Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melamar Kerja dan Membuat Curriculum Vitae Dengan Mudah di SuratPlus.com

 Mencari kerja adalah suatu aktivitas yang dilakukan oleh setiap pelajar atau mahasiswa yang baru lulus kuliah oleh mayoritas orang di Indonesia mereka berlomba-lomba mendapatkan pekerjaan sesuai dengan impiannya. Walaupun tidak semua berhasil meraih dengan apa yang mereka harapkan.

 Beberapa hal yang menyebabkan kegagalan tersebut adalah tidak sesuainya kapabilitas atau skill dengan pekerjaan yang diharapkan, nilai ijazah yang kurang memadai dengan persyaratan pekerjaan dan yang paling penting adalah surat lamaran pekerjaan yang tidak menunjukkan profesional dan gambaran yang utuh tentang pelamar pekerjaan.

Surat lamaran kerja adalah kontak pertama kita dengan perusahaan atau lembaga pemerintah yang kita lamar. Sebagaimana seorang pelamar malah kita harus menampilkan diri bagi kita layak dan berhak untuk bekerja di posisi tersebut

Ibarat seorang laki-laki yang ingin melamar seorang gadis maka kontak pertama harus dipersiapkan dengan matang, hal tersebut dilakukan supaya mendapatkan kesan pertama yang mengagumkan di mata gadis dan orang tuanya.

Begitu juga surat lamaran kerja haruslah dibuat semenarik mungkin supaya mendapatkan impresi pertama yang mengesankan dari perusahaan yang kita lamar. Surat lamaran kerja yang dibuat dengan asal-asalan, copy paste dan disebarkan sebanyak mungkin malah menjadikan sesuatu yang blunder atau tidak bermanfaat bagi diri kita.

Lalu Bagaimana Cara Melamar Kerja Yang Benar dan Profesional?

Pada artikel ini kita batasi hanya dari tips melamar kerja dan cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan ideal. kita mulai dari tips melamar kerja kemudian cara membuat surat lamaran kerja. tips atau panduan yang bisa anda jadikan referensi ketika anda melamar kerja.

Bagi Anda yang baru melamar kerja atau fresh graduate. Berikut adalah tahapan atau panduan ketika anda ingin bekerja di perusahaan atau lembaga pemerintahan,

1. Mulai melamar sejak mau lulus kuliah atau sekolah

Ketika anda akan lulus sekolah atau kuliah biasanya anda berada di masa-masa sibuk di akhir masa studi Anda, walaupun begitu pada saat Anda bisa menyempatkan waktu untuk melamar kerja dengan mencari jenis perusahaan atau lembaga pemerintahan yang sesuai dengan kemampuan bakat dan minat anda.

Dengan melamar lebih awal maka kita seperti menyiapkan diri lebih dahulu dibandingkan teman kita yang mungkin sedang sibuk atau disibukan dengan acara dan kegiatan di akhir masa studi. Hal ini akan membuat kemungkinan anda untuk diterima bekerja lebih tinggi karena anda lebih siap untuk melamar kerja di bandingkan teman-teman anda.

2. Membuat dan menggunakan CV yang terbaik untuk melamar kerja

CV yang merupakan kepanjangan dari curriculum vitae adalah sebuah gambaran tentang diri kita dalam lembaran kertas. Lembaran kertas yang memuat curriculum vitae haruslah ditulis sejelas mungkin sesuai dengan standar-standar penulisan curriculum vitae.

Di dalam curriculum vitae akan tertera massa studi anda di kampus Anda pengalaman kerja Anda selama ini dan pengalaman yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar, Anda juga bisa melampirkan sertifikat pelatihan yang telah anda lakukan ketika Anda masih belajar, penghargaan yang pernah anda raih, bahkan pengalaman anda menjuarai perlombaan juga bisa anda lampirkan dalam curriculum vitae  anda, terakhir lampirkanlah kemampuan-kemampuan Anda seperti kemampuan akan Microsoft office ataupun kemampuan tentang berbicara dan kemampuan memimpin dan sebagainya.

Untuk itu kami menyarankan kepada anda menggunakan CV dari suratplus.com Anda bisa membuat dengan mudah curriculum vitae Anda menggunakan template yang disediakan oleh suratplus.com, Anda juga bisa mengecek skor  curriculum vitae  Anda yang sudah dibuat melalui bantuan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) di suratplus.com, semakin tinggi skore yang anda peroleh maka semakin baiklah CV yang anda buat

Maka dari itu mari klik CV ATS friendly di bawah yang menuju ke pembuatan kurikulum vitae secara online, otomatis dan mudah

CV ATS Friendly

3. Melakukan Networking

Di dalam dunia kerja networking atau jaringan kerja adalah sesuatu yang sangat penting untuk kita dekati dan kita gunakan. Karena hal tersebut merupakan informasi yang sangat berguna bagi kita untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan yang kita tuju ketika ingin merekrut karyawan.

