Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Artinya Ma Fi Qolbi Ghoirullah dan Manfaat Membacanya

 Apa artinya Ma Fi Qolbi Ghoirullah?

Dzikir ma fi qolbi ghoirullah sering kita dengar baik dalam pelafalan secara langsung ataupun di dalam lagu-lagu sholawat  Tulisan arab ma fi qolbi ghoirullah adalah مَافِى قَلْبِى غَيْرُ اللّه yang artinya tidak ada di hati saya selain Allah, jadi tulisannya dibaca ma fi qolbi ghoirullah bukan ma fil qolbi ghoirullah, karena kata qolbi di atas bergabung dengan dhomir (kata ganti) ana dalam bentuk huruf ya’, maka tidak boleh ada alif lam yang digabung dengan kata qolbi.

Adapun arti kata per kata dari kalimat di atas sebagai berikut :

مَا ma artinya tidak ada

فِى fi artinya di atau di dalam

قَلْبِى qolbi artinya hati saya

غَيْرُ Ghoiru artinya selain

اللّه artinya Allah

Artinya Ma Fi Qolbi Ghoirullah dan Manfaat Membacanya

Kapan Waktu Membaca Dzikir Ma fi Qolbi Ghoirullah?

Di sepertiga malam kita disunnahkan untuk bangun menunaikan ibadah sholat tahajud, di waktu itulah kita bisa melafalkan dzikir Ma fi Qolbi Ghoirullah. Di waktu awal pagi dan di waktu petang kita disunnahkan untuk berdzikir kepada Allah SWT, maka kita juga bisa membaca dzikir ma fi qolbi ghoirullah.

Artinya Ma Fi Qolbi Ghoirullah dan Manfaat Membacanya

Apa Manfaat Membaca atau Berdzikir Ma Fi Qolbi Ghoirullah?

Berikut 3 manfaat membaca atau berdzikir ma fi qolbi ghoirullah

1) Menentramkan hati dan pikiran

Berdzikir akan membuat hati, pikiran dan jiwa kita menjadi tenang dan tenram, sebagaimana tertulis di dalam surat ar ro’du ayat 28

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُ ۗ artinya (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.

2) Mendekatkan diri pada Allah

Berdzikir adalah mendekatkan diri pada Allah SWT, sang pencipta alam semesta, ketika kita mendekatkan diri kepada Allah maka hidup kita akan selamat sampai akhirat

3) Mendapatkan pahala dari Allah

Ketika kita membaca Al Qur’an, sholat, zakat dan berdzikir semata-mata mengharap balasan dari Allah SWT, maka kita akan mendapatkan pahala dari Allah SWT yang mana semoga semua pahala yang kita kumpulkan selama di dunia bisa menjadi bekal yang berharga untuk kehidupan abadi di akhirat kelak.

Posting Komentar untuk "Artinya Ma Fi Qolbi Ghoirullah dan Manfaat Membacanya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close