Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Kerja sebagai Staff PPIC di Perusahaan

Artikel pengalaman kerja sebagai Staff PPIC di Perusahaan Menjelaskan tentang pengalaman seseorang yang sudah bekerja di bagian PPIC Perusahaan Manufaktur di Surabaya, yang dimulai dari proses melamar kerja, proses wawancara kerja, negosiasi gaji, serta melakukan pekerjaan-pekerjaan perusahaan sebagai Staff PPIC, dan ujian terberat sebagai Staff PPIC di perusahaan. Apabila saudara mempunyai pertanyaan silahkan ditanyakan di kolom komentar di bawah, atau melalui halaman kontak.

Proses Melamar Kerja sebagai Staff PPIC Perusahaan

Adapun proses melamar kerja sebagai PPIC di perusahaan di tahun 2012 2015 di Surabaya adalah dimulai dengan membaca lowongan kerja yang tersedia di surat kabar, seperti Jawa Pos, atau melalui pengumuman lowongan kerja yang tersedia di bursa kerja kampus, dan melalui situs online yang menawarkan lowongan kerja. 

Beberapa persyaratan kerja yang tersedia saat itu untuk menjadi staff PPIC perusahaan manufaktur adalah lulusan S1 teknik industri, berpengalaman lebih diutamakan, menguasai pekerjaan yang dikuasai, cakap berkomunikasi, dan mampu bekerja sama dalam tim perusahaan. 

Dengan membaca persyaratan tersebut, maka saya sebagai lulusan sarjana teknik industri memberanikan diri melamar pekerjaan staff PPIC, walaupun saya belum berpengalaman saya mampu menjelaskan secara detail tugas dan tanggung jawab ppic di perusahaan. 

Singkat cerita saya melamar beberapa pekerjaan dengan lowongan PPIC di berbagai perusahaan, dan saya menerima panggilan untuk tes interview, mulai dari perusahaan pembuat pakan ternak, perusahaan pupuk, perusahaan produsen minyak sawit, hingga perusahaan pembuat mesin perkakas. 

Beberapa perusahaan melakukan  tes psikologi dan numerik kepada pelamar kerja PPIC di perusahaan. Hasil dari tes tersebut kemudian menjadi bahan wawancara pemilik perusahaan untuk mengajukan pertanyaan kepada pelamar kerja. Sebelum mengajukan pertanyaan, biasanya pemiliki perusahaan atau manager perusahaan menceritakan tentang kondisi perusahaannya , permasalahan yang dihadapi dalam proses produksi dan bagaimana anda sebagai seorang pelamar kerja mampu menyelesaikan permasalahan tersebut, solusi dan jawaban yang diberikan oleh pelamar haruslah memuaskan hati pewawancara kerja. Setelah menanyai tentang kapabilitas kita untuk menyelesaikan persoalan, maka pertanyaan dilanjutkan dengan berapa gaji yang anda minta sebagai staff PPIC?

Sebagaimana saran dari para senior untuk menjawab pertanyaan tentang gaji, hendaknya anda menjawab bahwa gaji saya sesuai dengan standar perusahaan dimana tempat saya bekerja. Karena sebenarnya perusahaan sudah mempunyai standar gaji kerja untuk Staff PPIC pemula seperti saya. Adapun apabila anda diminta untuk menjawab tentang nominal gaji yang diminta, hendaknya anda menjawab sesuai perkiraan anda , misalnya diatasnya UMR saat itu yang berlaku, pada saat itu (tahun 2014 dan 2015) kebijakan UMR masih berlaku, sedangkan sekarang tidak ada UMR, maka anda bisa menjawabnya dengan membandingkan UMR terakhir di lokasi kerja daerah anda. 

Pengalaman Bekerja sebagai Staff PPIC di Perusahaan

Setelah saya dinyatakan diterima melalui panggilan telepon HRD perusahaan, saya disuruh untuk menandatangani kontrak kerja sama perusahaan, Hendaknya saudara hati-hati dan membaca secara seksama pasal demi pasal yang tertera dalam surat perjanjian kerja tersebut, apabila anda merasa ada yang kurang nyaman, silahkan anda komunikasikan terlebih dahulu dengan HRD perusahaan,

Pekerjaan sebagai staff PPIC di perusahaan meliputi aktivitas penjadwalan kerja, melakukan koordinasi dan kerjasama dengan bagian produksi perusahaan tentang jadwal produksi dan penyelesaian kerja, melakukan koordinasi dengan bagian pemasaran dan desain tentang proses produksi perusahaan, membuat laporan tentang proses produksi yang sudah diselesaikan hari itu dan laporan produksi untuk bulan selanjutnya. 

