Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Mean Absolute Percentage Error (MAPE) di Excel dan Pengertiannya

 Apa Itu Mean Absolute Percentage Error?

Mean Absolut Percentage error (MAPE) adalah persentase kesalahan rata-rata secara multak.(absolut). Pengertian Mean Absolute Percentage Error adalah Pengukuran statistik tentang akurasi perkiraan (prediksi) pada metode peramalan. Pengukuran dengan menggunakan Mean Absolute Percentage Error (MAPE) dapat digunakan oleh masyarakat luas karena MAPE mudah difahami dan diterapkan dalam memprediksi akurasi peramalan. Metode Mean Abosolute Percentage Error (MAPE) memberikan informasi seberapa besar kesalahan peramalan dibandingkan dengan nilai sebenarnya dari series tersebut. Semakin kecil nilai presentasi kesalahan (percentage error) pada MAPE maka semakin akurat hasil peramalan tersebut. 

Terdapat analisa tentang nilai Mean Absolute Percentage Error (MAPE) sebagaimana tertulis dalam tabel di bawah ini 

Range Nilai Mean Absolute Percentage Error
Tabel 1.0 Range Nilai MAPE

Dari tabel tersebut kita bisa memahami rentang nilai yang menunjukkan arti nilai persentase error pada MAPE, dimana nilai MAPE masih bisa digunakan apabila tidak melebihi 50%, jika nilai MAPE sudah di atas 50% maka model peramalan tersebut tidak bisa digunakan.



Bagaimana Cara Menghitung Mean Absolute Percentage Error (MAPE)?

Cara menghitung Mean Absolute Percentage Error (MAPE) adalah dengan melakukan penjumlahan secara keseluruhan dengan terlebih dahulu melakukan pengurangan nilai data aktual dengan data peramalan kemudian membaginya dengan data aktual (diharuskan nilainya absolut) dan dikalikan dengan 100 kemudian dibagi dengan banyaknya data yang ada  Yang dimaksud absolut disini adalah nilainya apabila negatif tetap bernilai positif.
Rumus Mean Absolute Percentage Error (MAPE) sebagai berikut 
Rumus Mean Absolute Percentage Error (MAPE)
gambar 1.0 Rumus MAPE
Keterangan 
At = Aktual permintaan ke t 
Ft = hasil peramalan ke t
N = besarnya data peramalan
Dimana terdapat simbol absolut pada rumus MAPE menunjukkan bahwa nilai negatif hasil perhitungan akan tetap bernilai positif. 

Contoh Soal Mean Absolute Percentage Error (MAPE)
Berikut adalah contoh soal tentang perhitungan Mean Absolute Percentage Error (MAPE) dengan data permintaan aktual dan hasil peramalan 4 bulan menggunakan metode Moving Average, maka berapakah nilai Mean Absolute Percentage Error (MAPE) dalam metode peramalan tersebut

TAbel Permintaan aktual dan peramalan
Tabel 1.1, Permintaan Aktual dan hasil peramalan Moving Average

Jawaban dan Cara Menyelesaikan

Dengan data yang terdapat pada tabel 1.1, maka kita bisa menyelesaikan dengan menggunakan rumus Mean Absolute Percentage Error (MAPE) pada gambar 1.0 di atas. masukkan data aktual dan peramalan, sesuai gambar 1.1 dan lakukan perhitungan dengan benar. 
perhitungan MAPE
Gambar 1.1. Perhitungan MAPE

Dengan Nilai Mean Absolute Percentage Error (MAPE) = 4,154 % menunjukkan bahwa hasil peramalan sangat akurat dan bisa digunakan untuk memperkirakan data permintaan pada periode selanjutnya.

Bagaimana Cara Menghitung Mean Absolute Percentage Error (MAPE) di Excel?

6 langkah cara menghitung Mean Absolute Percentage Error (MAPE) di Excel sebagai berikut :
1. Masukkan data indeks waktu (t), Pemintaan Aktual (At) dan Peramalan (Ft), serta buat kolom untuk Kolom Error, nilai Absolut Error dan sebagainya sebagaimana tertulis pada tabel 1.2 di bawah
Tabel perhitungan Mean Absolute Percentage Error (MAPE)
Tabel 1.2, Kolom untuk perhitungan MAPE
2. Nilai di Kolom error diperoleh dengan mengurangi nilai aktual permintaan dengan hasil peramalan, 
3. Nilai di Kolom Nilai Absolut Error diperoleh dengan mengabsolutkan nilai dikolom error dengan mengetik rumus =ABS(kolom terpilih) sebagaimana gambar dibawah :
Rumus Absolut di Excel
Gambar 1.2 Rumus Absolut di Excel
4. Nilai di kolom ke 6 diperoleh dengan melakukan pembagian dengan membagi nilai absolut error dengan nilai aktual permintaan sebagaimana gambar di bawah
gambar 1.3
5. Hitung nilai total dengan mengetikkan =sum(range kolom yang dipilih)
Gambar 1.4 nilai keseluruhan
6. Hitung nilai MAPE dengan membagi nilai total tadi dengan banyaknya data yang ada kemudian dikali dengan 100.
Gambar 1.5. hasil perhitungan MAPE

