Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegiatan Pelatihan Bandeng Asap di Kota Tarakan

 Pada tanggal 6-8 Maret 2023, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kalimantan Utara bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Tarakan mengadakan kegiatan bimbingan teknis wirausaha baru (WUB) untuk industri kecil dan menengah di Kota Tarakan sebanyak 20 IKM, dalam bentuk pelatihan membuat bandeng asap.

Kegiatan Pelatihan Bandeng Asap di Kota Tarakan
Gambar 1.0. Bapak Murliadi Palham, M.Eng memberikan sambutan kegiatan pelatihan

Pelatihan dimulai dengan sambutan dari bapak Murliadi Palham, S.T., M.Eng, yang mengatakan semoga hasil produksi ikan bandeng asapnya bisa dijual dan menjadi sumber pendapatan baru bagi peserta pelatihan.
Kegiatan Pelatihan Bandeng Asap di Kota Tarakan
Gambar 1.1. Ibu-ibu peserta pelatihan membersihkan ikan bandeng bersama

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Hasriyani, S.H., M.M. yang mengatakan potensi bandeng asap untuk bisa ekspor ke Malaysia melalui Tawau. Sehingga tidak mengekspor bahan mentah tapi sudah terolah.

Ibu Hasriyani juga berharap pemerintah daerah memesan produk UMKM supaya nama mereka berjalan dan usaha mereka berkembang dengan bagus.

Kegiatan pelatihan dilanjutkan dengan paparan materi oleh Ibu kemudian dilanjutkan dengan praktek membersihkan Ikan bandeng, menghidupkan mesin pengasap bandeng, kemudian memasukkan bandeng ke dalam mesin pengasap.
Kegiatan Pelatihan Bandeng Asap di Kota Tarakan
gambar 1.2. Kondisi ikan bandeng yang sudah diasapi

Adapun bahan bakar yang digunakan untuk menghidupkan mesin pengasap bandeng adalah sabut kelapa dan tempurung kelapa, anda bisa menyalakan api dengan membakar sabut kelapa. Kemudian memasukkan tempurung kelapa atau kayu bakar dan tutup bagian pembakaran di bawah. 

Kemudian memasukkan bandeng yang sudah dibersihkan ke dalam mesin asap bandeng, dengan cara dibalik, peserta diwajibkan memastikan dan stand by terhadap kondisi ikan bandeng yang diasapin di dalam mesin pengasap, apabila bahan bakar yang ada sudah habis maka harus dimasukkan lagi untuk menjaga supaya bandeng terasapi dengan sempurna.
Kegiatan Pelatihan Bandeng Asap di Kota Tarakan
Gambar 1.3. Ikan bandeng yang ditiriskan di luar ruangan

Di akhir sesi pelatihan bandeng yang sudah diasapi dimasukkan ke dalam mesin vacuum untuk membuat bandeng kedap udara dan menjadikan awet dalam kemasan.  

Posting Komentar untuk "Kegiatan Pelatihan Bandeng Asap di Kota Tarakan"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close