Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sholat Jum’at Di Masjid Jenderal Moeldoko Jombang

Saat itu tanggal 16 April 2021, kami melakukan perjalanan dari bandara Juanda Surabaya menuju kabupaten Kediri, adapun perjalanan melalui jalan tol Surabaya Kertosono, karena hari jum’at maka kami bergegas untuk mencari masjid yang dekat dengan jalan tol. Untungnya ketika kami keluar dari jalan tol kami melihat sebuah masjid besar bergaya turki usmani yang berada di persimpangan jalan, kami pun memilih sholat di masjid tersebut. 

Gambar 1.0 Tempat sholat utama Masjid Moeldoko

Terdapat tulisan nama besar yang terpahat di masjid dengan warna kuning keemasan, yang menunjukkan berasal dari seorang nama jenderal terkenal di Indonesia, dengan namanya Dr. HC. Moeldoko. Nama besar tersebut menunjukkan nama seorang jenderal Indonesia yang bekerja sebagai kepala staf kepresidenan di kabinet presiden joko widodo, periode 2019 sampai 2024. 

Masjid Dr. HC. Moeldoko memiliki corak turki usmani, sebagai mana desain masjib biru atau blue mosque di turki, Ruang parkir masjid dr. HC. Moeldoko cukup luas, bisa menampung sampai 40 mobil, di area masjid dr hc. Moeldoko juga terdapat kantin yang menjual kebutuhan dasar masyarakat, serta minuman dan kue untuk anak-anak. Masjid Dr. HC. Moeldoko juga mempunyai panti asuhan untuk anak-anak. Serta area berwudhu untuk para pengunjung. Area berwudhu berada di lantai bawah masjid, sedangkan lantai atas digunakan untuk kegiatan sholat berjama’ah dan sebagainya. Area berwudhu masjid Dr. HC . Moeldoko berbentuk persegi dan terdapat banyak pancuran air untuk berwudhu, di samping area wudhu terdapat toilet yang bergunan untuk membuang air kecil dan air besar, area berwudhu juga sangat bersih dimana aliran air bisa mengalir dengan lancar menuju area pembuangan. 

Gambar 1.1. Mihrab Masjid Dr. HC. Moeldoko

Lantai atas masjid dr.HC. Moeldoko sangat luas digunakan untuk kegiatan peribadatan, bangunan yang tinggi serta pintu masjid yang di desain besar dan lebar membuat suhu udara menjadi cukup dingin, lantai masjid yang dilapisi marmer berwarna kuning semakin menambah susasana seni bercita rasa tinggi untuk melakukan ibadah sholat jum’at di sana. antusias jama’ah untuk melaksanakan sholat jum’at di masjid DR. HC. Moeldoko juga cukup memadai, dimana ketika penulis sholat jum’at di sana pada tanggal 16 april 2021. Jumlah jama’ah sholat jum’at cukup luar biasa banyak, sehingga masjid terlihat penuh dengan kekhusyukan orang untuk sholat berjama’ah, 

Sholat jum’at dilaksanakan dengan dua kali adzan, sebagaimana tata cara sholat jum’at di masjid jawa timur lainnya. adapun khutbah jum’ah disampaikan dengan dua bahasa yakni bahasa arab dan bahasa Jawa. Pesan yang disampaikan di dalam khutbah jum’at berisi nasihat dan ajaran tentang kewajiban berpuasa di bulan romadhon, khotib juga menyampaikan tentang pentingnya, keutamaan dan manfaat di dalam beribadah di bulan romadhon. Bahasa dan tutur kata yang disampaikan khotib cukup jelas dimengerti dan difahami oleh masyarakat sehingga memudahkan masyarakat memahami apa pesan yang disampaikan oleh khotib. 

Bagaimana Cara Menuju Masjid Jenderal Moeldoko?

Lokasi Masjid Dr. H. Moeldoko berada di jalan raya kayen, Dusun Tegalsari, Desa Kayen, Kecamatan Bandar KedungMulyo Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur. Anda bisa mencari masjid jenderal Moeldoko di Desa Bandar Kedungmulyo Kertosono, dari kejauhan anda sudah bisa melihat kubah masjid jenderal moeldoko. namun apabila anda sedang didalam perjalanan jauh, misalnya dari arah surabaya menuju kertosono, atau dari arah Nganjuk pergi ke surabaya. anda bisa melihat mengetikkan di google maps masjid Jenderal Moeldoko, dan anda akan dipandu sampai ke tempat tujuan. 

petunjuk menuju masjid moeldoko
Gambar 1.2. Peta Menuju Masjid Moeldoko

Posting Komentar untuk " Sholat Jum’at Di Masjid Jenderal Moeldoko Jombang"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close