Sehingga hasil keseluruhan perhitungan di atas terlihat pada tabel di bawah
Tabel Perhitungan Mean Absolute Percentage Error (MAPE)
Tabel 1.3 Hasil perhitungan Excel 

Catatan : 
1. Untuk memudahkan perhitungan di Excel gunakan drag (simbol panah hitam) dan tarik ke bawah sesuai dengan jumlah data yang ada.
2. Apabila Saudara membutuhkan hitungan tersebut dalam file Excel, silahkan klik link berikut

Baca Juga :

20 komentar untuk "Cara Menghitung Mean Absolute Percentage Error (MAPE) di Excel dan Pengertiannya"

  1. kenapa nilai mape dikalikan 100 kk, kan ada beberapa jural menentukan nilai mape gak harus dikalikan 100 itu bagaimana kk , apakaah emang ada rumus mape yng dikali 100 ,, mintak penjelasan dan saranya kk ?soalnya ini saya kemaren pas sminar ini yang dipermasalakn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena itu sebaiknya difahami dahulu definisi Mape, yang namanya percentage error itu selalu di kali seratus dalam menghitung errornya atau kesalahannya, karena percentage, kalau tidak mau dikali seratus, anda bisa menggunakan MAD, MSE, atau RMSE. Kalau anda menggunakan ada jurnal yang menunjukkan mape tidak di kali seratus. Coba tunjukkan ke kami, di jurnal mana itu ditulis?
      Terima kasih sudah memberikan komentar di website kami, jangan lupa bagikan ke yang lain

      Hapus
    2. iya nih sama hal ini dipermasalahkan juga sewaktu saya seminar, gimana jawabannya?soalnya memang banyak juga jurnal yang MAE nya tidak dikalikan 100, dan hanya menyatakan hasil nilai MAE nya kemudian dengan pernyataan semakin kecil maka semakin akurat nilai MAE nya, tapi gaada skala nya brpa

      Hapus
  2. Mau tanya.....
    Pada jenis data yang bagaimana MAPE dapat digunakan dan tidak dapat digunakan?
    Terimakasih 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. jenis data yang seperti apa? kalo dari yang dihitung tak bisa dihitung maka ada dua. data kuantitatif dan data kualitatif, data kuantitatif bisa dihitung menggunakan MAPE.
      terima kasih sudah berkomentar, jangan lupa bagikan ke yang lain.

      Hapus
  3. kak mau tanya, apa perbedaan dari mad dan mape ya? mohon jawab kak soalnya saya mau maju sidang dan belum begitu paham

    BalasHapus
  4. Kalau saya lihat ada beberapa metode pengukuran seperti MAD, dan MSE. Bisa tidak kita hanya menggunakan metode MAPE saja? Karena saya lihat di beberapa contoh harus menghitung ke 3 metode tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa hanya mengggunakan MAPE saja, yang penting akurat, harus menghitung dengan ketiga metode supaya mengetahui mana metode yang sesuai untuk datanya mas, juga sekelian mempelajari dan mengetahui berbagai metode perhitungan mean.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  5. Kak izin tanya, misal melakukan peramalan dari bulan januari 2018 sampai desember 2020 (untuk total data keseluruhan ada 36 periode karena selama 3 tahun), dan ingin meramalkan bulan januari 2021 (masuk ke periode 37) . nah untuk total data n nya itu dibagi 36 atau 35 ya kak untuk rumus mape nya.
    terimakasih kak

    BalasHapus
  6. Kak izin tanya, misal melakukan peramalan dari bulan januari 2018 sampai desember 2020 (untuk total data keseluruhan ada 36 periode karena selama 3 tahun), dan ingin meramalkan bulan januari 2021 (masuk ke periode 37) . nah untuk total data n nya itu dibagi 36 atau 35 ya kak untuk rumus mape nya.
    terimakasih kak

    BalasHapus
  7. kak berarti perhitungan MAPE ini tidak bisa dilakukan jika data aktual ada yang bernilai 0 ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada keterangan kalau data keterangan bernilai nol tidak bisa dikerjakan mbak ninik.

      Hapus
    2. Saat melakukan perhitungan mape nilai At-Ft akan dibahagi dengan At. Jadi misalkan dibahagi dengan 0 gabisa kak? Apakah ada solusi kak?

      Hapus
    3. kalo misalnya memang hasilnya 0 ya ndak papa, kalo tidak mau nol yang jangan mencari dan menggunakan data aktual bernilai nol

      Hapus
  8. Ka, itu FT nya dihitung darimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. apabila anda ingin berkonsultasi dengan kami silakan isi form konsultasi di halaman konsultasi. https://www.khoiri.com/p/form-konsultasi.html

      Hapus

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close