Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(كَتَبْنَا) Katabna Artinya dan Contoh Kalimatnya

 Apa Artinya Katabna?

Katabna artinya kami telah menulis, katabna berasal dari fi'il madhi kata kataba, tulisan arab katabna adalah كَتَبْنَا, kata na di akhir kata merupakan dhomr muttashil (kata sambung) dari dhomir nahnu yang artinya kami. 

Namun kata katabna bisa berarti kami telah mewasiatkan apabila disambung dengan kata lahu, menjadi katabna lahu (كَتَبْنَالَهُ)

Kata katabna bisa berarti menetapkan atau mewajibkan atau memerintahkan apabila disambung dengan huruf jar ’ala, katabna ’ala..  (…. كَتَبْنَاعَلَى)

kata kataba yaktubu merupakan bentuk perubahan kata mengikuti wazan fa'ala yaf’alu, Kata katabna pernah dibuat menjadi sebuah lirik lagu yang dipopulerkan oleh Wafiq Azizah sebagaimana berikut 

كَتَبْنَا وَمَا كَاتَبْنَا وَيَاخْسَارِة مَا كَتَبْنَا

كَتَبْنَا مِيِّه مَكْتُوب وَلَهَلِّقْ مَا جَاوَبْنَا

Katabna wama katabna, wayam syarih makaatabna, Katabna miyyih makthuuf wa Lahallik majawabna

Berikut adalah penulisan kata kataba dengan beberapa dhomir muttasil atau kata ganti yang bersambung dengan kata kerja. Di bawah ini adalah penulisan Tasrif Lughowi Fi’il Madhi  dengan kata Kataba (كَتَبَ) dari kata ganti dengan huruf ana sampai nahnu, di mana perubahan bentuk fi’il madhi dengan dhomir disebut juga tasrif lughowi fi’il madhi

  • هُوَ كَتَبَ huwa kataba artinya Dia laki-laki telah menulis
  • هُمَا كَتَبَا huma kataba artinya Dia laki-laki berdua telah menulis
  • هُمْ كَتَبُوْا hum katabu artinya Mereka laki laki telah menulis
  • هِيَ كَتَبَتْ hiya katabats artinya Dia wanita telah menulis
  • هُمَا كَتَبَتَا huma katabata artinya Dia wanita berdua telah menulis
  • هُنَّ كَتَبْنَ hunna katabna artinya Mereka wanita telah menulis
  • اَنْتَ كَتَبْتَ anta katabta artinya Kamu laki-laki telah menulis
  • اَنْتُمَا كَتَبْتُمَا antuma katabtuma artinya Kamu berdua laki-laki telah menulis
  • اَنْتُمْ كَتَبْتُمْ antum katabtum artinya Kamu semua laki-laki telah menulis
  • اَنْتِ كَتَبْتِ anti katabti artinya Kamu wanita telah menulis
  • اَنْتُمَا كَتَبْتُمَا antuma katabtuma artinya Kamu berdua wanita telah menulis
  •   اَنْتُنَّ كَتَبْتُنَّ  antunna katabtunna rtinya Kamu semua wanita telah menulis
  • اَنَا كَتَبْتُ ana katabtu artinya Saya telah menulis
  • نَحْنُ كَتَبْنَا nahnu katabna artinya Kami telah menulis

(كَتَبْنَا) Katabna Artinya dan Contoh Kalimatnya

Contoh kalimat dengan kata katabna

Berikut adalah contoh kalimat dengan kata katabna (كَتَبْنَا) di bahasa Arab, adapun warna kuning kami berikan kepada kata-kata penonton artinya supaya memudahkan di dalam mempelajarinya. apabila saudara mempunyai pertanyaan silahkan tulis melalui kolom komentar di bawah

  1. كَتَبْنَا قَصِيْدَةً فِي كِتَابِكَ katabna qoshidatan fi kitabika artinya kami menulis puisi di buku Anda.
  2. هَلْ كَتَبْنَا شَيْئًا فِي كِتَابِكَ؟ hal katabna syai an fi kitabika artinya sudahkah kami menulis sesuatu di buku anda?
  3. وَلَوْ اَنَّا كَتَبْنَا عَلَيْهِمْ اَنِ اقْتُلُوْٓا اَنْفُسَكُمْ اَوِ اخْرُجُوْا مِنْ دِيَارِكُمْ مَّا فَعَلُوْهُ اِلَّا قَلِيْلٌ مِّنْهُمْ ۗ wa law anna katabna 'alaihim aniq tulu anfusakum awikhruju min diyarikum ma fa'aluhu illa qolilun minhum artinya Dan sekalipun telah Kami perintahkan kepada mereka, “Bunuhlah dirimu atau keluarlah kamu dari kampung halamanmu,” ternyata mereka tidak akan melakukannya, kecuali sebagian kecil dari mereka. (Surat An Nisa' ayat 66)
  4. مِنْ اَجْلِ ذٰلِكَ ۛ كَتَبْنَا عَلٰى بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اَنَّهٗ مَنْ قَتَلَ نَفْسًاۢ بِغَيْرِ نَفْسٍ اَوْ فَسَادٍ فِى الْاَرْضِ فَكَاَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيْعًاۗ min ajli dzalika katabna 'ala bani isroilla annahu man qotala nafsan bighoiri nafsin au fasadin fil ardhi fakaannama qotalannasa jami'an artinya Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa barangsiapa membunuh seseorang, bukan karena orang itu membunuh orang lain, atau bukan karena berbuat kerusakan di bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh semua manusia. Barangsiapa memelihara kehidupan seorang manusia, (Surat Al Ma'idah ayat 32)
  5. وَكَتَبْنَا عَلَيْهِمْ فِيْهَآ اَنَّ النَّفْسَ بِالنَّفْسِ وَالْعَيْنَ بِالْعَيْنِ wa katabna 'alaihim fihaa annan nafsa bin nafsi wal 'aina bil 'aini artinya Kami telah menetapkan bagi mereka di dalamnya (Taurat) bahwa nyawa (dibalas) dengan nyawa, mata dengan mata,(Al ma'idah ayat 45)

Posting Komentar untuk "(كَتَبْنَا) Katabna Artinya dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close