Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahasa Jawa Makan dan Contoh Kalimatnya

 Apa Bahasa Jawanya Makan?

Bahasa jawa makan adalah maem, mangan, nedo, dahar, Kata maem dan mangan digunakan termasuk kata umum di bahasa Jawa,  kata maem digunakan untuk anak-anak Sedangkan kata mangan digunakan untuk berbicara dengan yang sama usianya atau teman kita.

Kata nedo dan dahar digunakan untuk berbicara bahasa Jawa halus (kromo inggil) kepada orang tua kita, atasan kita, guru kita atau orang yang kita hormati.

Bahasa Jawa Makan dan Contoh Kalimatnya

Berikut adalah 21 contoh kalimat dengan kata makan di bahasa Jawa disertai dengan artinya dalam bahasa Indonesia Apabila saudara mempunyai pertanyaan Silahkan tulis melalui kolom komentar di bawah 

  1. Opo sampean wes mangan neng sekolah? Apakah anda sudah makan di sekolah?
  2. Kulo dereng maem saking enjing artinya Saya belum makan dari pagi.
  3. Aku arep mangan sego goreng ning warung artinya saya akan makan nasi goreng di warung.
  4. Ibu guru dawuh lak sampean arep mangan moco o bismillah disek artinya ibu guru berpesan Ketika anda akan makan bacalah bismillah terlebih dahulu.
  5. Bapak Budi nopo kerso dahar rawon ten mriki artinya Bapak Budi apa bersedia makan rawon di sini.
  6. Katah tiyang enom mangan lan ngombe kopi neng warunge Bu Sri artinya Banyak orang muda makan dan minum kopi di warungnya Bu Sri.
  7. Sulastri kepingin mangan soto ayam lamongan neng Kediri artinya Sulastri memiliki keinginan makan soto ayam lamongan di Kediri
  8. De'e wes mangan sahur sakdurunge subuh mau artinya dirinya sudah makan sahur sebelum subuh tadi.
  9. Aku ora mangan sak durunge adzan maghrib mergo aku jek poso artinya saya tidak makan sebelum adzan maghrib karena saya masih berpuasa.
  10. Ojo mangan lak wetengmu durung luwe artinya jangan makan ketika perutmu belum lapar.
  11. Ojo rame neng kene mergo simbah lagi dahar neng pawon artinya jangan rame di sini karena Nenek sedang makan di dapur
  12. Kulo titip pesan jajane ojo dimaem dewean artinya saya menitipkan pesan supaya jalannya tidak dimakan sendirian.
  13. Mbak Rahma pengen mangan sate wedus ning prapatan Nganjuk artinya Mbak Rahma ingin makan sate kambing di perempatan Nganjuk.
  14. Ibu guru kepedesan sak bibaripun nedo rujak cingur ten sekolah artinya ibu guru merasa telah kepedasan setelah makan rujak cingur di sekolah
  15. Dian diutus ibu e gawe wedang lan gorengan ben dimaem kaliyan tukang artinya Dian disuruh ibunya membuat kopi dan gorengan agar dimakan oleh tukang
  16. Deweke ora kolu mangan ning ngarepe anak yatim artinya dirinya tidak bisa makan di depan anak yatim.
  17. Cobo takonono opo bocah-bocah kuwi wes mangan mau isuk artinya coba bertanyalah Apakah anak-anak tersebut sudah makan tadi pagi.
  18. Katah tiang nedo bubur neng warung sandinge pom bensin artinya banyak orang makan bubur di warung sebelahnya pom bensin.
  19. Mbak Siti matur deweke bade dahar dan griyani bojone artinya Mbak Siti berbicara dirinya akan makan di rumah suaminya
  20. Kulo mireng menawi Bapak sampun dahar teng sekolah wau siang artinya saya mendengar kalau Bapak sudah makan di sekolah tadi siang.
  21. Pak dokter nitip pesan menawi jenengan dereng pareng nedo sate kambing maleh artinya Dokter bertitik pesan jika Anda belum boleh makan sate kambing.

Posting Komentar untuk "Bahasa Jawa Makan dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close