Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Daun Sirih di Purwoasri Kediri, Banyak Manfaat Kesehatan dan Kegunaannya

Apa Itu Tanaman Sirih?

Sirih adalah tanaman merambat dan menjalar yang merupakan tanaman khas nusantara, batangnya berwarna hijau muda ketika masih kecil kemudian seiring bertambahnya usia batang tanaman menjadi putih dan besar. di daerah papua batang tanaman sirih bisa diolah menjadi tas yang menarik. pada umumnya tanaman sirih diambil manfaat dari daunnya. 

Tanaman sirih tumbuh menyebar dari daratan India di Asia Tengah hingga ke Asia Tenggara. di Indonesia tanaman sirih kurang dibudidayakan secara maksimal, padahal di India tanaman sirih dibudidayakan secara masif dan terdapat industri medis yang menggunakan bahan baku daun sirih. Total luas area yang dijadikan budidaya daun sirih di India ialah seluas 55000 hektar. di negara tetangganya (Bangladesh) setiap petani sirih mendapatkan penghasilan 100000 taka per hektar, kalau dikurskan ke rupiah pada tanggal 2 Oktober 2020 sekitar Rp 17.492.084,- (Tujuh belas juta empat ratus sembilan puluh dua ribu delapan puluh empat rupiah). 

Karena itu mari kita edukasi masyarakat Indonesia tentang manfaat daun sirih, cara menanam daun sirih serta aspek keuntungan dari segi kesehatan dan ekonomis yang didapat dari menanam sirih. semoga tanaman sirih bisa dibudidayakan secara maksimal sebagaimana yang di negara-negara Asia Tengah.

Pada video di atas, kami menawarkan daun sirih kepada anda semua, anda bisa melihat di video tersebut tanaman sirihnya sangat lebat dan banyak, daunnya berwarna hijau segar yang siap anda petik. Karena itu, apabila anda ingin membeli sirih di tempat kami, maka anda bisa langsung berkunjung ke Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri. Anda bisa mengisi kolom komentar di bawah atau bertanya melalui halaman kontak.

Apa Manfaat Mengkonsumsi Daun Sirih?

Sirih adalah tanaman yang umum digunakan sebagai tanaman obat-obatan, apabila anda mempunyai tanaman sirih di pekarangan rumah anda, anda bisa menggunakan sewaktu-waktu, misalnya ketika putra-putri kesayangan anda sedang mengalami gatal-gatal di pundak atau dibagian lain tubuhnya, anda bisa merebus daun sirih untuk menyembuhkan gatal-gatalnya atau ketika putra putri anda sedang sariawan anda bisa merebus sirih kemudian putra-putri anda suruh untuk berkumur-kumur dengan air rebusan.

 Hal tersebut karena daun sirih mempunyai kandungan minyak atsiri dan mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula, zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida(anti jamur). sebagaimana tercantum https://id.wikipedia.org/wiki/Sirih

Berikut adalah 5 manfaat menggunakan daun sirih bagi kesehatan tubuh manusia:

1) Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Pada tahun 1990-an masih banyak lansia di desa mengunyah daun sirih sambil duduk di depan rumah, diketahui daun sirih bisa memicu produksi air liur dalam mulut. Yang mana, salah satu fungsi air liur adalah menjaga kekuatan gigi serta mencegah penyakit gusi karena mengandung beragam protein dan mineral baik.

Anda juga bisa memperoleh manfaat air rebusan daun sirih dengan menggunakannya sebagai obat berkumur. Berkumur dengan air rebusan daun sirih berpotensi menghambat bakteri mulut serta zat asam yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

2) Menurunkan Kolesterol

Daun sirih diyakini mampu mengurangi jumlah lemak total dalam darah sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, lemak jahat, dan trigliserida. Di mana kolesterol dan trigliserida berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.9. Mengobati Jerawat

3) Menyembuhkan luka.

Manfaat daun sirih hijau yang utama adalah membantu percepatan penyembuhan luka. Antioksidan di dalam daun sirih hijau mampu menyembuhkan stres oksidatif sehingga dapat menyembuhkan luka lebih cepat. Kompres luka dengan daun sirih yang sudah ditumbuk, kemudian balut dengan perban.

4) Mengobati jerawat

Tersumbatnya pori-pori akibat produksi minyak berlebihan adalah pemicu utama jerawat pada wajah. Air rebusan daun sirih bisa menjadi solusi atas masalah ini karena kandungan tanin, flavonoid, dan saponin yang bersifat antibakteri.

Manfaat daun sirih untuk mengatasi jerawat diperoleh dari kandungan antioksidan chavicol yang terdapat di dalam daun sirih. Kandungan tersebut memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang dapat mengobati jerawat dan gatal-gatal di wajah. Namun, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter terkait penggunaan daun sirih untuk wajah.

Caranya, bersihkan muka dengan menggunakan air rebusan daun tersebut. Cara ini mampu membasmi bakteri yang menjadi penyebab jerawat. Selain menggunakan daun sirih, kamu bisa mencoba cara lainnya dari artikel 10 Cara Alami untuk Menghilangkan Jerawat.

5) Menjaga kesehatan area kewanitaan

Sifat antibakteri dalam sirih mampu mencegah bacterial vaginosis yang memicu gatal pada area kewanitaan. Selain itu, air rebusan daun sirih juga efektif untuk mengatasi masalah keputihan.

Studi dalam The Malaysian Journal of Nursing (MJN) menyebutkan, mengonsumsi air rebusan daun sirih efektif untuk mengatasi keputihan.  Caranya, rebus 3 sampai 4 lembar daun dengan dua gelas air selama 10 sampai 15 menit. Biarkan sampai suhunya normal, lalu minum. Meski cukup efektif untuk menjaga kesehatan area intim, kamu hanya boleh membasuh bagian luar vagina dengan memakai air rebusan tersebut.

Selain itu, hindari penggunaan rebusan sirih dalam jangka panjang. Sebab, hal ini dapat mengubah pH pada area kewanitaan. Jika rasa gatal tidak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter.

Untuk mendapatkan manfaat daun sirih secara optimal, Anda perlu memperhatikan cara pengolahan serta takaran yang tepat. Tanaman herbal ini dapat menimbulkan sejumlah efek samping jika penggunaannya tidak tepat atau berlebihan.

Informasi tentang manfaat daun sirih dikutip dari berbagai sumber :

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/manfaat-daun-sirih

https://gerokgak.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/manfaat-daun-sirih-merah-dan-sirih-hijau-99 rel="nofollow"

Posting Komentar untuk "Jual Daun Sirih di Purwoasri Kediri, Banyak Manfaat Kesehatan dan Kegunaannya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close