Misalnya ada teman Anda atau alumni dari sekolah Anda yang sudah bekerja di tempat tersebut, Anda bisa menghubunginya dan menanyakan apa saja kira-kira pekerjaan yang dilakukan di sana di posisi yang anda lamar, Anda juga bisa bertanya kepada teman anda kira-kira bagaimana kondisi perusahaan bagaimana saat ini dan apakah sekiranya saya berhasil dan bisa bekerja di tempat tersebut.

4. MemFollow up surat lamaran kerja

Inilah pentingnya kita tidak menyebarkan surat lamaran kerja terlalu banyak, acak dan serampangan namun fokus pada satu perusahaan atau satu lembaga pemerintahan yang ingin kita tuju.

Tujuannya supaya kita bisa memfollow up surat-surat lamaran kerja yang sudah kita kirim kepada mereka, hal ini penting untuk dilakukan supaya kita mengetahui sejauh mana surat lamaran kerja yang kita kirim ke lembaga tersebut sudah tersampaikan, apakah masih di pos satpam atau sudah sampai di bagian HRD, apakah masih bertahan di meja HRD atau sudah sampai ke bidang atau tempat yang kita akan dipekerjakan.

Maka dari itu ketika kita mengirimkan surat lamaran kerja, kita harus meminta  nomor handphone dari bapak satpam yang menjaga kantor perusahaan tersebut supaya kita bisa menanyakan apakah surat lamaran kerja kita sudah diproses ke dalam. Kita juga bisa meminta dan mencatat email perusahaan supaya kita bisa menghubungi mereka secara mudah melalui email.

Jika Anda membaca tips singkat mengenai cara melamar kerja pada 4 tahapan di atas, anda telah menemukan bahwa curriculum vitae menjadi sebuah tampilan pertama yang harus kita poles sedemikian rupa maka dari itu kami mengingatkan kepada anda untuk membuat  curriculum vitae di surat tugas.com yang di sana terdapat aplikasi untuk membuat curriculum vitae  secara mudah dan otomatis

Di dalam situs suratplus.com untuk mendapatkan nilai atau score curriculum vitae yang tinggi harus mencukupi beberapa syarat sebagai berikut

  1. Menggunakan format yang tepat
  2. Menggunakan kata kunci yang relevan
  3. Menggunakan struktur tata letak yang jelas
  4. Informasi yang lengkap dan akurat
  5. Menghindari typo atau salah pengetikan
  6. Mengoptimalkan judul bagian
  7. Memperbarui CV untuk setiap lamaran
  8. Menggunakan generator CV ATS suratplus

Cara Melamar Kerja dan Membuat Curriculum Vitae Bernilai Tinggi dengan Suratplus.com

Mengapa kami menyarankan anda untuk menggunakan CV di suratplus.com?

Berikut adalah 5 alasan mengapa kami menyarankan Anda menggunakan CV di suratplus.com :

  1. Suratplus.com adalah sebuah aplikasi yang membantu anda untuk membuat surat lamaran kerja secara profesional, di mana di dalam suratplus.com terdapat template yang bisa anda gunakan dengan mudah untuk membuat surat lamaran kerja anda.
  2. Anda bisa membuat CV ataupun surat lamaran kerja secara otomatis tanpa Anda harus mengatur tata letak surat, font surat dan format penulisan surat.
  3. Anda tidak perlu mendownload aplikasi dan menginstalnya di HP anda atau di laptop Anda, Anda bisa menggunakannya secara langsung pada website suratplus.com
  4. Segala surat yang anda buat, sudah tersimpan otomatis di sistem cloud suratplus.com, jadi anda tidak perlu khawatir tentang surat lamaran kerja yang sudah anda buat,
  5. Suratplus.com sebagaimana tertulis pada situsnya sudah membantu pengguna hingga lebih dari 100.000 pengguna dan 300.000 lebih surat telah tercetak

Demikian, tulisan singkat tentang cara melamar kerja dan membuat curriculum vitae yang bernilai tinggi dengan suratplus.com, untuk informasi lebih lanjut silakan klik pada link di bawah

Curriculum Vitae ATS Friendly

Sekilas Tentang Suratplus.com


Posting Komentar untuk "Cara Melamar Kerja dan Membuat Curriculum Vitae Dengan Mudah di SuratPlus.com "

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close