Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Peralatan Untuk Bengkel Las

 Apabila anda ingin mempunyai usaha di bidang pengelasan dan anda ingin mencoba mengetahui apa saja peralatan yang seharusnya dimiliki. Rekomendasi peralatan dalam video ini mungkin bisa membantu anda.

6 peralatan untuk bengkel las sebagai berikut :

1. Gergaji Circular Saw

2. Gerinda

3. Bor 

4. Mesin Las

5. Meteran

6. Pelindung Mata dan Kepala

Penjelasan 6 peralatan untuk bengkel las penulis uraikan sebagai berikut:
1) Gergaji Circular Saw
Kegiatan memotong besi hollow, memotong plat maka anda membutuhksn gergaji circular saw,kegiatan memotong merupakan kegiatan yang prosentasenya 40% dalam dalam kegiatan pengelasan.Beberapa Merek Gergaji Circular Saw seperti Krisbow, Maktec, Tosita bisa anda gunakan untuk memotong plat.
2) Gerinda
Gerinda berfungsi untuk memotong plat dan berfungsi menghaluskan permukaan benda kerja. Bentuk gerinda yang mudah dibawa kemana-mana memudahkan dalam melaksanakan kegiatan manufakturing. Beberapa merek yang sering digunakan oleh tukang yakni Maktec, Makita, TNT dan Mailtank.
3) Bor
Mesin bor (Drilling) berguna untuk membuat lubang plat, dimana plat yang berlubang akan dirangkai dalam proses selanjutnya. Beberapa merek bor yang sering digunakan oleh tukang yakni Bor Maktec, Makita dan Bosch.
4) Mesin Las
Setiap bengkel las pasti menggunakan mesin las untuk menyambung plat-plat besi yang akan dirangkai, tanpa mesin las mustahil plat-plat besi bisa tersambung dengan kuat, bagi bengkel las mempunyai mesin las adalah suatu keharusan beberapa mesin las yang sering digunakan oleh tukang yakni mesin las lakoni, bagi perusahaan berskala besar biasanya menggunakan mesin las rilon ARC 400 G
5) Meteran
meteran berfungsi untuk mengukur dimensi plat yang akan dikerjakan, tanpa meteran anda akan kesulitan membuat peralatan. Panjang meteran yang dijual di toko bangunan bervariasi mulai dari 5 m, 8 m dan 10 m. Anda bisa memilih sesuai keperluan anda.
6) Pelindung Mata dan Kepala
Dalam dunia pengelasan anda akan melihat bunga api yang muncul ketika besi dipotong, di gerinda atau di bor, apabila percikan bunga api mengenai mata, maka mata akan terasa perih dan sakit, beberapa tukan las yang masih baru sering mengalami mata bengkak setelah melakukan pengelasan, maka anda perlu melindungi kepala anda dengan pelindung mata dan kepala supaya selamat dalam melakukan pekerjaan anda.
Itulah 6 peralatan yang digunakan dalam kegiatan mengelas, apabila anda mempunyai saran, masukan dan pertanyaan, silahkan ditanyakan melalui komentar di bawah

6 Peralatan untuk bengkel Las
Gambar 1.0. 6 Peralatan untuk Bengkel Las


Posting Komentar untuk "6 Peralatan Untuk Bengkel Las"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close