Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(اُخْتٌ) Ukhtun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

Apa arti Ukhtun (اُخْتٌ)?

Ukhtun adalah bentuk isim (kata benda) munshorif. Tulisan arab Ukhtun adalah (اُخْتٌ). Ukhtun artinya saudara perempuan atau saudari, bentuk jamak dati ukhtun adalah akhowaatun, (أَخَوَاتٌ) akhowaatun artinya saudari-saudari. Kata Ukhtun terdiri dari 3 huruf hijaiyah, yakni huruf alif, huruf kho’ dan huruf ta’. Ukhtun termasuk kosakata anggata keluarga di bahasa arab yang selalu kita gunakan sehari-hari, memahami penggunaan dan tashrifnya akan membantu kita di dalam belajar Bahasa arab.

Kata Ukhtun bisa berubah menjadi Ukhtin Ketika majrur (Ketika ada huruf jar dalam kalimatnya) dan berubah menjadi Ukhtan ketikan manshub (Ketika ada amil nawashib dalam kalimatnya)

Tashrif kata Ukhtun (اُخْتٌ)

Tahsrif adalah perubahan kata di dalam bahasa arab karena dhomir (kata ganti), dimana kata saudara perempuan milik saya dengan saudara perempuan milik kamu wanita pasti berbeda di dalam penulisannya. Berikut tashrif kata Ukhtun dari kata ganti dia laki-laki sampai kami. 

  1. اُخْتُهُ Ukhtuhu artinya saudara perempuan  dia laki-laki
  2. اُخْتُهُمَا Ukhtuhuma artinya saudara perempuan mereka berdua laki-laki
  3. اُخْتُهُمْ Ukhtuhum artinya saudara perempuan mereka laki-laki
  4. اُخْتُهَا Ukhtuha artinya saudara perempuan dia perempuan
  5. اُخْتُهُمَا Ukhtuhuma artinya saudara perempuan mereka berdua perempuan
  6. اُخْتُهُنَّ Ukhtuhunna artinya saudara perempuan mereka perempuan
  7. اُخْتُكَ Ukhtuka artinya saudara perempuan kamu laki-laki
  8. اُخْتُكُمَا Ukhtukuma artinya saudara perempuan kamu berdua laki-laki
  9. اُخْتُكُمْ Ukhtukum artinya saudara perempuan kamu semua laki-laki
  10. اُخْتُكِ Ukhtuki artinya saudara perempuan kamu perempuan
  11. اُخْتُكُمَا Ukhtukuma artinya saudara perempuan kamu berdua perempuan
  12. اُخْتُكُنَّ Ukhtukunna artinya saudara perempuan kamu semua laki-laki
  13. أُخْتِي Ukhti artinya saudara perempuan saya
  14. اُخْتُنَا Ukhtuna artinya saudara perempuan kami

(اُخْتٌ) Ukhtun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

Contoh Kalimat dengan Kata Ukhtun (اُخْتٌ)

Berikut adalah 5 contoh kalimat dengan kata Ukhtun (اُخْتٌ) di Bahasa arab. Adapun warna kuning kami berikan kepada lafadz Ukhtun supaya memudahkan di dalam mempelajarinya. Apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui form konsultasi di atas

  1. يٰٓاُخْتَ هٰرُوْنَ مَا كَانَ اَبُوْكِ امْرَاَ سَوْءٍ وَّمَا كَانَتْ اُمُّكِ بَغِيًّا ۖ ya ukhta haaruna ma kana abukim eo a sau in wa ma kants ummuki baghiyyan artinya Wahai saudara perempuan Harun (Maryam)! Ayahmu bukan seorang yang buruk perangai dan ibumu bukan seorang perempuan pezina.(Maryam ayat 28)
  2. اِذْ تَمْشِيْٓ اُخْتُكَ فَتَقُوْلُ هَلْ اَدُلُّكُمْ عَلٰى مَنْ يَّكْفُلُهٗ ۗ idz tamsyi ukhtuka fataqulu hal adullukum 'ala man yakfuluhu artinya Yaitu) ketika saudara perempuanmu berjalan, lalu dia berkata (kepada keluarga Fir‘aun), ‘Bolehkah saya menunjukkan kepadamu orang yang akan memeliharanya?’ (Thohaa ayat 40)
  3. كُلَّمَا دَخَلَتْ اُمَّةٌ لَّعَنَتْ اُخْتَهَا ۗ kullama dakholats ummatun la'anats ukhtaha artinya Setiap kali suatu umat masuk, dia melaknat saudaranya,(Al A'rof ayat 38)
  4. حُرِّمَتْ عَلَيْكُمْ اُمَّهٰتُكُمْ وَبَنٰتُكُمْ وَاَخَوٰتُكُمْ وَعَمّٰتُكُمْ وَخٰلٰتُكُمْ وَبَنٰتُ الْاَخِ وَبَنٰتُ الْاُخْتِ hurrimat 'alaikum ummahatukum wa banatukum wa akhowatukum wa 'ammatukum wa khlatukum wa banatul akhi wabanaatu ukhti artinya Diharamkan atas kamu (menikahi) ibu-ibumu, anak-anakmu yang perempuan, saudara-saudaramu yang perempuan, saudara-saudara ayahmu yang perempuan, saudara-saudara ibumu yang perempuan, anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang laki-laki, anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang perempuan, (An Nisa' ayat 23)
  5.  وَاِنْ كَانَ رَجُلٌ يُّوْرَثُ كَلٰلَةً اَوِ امْرَاَةٌ وَّلَهٗٓ اَخٌ اَوْ اُخْتٌ فَلِكُلِّ وَاحِدٍ مِّنْهُمَا السُّدُسُۚ wa in kana rojulun yurotsu kalalatun awim roatun wa lahu akhun aw ukhtun falikulli wahidin minhumas sudusu artinya  Jika seseorang meninggal, baik laki-laki maupun perempuan yang tidak meninggalkan ayah dan tidak meninggalkan anak, tetapi mempunyai seorang saudara laki-laki (seibu) atau seorang saudara perempuan (seibu), maka bagi masing-masing dari kedua jenis saudara itu seperenam harta. (An Nisa' ayat 12)

Posting Komentar untuk "(اُخْتٌ) Ukhtun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close