Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Isim Mufrad dengan Isim Tasniyah

Berikut adalah daftar isi materi bahasa Arab di Website khoiri.com, apabila saudara ingin berpindah dari satu materi ke materi yang lain, misal setelah mempelajari fi'il madhi ingin membaca tentang jamak taksir atau mubtada khobar, maka anda bisa memilihnya pada menu dropdown di bawah, semoga bermanfaat.

Untuk memahami secara lebih mendalam tentang perbedaan isim mufrad dan isim tasniyah. Sebaiknya saudara memahami lebih dahulu tentang pengertian isim mufrad dan isim tasniyah, supaya saudara mempunyai pemahaman secara menyeluruh tentang isim mufrad dan isim tasniyah

Apa Itu Isim Mufrad?

Secara bahasa, pengertian isim mufrad adalah kata benda bentuk tunggal. Isim Mufrad bisa berbentuk mudzakkar dan muannats. Isim mufrad ketika berjumlah lebih dari satu maka bisa menjadi isim tasniyah dan jamak.  Kata benda bentuk tunggal atau isim mufrad seperti pena, meja, kursi, tetapi apabila berbentuk dua kata atau jamak, seperti 2 meja, 2 murid, murid-murid, guru-guru. Sebagaimana contoh berikut  Bullpen قَلَمٌ, Mejaطَاوِلَةٌ, Buku كِتَابٌ, Kelas فَصْلٌ, Kota مَدِيْنَةٌ

Adapun Isim mufrad bisa menerima perubahan harokat karena terdapat amil yang memasuki isim mufrad, adapun perubahan harokat bisa menjadi I’rob rofa’, I’rob nashob dan I’rob Khofadh. 

  1. Contoh Isim Mufrad Marfu’ = مُحَمّدٌ قَائِمٌ Muhammad telah berdiri
  2. Contoh Isim Mufrad Majrur = جَلَسْتُ فِى الطَّاوِلَة Saya telah duduk di meja. Thoowilatin adalah isim mufrad yang berharokat kasroh karena terdapat harfun jar fii.
  3. Contoh Isim Mufrad Manshub = كَتبْتُ كِتَابًا   Saya telah menulis buku. kitaaban adalah isim mufrad yang berharokat fathah karena menjadi khobar (penjelas)

Apa itu isim Tasniyah?

Pengertian Isim Tasniyah adalah lafadz yang menunjukkan makna dua, dengan tambahan di akhir kata. Menurut kitab Jami’ud Durus Al Arobiyah pengertian Isim Tatsniyah adalah isim yang berubah-ubah (mu’rob) dengan tambahan alif dan nun atau dengan tambahan ya’ dan nun.

Maka sesuai pengertian di atas, cara membuat isim tasniyah adalah dengan menambahkan alif dan nun atau ya’ dan nun pada bentuk mufrod (tunggal), Seperti contoh kitaabun menjadi kitaabaani, seperti lafadz umaroini, untuk umar bin khotob dan umar bin hasyim. Seperti lafadz marwataini untuk shofa dan marwa. Maka contoh bentuk perubahan isim tatsniyah sebagai berikut 

كِتَابٌ  menjadi     كِتَابَانِ menambahkan alif dan nun

عَيْنٌ  menjadi       عَيْنَيْنِ menambahkan ya’ dan nun

Isim Tasniyah bisa menerima I’rob Rofa’. I’rob Nashob dan I’rob Khofadh atau I’rob Jar.

  1. Contoh isim tasniyah marfu’ = ضَرَبَ زَيْدَانِ (Telah memukul 2 orang zaid), Zaidaani adalah contoh Isim Tasniyah yang terdapat I’rob Rofa’ dengan tanda huruf alif. 
  2. Contoh Isim tasniyah manshub = رَأَيْتُ المُعَلِّمَيْنِ    Saya melihat 2 orang guru. Mu’allimain adalah contoh Isim Tasniyah yang terdapat I’rob Nashob dengan huruf ya’.
  3. Contoh Isim tasniyah majrur = سَلَّمْتُ عَلَى الْمُسْلِمَيْنِ  Saya mengucapakan salam atas 2 orang muslim. Muslimain adalah contoh Isim Tasniyah yang terdapat I’rob Khofadh dengan huruf ya’

Perbedaan isim Mufrad dan Isim Tasniyah
Tabel 1.0 Perbedaan Isim Mufrad dan Isim Tatsniyah

Perbedaan isim Mufrad dengan Isim Tasniyah

Jadi dengan memahami pengertian Isim mufrad dan isim tasniyah, maka berikut perbedaan isim mufrad dengan isim tasniyah

  1. Isim Mufrad menunjukkan arti tunggal sedangkan isim tatsniyah menunjukkan arti dua atau lebih dari Satu
  2. Isim mufrad ketika I’rob adalah terdapatnya perubahan harokat, seperti fathah, kasroh atau dhommah. Sedangkan isim tatsniyah ketika I’rob perubahannya adalah perkiraan seperti terdapatnya tanda huruf, seperti alif dan ya’.

Posting Komentar untuk " Perbedaan Isim Mufrad dengan Isim Tasniyah"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close