi apabila yang masyhur itu alam laqob, maka boleh mendahulukan alam laqob, mengakhirkan alam isim seperti firman Allah Ta’ala di dalam al qur’an اِنَّمَا الْمَسِيْحُ عِيْسى .

Adapun alam jinsin, penjelasannya terdapat di dalam nadhoman selanjutnya وَوَضَعُوا لِبَعْضِ الْاَجْنَاسِ عَلَم artinya   

Dari penjelasan ustadz Hamdani di atas, bisa difahami bahwa isim alam di bagi menjadi 3, yakni alam laqob, alam kunyah dan alam asma

7 Contoh Alam kunyah, sebagai berikut : اِبْنُ عُمَرٍ (anaknya Umar), بِنْتُ مُحَمَّدٍ (cucunya Muhammad), اَخُوْ زَيْدٍ (saudara Zaid), اِبْنُ زَيْدٍ (anaknya zaid), عَمَّةُ مُحَمَّدٍ (Bibinya Muhammad), عَمٌّ فَاطِمَةٌ(pamannya Fathimah), اَخُوْ مُحَمَّدٍ (Saudaranya Muhammad).

3 Contoh Alam Laqob sebagai berikut : عُمَرٌ اَلْفَرُوق (Umar Al Faruq), خَالِدٌ سَيْفُ اللّه (Kholid pedangnya Allah), عَلِيٌّ بَابُ الْعِلْمِ (Ali pitunya ilmu). 

5 Contoh Alam Asma sebagai berikut : عَلِيٌّ (Ali), مُحَمَّدٌ (Muhammad), عُمَرٌ(Umar), فَاطِمَةٌ (Fathimah), هِنْدٌ (Hindun).

Posting Komentar untuk "Contoh Isim Alam Asma, Alam Kunyah dan Alam Laqob"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close