Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(صَغِيْرَةٌ) Shoghirotun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

 Apa artinya Shoghirotun (صَغِيْرَةٌ)?

Shoghirotun adalah bentuk isim mu’annats. Shoghirotun artinya kecil, Tulisan arab Shoghirotun adalah (صَغِيْرَةٌ). Kata Shoghirotun terdiri dari 5 huruf hijaiyah, yakni huruf Shod, huruf Ghoin, huruf Ya’, Huruf Ro’ dan huruf Ta’ marbuthoh. Karena Shoghirotun termasuk Isim munshorif, maka Shoghirotun bisa menerima tanda I’rob berupa harokat dhommah tain, kasroh tain menjadi Shoghirotun dan fathah tain menjadi Shoghirotun. 

(صَغِيْرَةٌ) Shoghirotun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

Tashrif kata Shoghirotun (صَغِيْرَةٌ)

Tahsrif adalah perubahan kata di dalam bahasa arab karena dhomir (kata ganti), dimana kata kecil milik saya dengan kecil milik kamu pasti berbeda di dalam penulisannya. Berikut tashrif kata Shoghirotun dari kata ganti dia laki-laki sampai kami. 

  1. صَغِيْرَتُهَا Shoghirotuha artinya kecil dia perempuan
  2. صَغِيْرَتُهُمَا Shoghirotuhuma artinya kecil mereka berdua perempuan
  3. صَغِيْرَتُهُنَّ Shoghirotuhunna artinya kecil mereka perempuan
  4. صَغِيْرَتُكِ Shoghirotuki artinya rumah kecil kamu perempuan
  5. صَغِيْرَتُكُمَا Shoghirotukuma artinya kecil kamu berdua perempuan
  6. صَغِيْرَتُكُنَّ Shoghirotukunna artinya kecil kamu semua laki-laki
  7. صَغِيْرَتِى Shoghiroti artinya kecil saya
  8. صَغِيْرَتُنَا Shoghirotuna artinya kecil kami

Contoh Kalimat dengan kata Shoghirotun (صَغِيْرَةٌ)

Berikut adalah 5 contoh kalimat dengan kata Shoghirotun (صَغِيْرَةٌ) di Bahasa Arab. Adapun warna kuning kami berikan kepada lafadz Shoghirotun (صَغِيْرَةٌ) supaya memudahkan di dalam mempelajarinya. Apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui kolom komentar di bawah

  1. وَلَا يُنْفِقُوْنَ نَفَقَةً صَغِيْرَةً وَّلَا كَبِيْرَةً وَّلَا يَقْطَعُوْنَ وَادِيًا wa la yunfiquna nafaqotan shoghirotan wa la kabirotan wa la yaqtho'una wadiyan artinya dan tidaklah mereka memberikan infak, baik yang kecil maupun yang besar dan tidak (pula) melintasi suatu lembah (berjihad), (At Taubah ayat 121)
  2.  لَا يُغَادِرُ صَغِيْرَةً وَّلَا كَبِيْرَةً اِلَّآ اَحْصٰىهَاۚ وَوَجَدُوْا مَا عَمِلُوْا حَاضِرًاۗ la yughodiru shoghirotan wa la kabirotan illa ahshooha wawajadu ma 'amiluu khadiron artinya  tidak ada yang tertinggal, yang kecil dan yang besar melainkan tercatat semuanya,” dan mereka dapati (semua) apa yang telah mereka kerjakan (tertulis) (Al Kahfi ayat 49)
  3. هَذِهِ وَرْدَةٌ صَغِيْرَةٌ وَجَمِيْلَةٌ hadzihi wardatun shoghirotun wa jamilatun artinya ini adalah mawar kecil dan indah.
  4. هَذِهِ الْمَكْتَبَةُ صَغِيْرَةٌ وَلَكِنَّهَا مُرَتَّبَةٌ وَجَمِيْلَةٌ hadzihil maktabatu shoghirotun walakinnaha murottabatun wa jamilatun artinya perpustakaan ini kecil tapi rapi dan indah.
  5. شَجَرَةٌ صَغِيْرَةٌ بِجِوَارِ مَنْزِلِي syajarotun shoghirotun bijiwari manzili artinya sebuah pohon kecil di samping rumahku.

Posting Komentar untuk "(صَغِيْرَةٌ) Shoghirotun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close