Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengajari Anak Berhitung Perkalian dan Pembagian

Halo sahabat khoiri.com, bagaimanakah kabar anda semuanya? semoga semuanya dalam keadaan sehat wal’afiat tak kekurangan sesuatu apa pun, aamiin, pada kesempatan ini, kami akan membahas tentang cara mengajari anak berhitung perkalian dan pembagian dengan cara yang sederhana dan bisa dipraktekkan oleh semua orang. Sebagaimana tertulis di bawah,

Pada usia berapa anak belajar berhitung?
Pada umumnya, ketika anak sudah bisa membaca dan menulis maka anak anda akan belajar menghitung secara alami, perkembangan akalnya yang sangat pesat akan merangsang instingnya untuk menghitung benda-benda di sekitarnya. Walaupun secara formal dan sesuai kurikulum KTSP 2013 siswa kelas 3 sd yang umumnya berusia 9-10 tahun sudah mulai menjalankan operasi hitung perkalian dan pembagian. Walaupun masih dalam skala yang rendah seperti perkalian ratusan dengan satuan, puluhan dengan puluhan, ataupun pembagian puluhan dengan satuan dan puluhan dengan puluhan.

Dari manakah mulai belajar menghitung?
Perhatikanlah siswa atau putra putri anda, sebelum menjalankan operasi perkalian dan pembagian , sudahkah dia memahami dengan jelas operasi perhitungan sebelumnya, seperti penjumlahan dan pengurangan, beberapa siswa biasanya mudah untuk menghitung penjumlahan akan tetapi kesulitan dalam mengerjakan pengurangan, sehingga perlu kesabaran dan ketelatenan untuk melatihnya. Berikan soal-soal seperti di bawah ini kepada putra putri tercinta anda, cobalah mereka untuk mengerjakan,
1.    2350 + 2367 = …..
2.    4385 – 1675 = …..
3.    5860 + 2325 = …..
4.    1235 -1225 = …..
5.    6789 – 3421 = …..
Apabila 5 soal tersebut dapat mereka kerjakan dengan benar, maka anda dapat melanjutkan untuk mencoba operasi perkalian sederhana seperti satuan dengan satuan, kemudian puluhan dengan satuan, baru puluhan dengan puluhan, berikan mereka soal seperti di bawah ini :
2 x 2 = …
3 x 6 = …
Menggunakan angka-angka yang sederhana pada operasi awal sangat memudahkan proses pemahaman mereka terhadap operasi penghitungan ini, Coba tanyakan kepada putra putri anda berapakah hasil dari perhitungan 2 x 2 = .. jika masih belum menjawab maka buatlah garis-garis kemudian dilingkari, garis yang berada di dalam lingkaran ialah angka pengali, sementara yang melingkari adalah pengalinya. seperti di bawah ini :
Cara Mengajarkan Anak berhitung perkalian
Dengan menghitung garis tersebut, maka hasil 2 x 2 ialah 4
Untuk soal yang kedua yakni 3 x 6 maka caranya sebagai berikut :
Cara Mengajarkan Anak Berhitung Perkalian dan Pembagian
Dengan cara menghitung banyaknya garis yang ada dari sisi kiri ke kanan maka bisa diperoleh hasil bahwa 3 x 6 hasilnya adalah 18,
Jika peserta didik anda sudah faham dengan cara tersebut maka bisa dilanjutkan dengan menghitung soal-soal selanjutnya di bawah ini
1.    4 x 7 - …
2.    6 x 8 = …
3.    4 x 9 = …
4.    7 x 6 = …
5.    4 x 8 = …
Apabila tidak ditemukan kesulitan maka bisa dilanjutkan dengan mengerjakan soal selanjutnya, yakni perkalian puluhan dengan satuan, cara menghitungnya yakni dengan formula satuan dengan satuan terlebih dahulu, baru puluhan dengan satuan. Sebagaimana tertera pada soal di bawah ini :
24 x 3 = …
Cara Mengajarkan Anak Berhitung Perkalian dan Pembagian
 Menemui pengerjaan seperti di atas maka langkah yang dilakukan yakni mengerjakan satuan dengan satuan kemudian puluhan dengan satuan, lakukan perkalian dahulu 4 x 3 jika sudah tahu hasilnya yakni 12, tulis angka 2 kemudian simpan angka 1, selanjutnya laksanakan operasi perhitungan dengan melaksanakan operasi 2 x 3 yang mana hasilnya yakni angka 6, tambahkan dengan angka yang sudah disimpan yakni angka 1 tadi sehingga menjadi angka 7, maka hasilnya 72.
47 x 4 = …
Cara Mengajarkan Anak Berhitung Perkalian dan Pembagian
Menemui latihan soal seperti di atas, maka langkah yang dilakukan yakni mengerjakan satuan dengan satuan kemudian puluhan dengan satuan, lakukan perkalian dahulu 7 x 4 jika sudah tahu hasilnya yakni 28, tulis angka 8 kemudian simpan angka 2, selanjutnya laksanakan operasi perhitungan dengan melaksanakan operasi 4 x 4 yang mana hasilnya yakni angka 16, tambahkan dengan angka yang sudah disimpan yakni angka 2 tadi sehingga menjadi angka 18, maka hasilnya 188. Selanjutnya kerjakanlah soal-soal di bawah ini dengan seksama :
1.    56 x 7 = …
2.    35 x 8 = …
3.    88 x 9 = …
4.    64 x 4 = …
5.    79 x 9 = …

