Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Chime, Chimed, Chimed Contoh Kalimat, Penggunaan dan Perbedaannya

 Apa artinya Chime, Chimed, Chimed?

Chime artinya berbunyi, berdentang, cocok, Menurut Kamus Oxford, Dalam bentuk kata benda (noun), pengertian chime adalah bunyi dering merdu yang dihasilkan dengan membunyikan lonceng.

Dalam bentuk kata kerja (verb), pengertian chime adalah (bel atau jam) yang mengeluarkan bunyi dering merdu, biasanya untuk menunjukkan waktu.

Chime, Chimed, Chimed adalah bentuk perubahan kata di dalam bahasa inggris yang merupakan kata kerja yang beraturan atau regular verb, Chime, Chimed, Chimed artinya mengganti atau merubah. Tetapi penggunaan Chime, Chimed, Chimed di dalam frase, klausa dan kalimat bisa berbeda tergantung pada tenses yang digunakan, Chimed bisa berarti telah berdentang, seperti kalimat This bell has chimed for seven times artinya bel ini sudah berdentang selama tujuh kali.

Chime, Chimed, Chimed Contoh Kalimat, Penggunaan dan Perbedaannya

Penggunaan Chime 

Chime digunakan sebagai kata kerja pada kalimat yang menggunakan tenses simple present, present continuous dan simple future. Pada simple present tense bisa ditulis Chime, bisa juga ditulis Chimes apabila kalimatnya menggunakan subjek kata ganti orang ketiga tunggal seperti He, She, It dan nama orang. Sedangkan pada present continuous Chime bisa ditulis Chiming karena present continuous menambahkan + ing pada kata kerjanya dan to be (is, am, are) sebelum kata kerja. Pada simple future, Chime tetap ditulis Chime dengan modal will. 10 Contoh kalimat dengan kata Chime di bahasa Inggris sebagai berikut :

  1. The British people's favorite clock will chime again in November artinya Jam favorit masyarakat Inggris akan kembali berbunyi di bulan November. contoh kalimat simple future dengan Chime.
  2. Municipal waste can be a chiming time bomb artinya Sampah kota bisa menjadi bom waktu. Contoh kalimat present continuous dengan kata chiming.
  3. He smiled when he heard the melodious and chiming sound of the kulintang coming from the music stage artinya Ia tersenyum ketika mendengar suara kulintang yang merdu dan nyaring dari panggung musik.
  4. The bells of Italy's historic clock tower stopped chiming last night artinya Lonceng menara jam bersejarah Italia berhenti berbunyi tadi malam.
  5. Dian cried when she realized that she could no longer hear the forks and plates chiming in the kitchen artinya Dian menangis saat menyadari tak lagi mendengar bunyi garpu dan piring berdentang di dapur.
  6. A chiming sound emerged from the falling glass artinya Suara dentingan muncul dari kaca yang jatuh.
  7. We will repair your wall clock when it no longer chimes artinya Kami akan memperbaiki jam dinding Anda jika sudah tidak berbunyi lagi.
  8. They guarantee that your alarm clock will continue to chime for up to 5 years artinya Mereka menjamin jam alarm Anda akan terus berbunyi hingga 5 tahun.
  9. Chiming factory machines are a sign of work activity in the company artinya dentingan mesin pabrik merupakan tanda adanya aktivitas kerja di perusahaan.
  10. Hundreds of residents miss the sound of chiming machines and smoke billowing from our factories artinya Ratusan warga merindukan suara dentang mesin dan asap yang mengepul dari pabrik kami.

Penggunaan Chimed

Chimed adalah bentuk perubahan kedua dan ketiga dari kata kerja Chime. Chimed termasuk kata kerja regular verb, Chimed artinya berdentang atau berbunyi. Chimed digunakan pada kalimat yang menggunakan tenses simple past tense, present perfect tense, past perfect tense dan future perfect tense. 6 Contoh kalimat dengan kata Chimed di Bahasa Inggris sebagai berikut :

  1. The clock on the wall no longer chimed, a sign that it was broken artinya Jam dinding sudah tidak berbunyi lagi, tandanya sudah rusak.
  2. He didn't know that his alarm clock always chimed at 5 am artinya Dia tidak tahu kalau jam wekernya selalu berbunyi pada jam 5 pagi.
  3. The Gadang clock area in Bukittinggi has chimed again starting today artinya Kawasan Jam Gadang di Bukittinggi kembali berdentang mulai hari ini. Contoh kalimat tenses present perfect tense dengan Chimed.
  4. The bells of the National Cathedral in Washington DC have chimed 700 times to commemorate the victims of Covid-19 artinya Lonceng Katedral Nasional di Washington DC telah berbunyi 700 kali untuk memperingati para korban Covid-19. Contoh kalimat tenses present perfect tense dengan Chimed.
  5. They said that the death knell for the U-20 World Cup had chimed in Jakarta artinya Mereka menyebut lonceng kematian Piala Dunia U-20 sudah berdentang di Jakarta. Contoh kalimat past perfect tense dengan kata Chimed.
  6. The sound of chimed bombs made people flee to find a safe place artinya Suara ledakan bom membuat masyarakat mengungsi mencari tempat aman.

Perbedaan Chime dan Chimed

Dari penjelasan penggunaan dan contoh kalimat Chime, Chimed, Chimed di atas, maka bisa difahami perbedaan dari Chime, Chimed, Chimed sebagai berikut :

  1. Chime adalah bentuk verb 1, Chime digunakan untuk kalimat yang menggunakan simple present, present continuous dan simple future.
  2. Chimed adalah bentuk verb 2 dan Verb 3 dari kata Chime, Chimed digunakan untuk kalimat yang menggunakan simple past tense, present perfect tense, past perfect tense dan future perfect tense

Semoga tulisan artikel ini bermanfaat bagi saudara semua, jangan lupa untuk membagikan artikel ke teman-teman anda yang membutuhkan. Thank you.

Artikel Sebelumnya Artikel Selanjutnya

Posting Komentar untuk "Chime, Chimed, Chimed Contoh Kalimat, Penggunaan dan Perbedaannya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close