Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(خَالٌ) Kholun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

Apa arti Kholun (خَالٌ)?

Kholun adalah bentuk isim (kata benda) munshorif. Tulisan arab Kholun adalah (خَالٌ). Kholun artinya paman yaitu paman dari keluarga Ibu, bentuk jamak Kholun adalah Akhwaalun (أَخْوَالٌ). Kata Kholun terdiri dari 3 huruf hijaiyah, yakni huruf kho’, huruf alif dan huruf lam. Kholun termasuk kosakata anggota keluarga di bahasa arab yang selalu kita gunakan sehari-hari, memahami penggunaan dan tashrifnya akan membantu kita di dalam belajar Bahasa arab.

Kata Kholun bisa berubah menjadi kholin Ketika majrur (Ketika ada huruf jar dalam kalimatnya) dan berubah menjadi kholan ketikan manshub (Ketika ada amil nawashib dalam kalimatnya)

Tashrif kata Kholun (خَالٌ)

Tahsrif adalah perubahan kata di dalam bahasa arab karena dhomir (kata ganti), dimana kata paman milik saya dengan paman milik kamu wanita pasti berbeda di dalam penulisannya. Berikut tashrif kata Kholun dari kata ganti dia laki-laki sampai kami. 

  1. خَالُهُ Kholuhu artinya paman dia laki-laki
  2. خَالُهُمَا Kholuhuma artinya paman mereka berdua laki-laki
  3. خَالُهُمْ Kholuhum artinya paman mereka laki-laki
  4. خَالُهَا Kholuha artinya paman dia perempuan
  5. خَالُهُمَا Kholuhuma artinya paman mereka berdua perempuan
  6. خَالُهُنَّ Kholuhunna artinya paman mereka perempuan
  7. خَالُكَ Kholuka artinya paman kamu laki-laki
  8. خَالُكُمَا Kholukuma artinya paman kamu berdua laki-laki
  9. خَالُكُمْ Kholukum artinya paman kamu semua laki-laki
  10. خَالُكِ Kholuki artinya paman kamu perempuan
  11. خَالُكُمَا Kholukuma artinya paman kamu berdua perempuan
  12. خَالُكُنَّ Kholukunna artinya paman kamu semua laki-laki
  13. خَالِي Kholi artinya paman saya
  14. خَالُنَا Kholuna artinya paman kami

(خَالٌ) Kholun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

Contoh Kalimat dengan Kata Kholun (خَالٌ)

Berikut adalah 5 contoh kalimat dengan kata Kholun (خَالٌ) di Bahasa arab. Adapun warna kuning kami berikan kepada lafadz Kholun supaya memudahkan di dalam mempelajarinya. Apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui form konsultasi di atas.

  1. وَمَا مَلَكَتْ يَمِيْنُكَ مِمَّآ اَفَاۤءَ اللّٰهُ عَلَيْكَ وَبَنٰتِ عَمِّكَ وَبَنٰتِ عَمّٰتِكَ وَبَنٰتِ خَالِكَ  wa ma makalats yaminuka mimma afaa allahi 'alaika wa banati 'ammika wa banaati 'ammatika wa banaati kholika artinya dan hamba sahaya yang engkau miliki, termasuk apa yang engkau peroleh dalam peperangan yang dikaruniakan Allah untukmu, dan (demikian pula) anak-anak perempuan dari saudara laki-laki bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara perempuan bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara laki-laki ibumu (Al Ahzab ayat 50)
  2. الخَالُ هُوَ شَقِيْقُ الْأُمِّ بِالنِّسْبَةِ لِأَبْنَائِهَا alkholu huwa syaqiqul ummi binnisbati liabnaiha artinya Paman adalah saudara laki-laki ibu dalam hubungannya dengan anak-anaknya.
  3. يَا اِبْنُ زَيْد أَيْنَ خَالُكَ ؟  ya ibnu zaid, aina kholuka artinya wahai anak zaid, dimana pamanmu?
  4. خَالِي أَحْمَدْ ذُوْ الفِعَالِ الْأَفْضَلُ kholi ahmad dzul fi'lil afdholu artinya Paman saya Ahmed adalah aktor terbaik.
  5.  أَحْمَدْ يُجَسِّدُ شَخْصِيَّةَ خَالِ مُحَمَّدٍ رَمَضَانَ فِي مُسَلْسَلِ جَعْفَرِ الْعُمْدَةِ ahmad yujassidu syakhshiyaata kholi muhammadin romadhona fi musalsali ja'faril 'umdati artinya Ahmed mewujudkan kepribadian paman Muhammad Ramadan dalam serial "Jaafar Al-Omda".


Posting Komentar untuk "(خَالٌ) Kholun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close