Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(يَجِدُ) Yajidu Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

 Apa artinya Yajidu (يَجِدُ)?

Yajidu merupakan bentuk fi’il Mudhori’. Yajidu artinya sedang mendapati atau menemukan atau menjumpai. Tulisan Arab Yajidu adalah يَجِدُ, di mana kata Yajidu terdiri dari 3 huruf hijaiyah, yakni huruf ya’, huruf jim dan huruf dal. Kata Yajidu bisa berubah menjadi tajidu dan najidu tergantung dhomir muttashil yang berada di depannya.

(يَجِدُ) Yajidu Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

Tashrif Lughowi Fi’il Mudhori’ kata Yajidu (يَجِدُ )

Tashrif adalah perubahan kata, di dalam bahasa arab penggunaan kata kerja akan berubah-ubah sesuai dengan dhomir (kata ganti) yang berada di depannya, sehingga penulisan kalimat saya sedang mengambil dengan kamu sedang mengambil itu berbeda. di mana perubahan bentuk fi’il mudhori’ dengan dhomir disebut juga tasrif lughowi fi’il mudhori’. Di bawah ini adalah penulisan Tasrif Lughowi Fi’il Mudhori’ dengan kata Yajidu (يَجِدُ) dari kata ganti dengan huruf ana sampai nahnu, 

  1. هُوَ يَجِدُ  Huwa Yajidu artinya Dia laki-laki sedang menemukan
  2. هُمَا يَجِدَانِ Huma Yajidani artinya Mereka berdua laki-laki sedang menemukan
  3. هُمْ يَجِدُونَ Hum Yajiduna artinya Mereka laki laki sedang menemukan
  4.  هِيَ تَجِدُ Hiya Tajidu artinya Dia wanita sedang menemukan
  5. هُمَا تَجِدَانِ Huma Tajidani artinya Mereka berdua wanita sedang menemukan
  6. هُنَّ يَجِدْنَ Hunna Yajidna artinya Mereka wanita sedang menemukan
  7.  اَنْتَ تَجِدُ Anta Tajidu artinya Kamu laki-laki sedang menemukan
  8. اَنْتُمَا تَجِدَانِ Antuma Tajidani artinya Kamu berdua laki-laki sedang menemukan
  9. اَنْتُمْ تَجِدُونَ Antum Tajiduna artinya Kamu semua laki-laki sedang menemukan
  10. اَنْت تَجِدِينَ Anti Tajidina artinya Kamu wanita sedang menemukan
  11.  اَنْتُمَا تَجِدَانِ Antuma Tajidani artinya Kamu berdua wanita sedang menemukan
  12. اَنْتُنَّ تَجِدْنَ Antunna Tajidna artinya Kamu semua wanita sedang menemukan
  13. اَنَا أَجِدُ Ana Ajidu artinya Saya sedang menemukan
  14. نحْنُ نَجِدُ Nahnu Najidu artinya Kami sedang menemukan

Contoh kalimat dengan kata Yajidu (يَجِدُ)

Berikut adalah 5 contoh kalimat dengan kata Yajidu (يَجِدُ) di Bahasa Arab, adapun warna kuning kami berikan kepada kata yang menggunakan kata Yajidu (يَجِدُ) supaya memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya. Apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui kolom komentar di bawah.

  1. ۗفَمَنْ لَّمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلٰثَةِ اَيَّامٍ ۗذٰلِكَ كَفَّارَةُ اَيْمَانِكُمْ اِذَا حَلَفْتُمْ ۗfaman lam yajid fashiyamu tsalatsai ayyamin dzalika kaffarotu aimanikum idza khalaftum artinya Barangsiapa tidak mampu melakukannya, maka (kafaratnya) berpuasalah tiga hari. Itulah kafarat sumpah-sumpahmu apabila kamu bersumpah. (Al Ma'idah ayat 89)
  2.  فَمَنْ يَّسْتَمِعِ الْاٰنَ يَجِدْ لَهٗ شِهَابًا رَّصَدًاۖ faman yastami'il aana yajidlahu syihaban roshodan artinya . Tetapi sekarang siapa (mencoba) mencuri dengar (seperti itu) pasti akan menjumpai panah-panah api yang mengintai (untuk membakarnya). (Surat Al Jinn ayat 9)
  3. اَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيْمًا فَاٰوٰىۖ alam yajidkan yatiman faawaa artinya Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungi(mu), (Surat Dhuha ayat 6)
  4. وَلَا يَجِدُوْنَ فِيْ صُدُوْرِهِمْ حَاجَةً مِّمَّآ اُوْتُوْا وَيُؤْثِرُوْنَ عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ wala yajiduna fi shudurihim hajatan mimma utuu wayu'tsiruna 'ala anfusihim artinya Dan mereka tidak menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa yang diberikan kepada mereka (Muhajirin); dan mereka mengutamakan (Muhajirin), atas dirinya sendiri. (Surat Al Hasyr ayat 9)
  5. خٰلِدِيْنَ فِيْهَآ اَبَدًاۚ لَا يَجِدُوْنَ وَلِيًّا وَّلَا نَصِيْرًا ۚ kholidina fihaa abadan la yajiduna waliyyan wa la nashiron artinya mereka kekal di dalamnya selama-lamanya; mereka tidak akan mendapatkan pelindung dan penolong. (Surat Al Ahzab ayat 65)

Posting Komentar untuk "(يَجِدُ) Yajidu Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close