Perkalian ratusan dengan satuan
Setelah siswa atau putra putri anda sudah memahami dengan perkalian puluhan dengan satuan, maka bisa dilanjutkan dengan perkalian ratusan dengan satuan, tahapannya yakni mengerjakan perkalian satuan dengan satuan, puluhan dengan satuan dan terakhir ratusan dengan satuan.
Soal latihannya sebagai berikut,
425 x 9 = …
Cara Mengajarkan Anak Berhitung Perkalian dan Pembagian
 Menemui soal seperti di atas maka langkah yang dilakukan yakni mengerjakan satuan dengan satuan kemudian puluhan dengan satuan dan selanjutnya yakni ratusan dengan satuan, lakukan perkalian dahulu 9 x 5 jika sudah tahu hasilnya yakni 45, tulis angka 5 kemudian simpan angka 4, selanjutnya laksanakan operasi perhitungan dengan melaksanakan operasi 2 x 9 yang mana hasilnya yakni angka 18, tambahkan angka 18 dengan angka 4 yang sudah disimpan, dimana hasilnya yakni 22, tulis angka 2, simpan angka 2 untuk perkalian selanjutnya yakni 4 x 9 memperoleh hasil 36 ditambah dengan angka 2 yakni 38, sehingga total hasilnya yakni  3825.
674 x 4 = …
Cara Mengajarkan Anak Berhitung Perkalian dan Pembagian
Menemui soal seperti di atas maka langkah yang dilakukan yakni mengerjakan satuan dengan satuan kemudian puluhan dengan satuan dan selanjutnya yakni ratusan dengan satuan, lakukan perkalian dahulu 4 x 4 jika sudah tahu hasilnya yakni 16, tulis angka 6 kemudian simpan angka 1, selanjutnya laksanakan operasi perhitungan dengan melaksanakan operasi 7 x 4 yang mana hasilnya yakni angka 28, tambahkan angka 28 dengan angka 1 yang sudah disimpan, dimana hasilnya yakni 29, tulis angka 9, simpan angka 2 untuk perkalian selanjutnya yakni 6 x 4 memperoleh hasil 24 ditambah dengan angka 2 yakni 26, sehingga total hasilnya yakni  2696.
Apabila putra putri anda sudah memahami dengan operasi perkalian tersebut, lanjutkan dengan mengerjakan 5 soal selanjutnya, yakni sebagai berikut :
1.    673 x 6 = …
2.    832 x 4 = …
3.    452 x 8 = …
4.    927 x 3 = …
5.    886 x 5 = …

Pengerjaan soal pembagian
Pemahaman selanjutnya tentang cara menyelesaikan soal pembagian, terdapat beberapa contoh soal yang bisa bapak ibu berikan kepada murid tersayangnya  coba berikan mereka soal seperti ini :
8 : 4 = ?
Cara Mengajarkan Anak Berhitung Perkalian dan Pembagian
Berapakah hasil perhitungan delapan dibagi dengan empat, maka apabila peserta didik anda masih bingung, buatlah pertanyaan 4 dikali berapa mendapatkan angka 8, maka diperole hasil 2, sehingga 8 : 4 = 2.
15 : 5 = ?

