Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(زَوْجٌ) Zaujun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

  Apa arti Zaujun (زَوْجٌ)?

Zaujun adalah bentuk isim (kata benda) munshorif. Tulisan arab Zaujun adalah (زَوْجٌ). Kata Zaujun terdiri dari 3 huruf hijaiyah, yakni huruf za’, huruf wawu dan huruf jim. Zaujun artinya suami atau istri atau pasangan, bentuk jamak zaujun adalah Azwaajun (أَزْوَاجٌ). Zaujun termasuk kosakata anggota keluarga di bahasa arab yang selalu kita gunakan sehari-hari, memahami penggunaan dan tashrifnya akan membantu kita di dalam belajar Bahasa arab.

Kata Zaujun bisa berubah menjadi zaujin Ketika majrur (Ketika ada huruf jar dalam kalimatnya) dan berubah menjadi zaujan ketikan manshub (Ketika ada amil nawashib dalam kalimatnya)

(زَوْجٌ) Zaujun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

Tashrif kata Zaujun (زَوْجٌ)

Tahsrif adalah perubahan kata di dalam bahasa arab karena dhomir (kata ganti), dimana kata suami milik saya dengan suami milik kamu wanita pasti berbeda di dalam penulisannya. Berikut tashrif kata Zaujun dari kata ganti dia laki-laki sampai kami. 

  1. زَوْجُهُ Zaujuhu artinya suami  dia laki-laki
  2. زَوْجُهُمَا Zaujuhuma artinya suami mereka berdua laki-laki
  3. زَوْجُهُمْ Zaujuhum artinya suami mereka laki-laki
  4. زَوْجُهَا Zaujuha artinya suami dia perempuan
  5. زَوْجُهُمَا Zaujuhuma artinya suami mereka berdua perempuan
  6. زَوْجُهُنَّ Zaujuhunna artinya suami mereka perempuan
  7. زَوْجُكَ Zaujuka artinya suami kamu laki-laki
  8. زَوْجُكُمَا Zaujukuma artinya suami kamu berdua laki-laki
  9. زَوْجُكُمْ Zaujukum artinya suami kamu semua laki-laki
  10. زَوْجُكِ Zaujuki artinya suami kamu perempuan
  11. زَوْجُكُمَا Zaujukuma artinya suami kamu berdua perempuan
  12. زَوْجُكُنَّ Zaujukunna artinya suami kamu semua laki-laki
  13. زَوْجِي Zauji artinya suami saya
  14. زَوْجُنَا Zaujuna artinya suami kami

Contoh Kalimat dengan Kata Zaujun (زَوْجٌ)

Berikut adalah 5 contoh kalimat dengan kata Zaujun (زَوْجٌ) di Bahasa arab. Adapun warna kuning kami berikan kepada lafadz Zaujun supaya memudahkan di dalam mempelajarinya. Apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui form konsultasi di atas.

  1. فَاِنْ طَلَّقَهَا فَلَا تَحِلُّ لَهٗ مِنْۢ بَعْدُ حَتّٰى تَنْكِحَ زَوْجًا غَيْرَهٗ fain thollaqoha fala takhillu lahu min ba'du hatta tankikha zaujan ghoirohu artinya Kemudian jika dia menceraikannya (setelah talak yang kedua), maka perempuan itu tidak halal lagi baginya sebelum dia menikah dengan suami yang lain. (Al Baqoroh ayat 230)
  2. وَاِنْ اَرَدْتُّمُ اسْتِبْدَالَ زَوْجٍ مَّكَانَ زَوْجٍۙ wa in arodtumus tibdala zaujin makana zaujin artinya Dan jika kamu ingin mengganti istrimu dengan istri yang lain, (An Nisa' ayat 20)
  3. اَوَلَمْ يَرَوْا اِلَى الْاَرْضِ كَمْ اَنْۢبَتْنَا فِيْهَا مِنْ كُلِّ زَوْجٍ كَرِيْمٍ awalam yarow ilal ardhi kam anbatna fiha min  kulli zaujin karimin artinya Dan apakah mereka tidak memperhatikan bumi, betapa banyak Kami tumbuhkan di bumi itu berbagai macam pasangan (tumbuh-tumbuhan) yang baik? (Asy syu'aro ayat 7)
  4.  وَاَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً فَاَنْۢبَتْنَا فِيْهَا مِنْ كُلِّ زَوْجٍ كَرِيْمٍ wa anzalna minas samaa i maa an faanbatna fiha min kulli zaujin karimin artinya Dan Kami turunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik. (Luqman ayat 10)
  5. وَقُلْنَا يٰٓاٰدَمُ اسْكُنْ اَنْتَ وَزَوْجُكَ الْجَنَّةَ wa qulna yaa adamus kun anta wa zaujukal jannata artinya Dan Kami berfirman, “Wahai Adam! Tinggallah engkau dan istrimu di dalam surga, (Al Baqoroh ayat 35)

Posting Komentar untuk "(زَوْجٌ) Zaujun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close