Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahasa Jawa Berbicara dan Contoh Kalimatnya

 Apa Bahasa Jawa Berbicara?

Bahasa Jawa Berbicara adalah kondho, sanjang, ngendiko. Adapun kondho dan termasuk ngoko sedangkan sanjang termasuk krama madya dan ngendiko termasuk krama inggil, kata kondho termasuk ngoko digunakan untuk berbicara dengan orang yang seusia kita atau dengan teman kita, kata sanjang dan ngendiko untuk berbicara kepada orang tua kita atau yang kita hormati. Kondho, sanjang dan ngendiko juga bisa diartikan menyampaikan.

Bahasa Jawa Berbicara dan Contoh Kalimatnya

Berikut adalah 10 Contoh kalimat dengan kata berbicara di bahasa Jawa dan artinya di bahasa Indonesia, apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui kolom komentar di bawah

  1. Aku wes kondho marang adhimu wau isuk artinya Saya sudah berbicara dengan adik kamu tadi pagi.
  2. Kulo bade sanjang kaliyan bapak sampean artinya Saya akan berbicara dengan bapak anda.
  3. Sinten ingkang badhe ngendiko ten ngajeng maleh? Artinya Siapa yang akan berbicara di depan lagi?
  4. Bambang ora wani kondho karo gurune yen awake loro artinya Bambang tidak berani berbicara dengan gurunya jika bandannya sakit.
  5. Sopo wae seng ora wani kondho bakal dianggep wes ngerti artinya siapa saja yang tidak berani berbicara akan dianggap sudah mengerti.
  6. Kulo mboten saget ngendiko nopo niki sampun leres artinya Saya tidak bisa berbicara apa ini sudah benar.
  7. Piyambake sampun sumerep lan ngendiko barang ingkang badhe dipendet artinya Dirinya sudah mengetahui dan menyampaikan barang yang akan diambil.
  8. Jenengan nopo mboten ngendiko rayi jenengan ingkang dados dokter punika artinya Anda apa tidak berbicara adik anda yang menjadi dokter itu.
  9. Pangapunten nggeh pak, kulo dereng saget sanjang pandamelan bapak kulo artinya Mohon maaf ya pak, saya belum bisa berbicara tentang pekerjaan ayah saya.
  10. Panjenengan sampun ngendiko yen tiket e sepur tasik awis artinya Anda sudah berbicara jika tiketnya kereta api masih mahal.

Posting Komentar untuk "Bahasa Jawa Berbicara dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close