Seringkali Staff PPIC harus juga berkoordinasi dengan bagian engineering untuk menanyakan dan melihat drawing (desain) produk terbaru. Dari Drawing yang ada Staff PPIC bisa memperkirakan material apa saja yang dibutuhkan oleh bagian produksi untuk periode mendatang. dari Drawing Engineering, Staff PPIC bisa menghitung dan merencanakan penyelesaian produk tersebut. Sebelum staff PPIC menginformasikan kepada Purchasing tentang kebutuhan bahan yang harus dipesan, hendaknya Staff PPIC berkoordninasi terlebih dahulu kepada Staff Warehouse (bagian gudang) untuk menanyakan ketersediaan material yang dimiliki perusahaan.

Menjalani pekerjaan seperti di atas mungkin melelahkan bagi saudara, tetapi apabila saudara menjalankannya dengan senang hati tanpa ada beban, maka hal tersebut akan menjadi sangat menyenangkan bagi saudara. Pada Umumnya Staff PPIC di perusahaan mempunyai anak buah untuk mendukung anda dalam kegiatan pekerjaan anda, sehingga mereka bisa membantu anda di dalam kegiatan bekerja di perusahaan. 

Apa Saja Fasilitas yang Diperoleh Staff PPIC?

Ketika anda sudah diterima bekerja sebagai Staff PPIC di Perusahaan, maka saudara akan memperoleh beberapa fasilitas dari perusahaan yang memudahkan anda bekerja di perusahaan serta meningkatkan sipirit anda bekerja.

Fasilitas yang diperoleh Staff PPIC yang baru bekerja seperti PC dengan kemampuan yang mumpuni, Kursi Meja Kerja yang ergonomis, Seragam perusahaan, Coffee break setiap pukul 9.00 pagi, makan siang pukul 12.00 siang. Apabila anda sudah senior dan lama mengabdi untuk perusahaan saudara akan mendapatkan fasilitas berupa kendaraan perusahaan seperti mobil.

Selain fasilitas di atas, anda juga mendapatkan gaji bulanan, Pada umumnya gaji perusahaan yang anda terima sudah terpotong untuk jamsostek atau  BPJS ketenagakerjaan, Asuransi dan sebagainya. Di beberapa perusahaan biasanya Staff PPIC berhak untuk mengajukan lembur kerja , sehingga gaji pokok yang diterima masih ditambah dengan uang lembur yang diberikan perusahaan. Namun ada juga perusahaan yang tidak memberikan uang lembur bagi karyawan yang baru masuk sebelum melewati  masa 3 bulan, karena masih di anggap OJT (On The Job Training). 

Apa Saja Ujian Terberat Bagi Staff PPIC?

Proses pekerjaan apapun di perusahaan akan dapat dilakukan dengan mudah apabila kita terus melakukannya secara kontinyu dan terus menerus, Pengalamn Saya sebagai Staff PPIC di perusahaan menunjukkan bahwa ujian terberat ketika bekerja di perusahaan adalah melihat kepada lawan jenis kita, apalagi posisi duduk lawan jenis kita berhadapan dengan kita, dan dia sangat menarik hati kita, maka hal tersebut bisa membuat konsentrasi kita bubar. Apalagi di tahun 2018 ke bawah, ketika saya masih bekerja sebagai Staff PPIC di perusahaan masih banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan rok di atas lutus bagi karyawan wanita, Bagi beberapa wanita mungkin hal tersebut tidak masalah, tetapi bagi mata lelaki Hal tersebut akan sangat mengganggu fokus karyawan di dalam mengerjakan tugas-tugasnya di perusahaan. 

Karena itu, melalui tulisan ini, kami menyeru kepada perusahaan supaya memberikan kebijakan yang memperbolehkan wanita menutup auratnya sesuai ajaran Islam, masalah pakaian tersebut harus seragam, saya yakin karyawan wanita bisa menyesuaikan warna seragam kerjanya dengan seragam karyawan lain di perusahaan.

Bagi anda yang saat ini sedang melamar pekerjaan sebagai staff PPIC semoga artikel Pengalaman bekerja sebagai PPIC di Perusahaan bermanfaat bagi anda. Jangan lupa untuk membagikan kepada orang lain yang membutuhkan. 

4 komentar untuk " Pengalaman Kerja sebagai Staff PPIC di Perusahaan"

  1. wah kebetulan saya juga sedang apply di sebuah perusahaan yg memproduksi sepatu. tapi saya di bagian staff PPIC OUTSIDE VENDOR, kira-kira tupoksi nya bagaimana ya itu?

    BalasHapus
  2. kira2 materi dari teknik industri yang di aplikasikan saat kerja apa aja kak? soalnya aku kemaren iseng apply bagian ppic dan lolos pdhl aku jurusan manajemen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya kak. Selamat. Materi PPIC tentang penjadwalan produksi, materi ekonomi teknik tentang depresiasi peralatan dan bunga ekonomi

      Hapus
  3. AlhAlhamdulil...ada gambaran kerja menjadi staff PPIC, kalau untuk asisten PPIC kira kira job deskripsi nya seperti apa ya kak?

    BalasHapus

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close