Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(قَالُوْا) Qolu Artinya dan Contoh Kalimatnya di Al Qur'an

 Apa Artinya Qolu di Bahasa Arab? 

Qolu artinya mereka berkata, tulisan arab qolu adalah قَالُوْا, di mana kata qolu terdiri dari 5 huruf hijaiyah, yaitu huruf qof, 2 huruf alif, huruf lam dan huruf wawu. Kata qolu berasal dari kata qola yaqulu, kata qola berubah menjadi qolu karena sebagai kata ganti mereka semua laki-laki. Kata qolu akan sering kita temukan ketika membaca al qur’an atau hadits nabi Muhammad SAW, memahami artinya akan menambah pengetahuan kita tentang bahasa Arab.

(قَالُوْا) Qolu Artinya dan Contoh Kalimatnya di Al Qur'an

 

Contoh kalimat dengan kata Qolu 


Berikut adalah 5 contoh kalimat dengan kata qolu (قَالُوْا) di Al Qur’an, kami memberikan warna kuning untuk memudahkan anda belajar bahasa arab, kami menerima kontribusi dari anda untuk membangun website khoiri.com lebih laik lagi, untuk berkontribusi silakan klik link donasi pada bagian atas. 

  1.  كُلَّمَا رُزِقُوْا مِنْهَا مِنْ ثَمَرَةٍ رِّزْقًا ۙ قَالُوْا هٰذَا الَّذِيْ رُزِقْنَا مِنْ قَبْلُ وَاُتُوْا بِهٖ مُتَشَابِهًا artinya Setiap kali mereka diberi rezeki buah-buahan dari surga, mereka berkata, “Inilah rezeki yang diberikan kepada kami dahulu.” Mereka telah diberi (buah-buahan) yang serupa (Al Baqoroh ayat 25) 
  2. قَالُوا۟ ٱلْـَٰٔنَ جِئْتَ بِٱلْحَقِّ ۚ فَذَبَحُوهَا وَمَا كَادُوا۟ يَفْعَلُونَ artinya Mereka berkata: "Sekarang barulah kamu menerangkan hakikat sapi betina yang sebenarnya". Kemudian mereka menyembelihnya dan hampir saja mereka tidak melaksanakan perintah itu. (Al Baqoroh ayat 71) 
  3. قَالُوْا لِنَبِيٍّ لَّهُمُ ابْعَثْ لَنَا مَلِكًا نُّقَاتِلْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِۗ artinya ketika mereka berkata kepada seorang nabi mereka, “Angkatlah seorang raja untuk kami, niscaya kami berperang di jalan Allah. (Al Baqoroh ayat 246) 
  4. ذٰلِكَ بِاَنَّهُمْ قَالُوْا لَنْ تَمَسَّنَا النَّارُ اِلَّآ اَيَّامًا مَّعْدُوْدٰتٍ artinya Hal itu adalah karena mereka berkata, “Api neraka tidak akan menyentuh kami kecuali beberapa hari saja.” (Ali Imron ayat 24) 
  5. وَمَا كَانَ قَوْلَهُمْ اِلَّآ اَنْ قَالُوْا رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا ذُنُوْبَنَا وَاِسْرَافَنَا فِيْٓ اَمْرِنَا artinya Dan tidak lain ucapan mereka hanyalah doa, “Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebihan (dalam) urusan kami. (Ali Imron ayat 147)

Posting Komentar untuk "(قَالُوْا) Qolu Artinya dan Contoh Kalimatnya di Al Qur'an"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close