Cara Mengajarkan Anak Berhitung Perkalian dan Pembagian
Berapakah hasil perhitungan lima belas di bagi dengan lima, maka apabila peserta didik anda masih bingung, buatlah pertanyaan lima dikali berapa mendapatkan angka lima belas, maka diperoleh hasil 3, sehingga 15 : 5 = 3.
Jika peserta didik anda sudah faham dengan cara tersebut maka bisa dilanjutkan dengan menghitung soal-soal selanjutnya di bawah ini
1.    18 : 6 = …
2.    15 : 5 = …
3.    14 : 2 = …
4.    24 : 4 = …
5.    21 : 3 = …

Pembagian ratusan dengan satuan
Setelah siswa atau putra putri anda sudah memahami operasi hitung pembagian belasan atau puluhan dengan satuan, maka bisa dilanjutkan dengan pembagian ratusan dengan satuan, tahapannya yakni mengerjakan soal ratusan dengan satuan, puluhan dengan satuan dan terakhir satuan dengan satuan.
Soal latihannya sebagai berikut,
246 : 2 = …
Cara Mengajarkan Anak Berhitung Perkalian dan Pembagian

Menemui soal seperti di atas maka langkah yang dilakukan yakni mengerjakan ratusan dengan satuan kemudian puluhan dengan satuan dan selanjutnya yakni satuan dengan satuan, lakukan pembagian terlebih dahulu 2 : 2 jika sudah tahu hasilnya, tulis angka 1, kalikan dengan angka 2 lakukan operasi pengurangan, selesai, langkah selanjutnya laksanakan operasi perhitungan dengan melaksanakan operasi 4 : 2 yang mana hasilnya yakni angka 2, kalikan angka 2 dengan 2 pembagi laksanakan operasi pengurangan, selesai, lanjutkan perhitungan dengan menghitung 6 : 2 yang mana hasilnya yakni 3, kalikan hasilnua dengan pembagi angka 2, laksanakan operasi pengurangan, selesai. sehingga total hasilnya yakni 123 
384 : 4 = …
Cara Mengajarkan Anak Berhitung Perkalian dan Pembagian
Menemui soal seperti di atas maka langkah yang dilakukan yakni mengerjakan ratusan dengan satuan kemudian puluhan dengan satuan dan selanjutnya yakni satuan dengan satuan, lakukan pembagian terlebih dahulu 6 : 4 jika sudah tahu hasilnya, tulis angka 1, kalikan dengan angka 4 kembali sebagai pembaginya, lakukan operasi pengurangan, selesai, sisa angka 2, turunkan angka 8, menjadi 28, lakukan kegiatan dengan membagi angka 28 dengan 4, diperoleh hasilnya 7, kalikan angka 7 dengan angka 4 hasilnya yakni 28, lakukan operasi pengurangan, selesai. langkah selanjutnya laksanakan operasi perhitungan dengan melaksanakan operasi 4 : 4 yang mana hasilnya yakni angka 1, kalikan angka 1 dengan 4, laksanakan operasi pengurangan, selesai, sehingga diperoleh hasilnya yakni 171. 
Apabila putra putri anda sudah memahami dengan operasi pembagian tersebut, lanjutkan dengan mengerjakan 5 soal selanjutnya, yakni sebagai berikut :
1.    742 : 2 = …
2.    963 : 3 = …
3.    648 : 4 = …
4.    424 : 2 = …
5.    668 : 4 = …

  


14 komentar untuk "Cara Mengajari Anak Berhitung Perkalian dan Pembagian"

  1. Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung dan memberikan komentar yang bagus di website kami. Saya sudah berkunjung ke website saudara di https://ittelkom-sby.ac.id/. Semoga sukses

      Hapus
  2. Terima kasih, artikel yang menarik~
    Kunjungi :

    Website Kami
    Website Kami

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah komment di website, saya juga sudah berkunjung di https://ittelkom-jkt.ac.id/. website saudara sangat menarik

      Hapus
  3. Terima kasih, artikel yang menarik~
    Kunjungi :

    Website Kami
    Website Kami

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah komment di website, saya juga sudah berkunjung di https://ittelkom-jkt.ac.id/. website saudara sangat menarik

      Hapus
  4. Terima kasih, artikel yang menarik~
    Kunjungi :

    Website Kami
    Website Kami

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah komment di website, saya juga sudah berkunjung di https://ittelkom-jkt.ac.id/. website saudara sangat menarik

      Hapus
  5. Terimakasih sudah berbagi informasi, silahkan kunjungi
    Visit Us

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, arico, sudah saya kunjungi websitenya mas arcico

      Hapus
  6. I have visited this website

    Visit Us

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you mas rangga, I have visited your website too

      Hapus

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close