Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pondasi Batu Bata Untuk Rumah di Desa, Apakah Kuat dan Tahan Lama?

Sebelumnya mohon maaf apabila artikel ini ditulis oleh seorang yang tidak memiliki titel sarjana teknik sipil, sehingga secara akademis dipandang tidak layak untuk menyampaikan pandangan mengenai pondasi bangunan. Namun kami memberikan pandangan tersendiri tentang bangunan yang menggunakan pondasi batu bata, bangunan ini adalah rumah kami yang kami tempati di Kediri Jawa Timur. 

Pada zaman dahulu sebelum orang mengenal besi sebagai Tulangan bangunan maka manusia menggunakan kayu atau  batu bata sebagai pondasi. Anda bisa melihat beberapa rumah di Jawa menggunakan pondasi kayu dan tiang dari kayu seperti rumah joglo dan sejenisnya.

Ada juga yang menggunakan batu sebagai pondasi dan tiangnya seperti yang terlihat pada candi-candi peninggalan zaman kerajaan, begitu juga rumah kami, kami menggunakan  batu bata sebagai pondasi dan tiang rumah, rumah kami menggunakan wuwungan (2 segitiga siku di atap rumah) dengan tinggj tembok maksimal sekitar 6 meter dan tinggi tiang sisi-sisinya adalah 4,5 meter.

Rumah ini sudah dihuni lebih dari 35 tahun dan Alhamdulillah belum ada keretakan di dinding tembok. Anda bisa melihat rumah dengan pondasi batu bata pada video di bawah :

Lokasi bangunan dan tempat tanah menjadi pijakan adalah faktor utama mengapa rumah dengan pondasi batu bata bisa bertahan puluhan tahun. Di Kediri Jawa Timur memang pernah terjadi musibah bencana alam seperti gempa bumi dan gunung meletus. Walaupun intensitas gempanya tidak terlalu tinggi.

Sehingga rumah dengan pondasi batu bata masih aman bertahan, dengan catatan rumah kami bukan rumah dengan 2 lantai Walaupun tembok rumah kami termasuk tinggi. Artikel ini ditulis untuk memberikan pandangan yang lain bagi anda ketika anda ingin membangun sebuah rumah. Namun lebih baik juga bagi anda untuk membuat pondasi cakar ayam dengan besi dan dicor menggunakan semen terbaik, sebagaimana yang diajarkan dalam ilmu teknik pembangunan rumah modern. Apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui kolom komentar di bawah.

Posting Komentar untuk " Pondasi Batu Bata Untuk Rumah di Desa, Apakah Kuat dan Tahan Lama?"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close