Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Manfaat Makan Nasi Kuning

 Apa itu Nasi Kuning?

Nasi Kuning adalah nasi yang membutuhkan bahan baku dari kunyit dan berwarna kuning, nasi kuning merupakan makanan khas masyarakat daerah banjar Kalimantan selatan. Makanan nasi kuning sering disajikan di acara tumpengan masyarakat nusantara, acara tasyakuran, dan kegiatan spesial lainnya, mengkonsumsi nasi kuning ternyata memberikan banyak manfaat bagi manusia, sebelum memahami apa saja manfaat memakan nasi kuning, mari kita fahami dahulu bahan penyusun pembuatan nasi kuning. 

4 Manfaat makan nasi kuning
Gambar 1.0 toko penjual nasi kuning

Apa saja bahan membuat nasi kuning?

Di dalam membuat nasi kuning terdapat beberapa bahan yang digunakan sebagaimana berikut :

  1. Beras,
  2. Daun jeruk daun salam
  3. Kunyit,
  4. Serai
  5. Santan 
  6. Bawang merah bawang putih

Semua bahan tersebut mengalami proses produksi yang melalui beberapa tahapan sehingga bisa menjadi nasi kuning yang lezat dan bermanfaat bagi kita semua. Apa saja manfaat yang diperoleh ketika memakan nasi kuning dari penggunaan bahan tersebut, mari simak penjelasan  di bawah ini :

Manfaat makan nasi kuning

Berdasarkan beberapa bahan makanan yang digunakan Berikut beberapa manfaat makan nasi kuning. 

  1. Menyediakan energi bagi tubuh manusia
  2. Meningkatkan imunitas tubuh
  3. Meredakan perut kembung
  4. Meningkatkan kinerja dan fungsi otak 

Penjelasannya sebagai berikut :

1. Menyediakan energi bagi tubuh manusia

Nasi Kuning menggunakan beras sebagai bahan baku utama, diketahui beras mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup besar, karbohidrat bisa menjadi sumber energi bagi manusia. bagi anda yang merasa lemas dan kurang energi. Anda bisa makan nasi kuning untuk meningkatkan energi anda. 

2.Meningkatkan imunitas tubuh.

Nasi kuning menggunakan bahan baku kunyit untuk memberikan warna kuning dan membuat nasi kuning menjadi lebih nikmat, adapun kunyit yang terkandung dalam nasi kuning mempunyai zat kurkumin yang berguna meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang meningkat maka anda tidak rawan terkena penyakit.

3. Meredakan perut kembung

Apabila saudara di pagi hari merasa perut saudara kembung, segera makan nasi kuning hangat-hangat supaya dapat menghilangkan kondisi kembung di perut anda. Kurkumin pada kunyit dapat membantu mengurangi tekanan gas pada perut dan membantu lambung untuk menghentikan produksi asam secara berlebihan 

4. Meningkatkan kinerja dan fungsi otak

Nasi Kuning yang menggunakan bahan baku santan kelapa sangatlah bergizi untuk dikonsumsi, Karena diketahii santan kelapa bisa berfunngsi untuk memelihara kesehatan otak dan menjaga supaya otak tetap berfungsi dengan baik. Santan kelapa yang digunakan untuk membuat nasi kuning mempunyai kandungan lemak sehat MCT, antioksidan, dan protein yang berperan sebagai sumber energi untuk otak

Posting Komentar untuk "4 Manfaat Makan Nasi Kuning"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close