Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Weighted Moving Average (WMA)

 Contoh soal Weighted Moving Average (WMA) di PT ABX, PT. ABX memproduksi mesin bor berkualitas tinggi, pemilik PT ABX Ibu Sumarni akan merencanakan produksi pada bulan Januari 2021. Namun Ibu Sumarni mengalami permasalahan tentang menentukan berapakah permintaan yang akan ia terima pada bulan Januari 2021?, maka mari kita bantu Ibu Sumarni dalam menyelesaikan permasalahannya dengan menggunakan Weighted Moving Average (WMA) . Data permintaan ibu Sumarni sebagai berikut :

  

langkah -langkah di dalam menyelesaikan contoh soal Weighted Moving Average di atas sebagai berikut :

1. lakukan pembobotan pada masing-masing bulan, dimana bulan terakhir mendapatkan pembobotan yang lebih besar, kemudian bagi dengan jumlah periode yang ada. Kita mencoba menggunakan weighted moving average 4 periode, misalnya untuk mencari permintaan di bulan Januari 2022, maka dengan perhitungan ((4x87)+(3x76)+(2x83)+(1x90))/10=83,2, Adapun mengapa data permintaan bulan mei sampai bulan desember tetap dihitung? sebab kita perlu menguji akurasi dan kehandalan weighted moving average. sebagaimana terlampir pada gambar di bawah :


#  Langkah di dalam menyelesaikan soal weighted moving average (WMA) di atas dengan peta kontrol tracking signal sebagai berikut

1. Masukkan data di kolom periode, berurutan mulai dari periode pertama sampai periode ke delapan

2. Kolom forecast berasal dari perhitungan Weighted moving Average 4 bulan pada tabel sebelumnya. 

3. Kolom Aktual (A3) berasal dari permintaan aktual yang ada, mulai dari bulan ke lima (Mei) hingga bulan ke dua belas (Desember). 

4. Kolom error berisi dari pengurangan kolom aktual dengan kolom forecast. 

5. Kolom RSFE diperoleh dari kumulatif  (penjumlahan) kolom error. Di tabel kedua terlihat nilai 1,6 diperoleh dari menjumlahkan -0,6 + 2,2 = 1,6. langkah 

6. Kolom absolut error diperoleh dengan meng absolut kan nilai pada kolom error. Yang dimaksud dengan mengabsolutkan adalah nilai negatif berubah menjadi nilai positif. 

7. Kolom kumulatif absolut error berisi dari kumulatif (penjumlahan) nilai kolom absolut error.

8. Kolom MAD berasal dari pembagian kolom kumulatif absolut error dengan kolom periode.

Mengenai perhitungan lebih lengkap beserta rumus perhitungan dengan excel. silahkan klik link


Langkah selanjuitnya dalam menyelesaikan soal weighted moving average dengan memplot pada peta kontrol tracking signal sebagaimana gambar di bawah :


 dari hasil peta kontrol, terlihat sebaran angka peramalan secara merata pada positif dan negatif, sehingga metode weighted moving average bisa digunakan dengan data permintaan pada contoh soal weighted moving average.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Weighted Moving Average (WMA) "

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close