Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(ضَيْفٌ) Dhoyfun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

 Apa artinya Dhoyfun (ضَيْفٌ)? 

Dhoyfun adalah bentuk isim mudzakkar. Tulisan arab Dhoyfun adalah (ضَيْفٌ). Dhoyfun artinya Tamu, bentuk jamak dari kata Dhoyfun adalah ضُيُوْفٌ (Dhuyufun), Kata Dhoyfun terdiri dari 4 huruf hijaiyah, yaitu huruf Dhod, huruf ya’, huruf wawu dan huruf fa’. Karena Dhoyfun termasuk Isim munshorif, maka Dhoyfun bisa menerima tanda I’rob berupa harokat dhommah tain, kasroh tain menjadi Dhoyfin dan fathah tain menjadi Dhoyfan. 

(ضَيْفٌ) Dhoyfun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

Tashrif kata Dhoyfun (ضَيْفٌ)

Tahsrif adalah perubahan kata di dalam bahasa arab karena dhomir (kata ganti), dimana Tamu dia dengan Tamu kami pasti berbeda di dalam penulisannya. Berikut tashrif kata Dhoyfun dari kata ganti dia laki-laki sampai kami. 

  1.  ضَيْفُهُ Dhoifuhu artinya Tamu dia laki-laki
  2.  ضَيْفُهُمَا Dhoifuhuma artinya Tamu mereka berdua laki-laki
  3.  ضَيْفُهُمْ Dhoifuhum artinya Tamu mereka laki-laki
  4.  ضَيْفُهَا Dhoifuha artinya Tamu dia perempuan
  5. ضَيْفُهُمَا Dhoifuhuma artinya Tamu mereka berdua perempuan
  6. ضَيْفُهُنَّ Dhoifuhunna artinya Tamu mereka perempuan
  7. ضَيْفُكَ Dhoifuka artinya Tamu kamu laki-laki
  8. ضَيْفُكُمَا Dhoifukuma artinya Tamu kamu berdua laki-laki
  9. ضَيْفُكُمْ Dhoifukum artinya Tamu kamu semua laki-laki
  10. ضَيْفُكِ Dhoifuki artinya Tamu kamu perempuan
  11. ضَيْفُكُمَا Dhoifukuma artinya Tamu kamu berdua perempuan
  12. ضَيْفُكُنَّ Dhoifukunna artinya Tamu kamu semua laki-laki
  13. ضَيْفِي Dhoifi artinya Tamu saya
  14. ضَيْفُنَا Dhoyfuna artinya Tamu kami

Contoh Kalimat dengan Kata Dhoyfun (ضَيْفٌ)

Berikut adalah 5 contoh kalimat dengan kata Dhoyfun (ضَيْفٌ) di bahasa arab. Adapun warna kuning kami berikan kepada lafadz Dhoyfun supaya memudahkan di dalam mempelajarinya. Apabila saudara mempunyai pertanyaan, keluhan dan saran. Silakan tulis melalui kolom komentar di bawah. 

  1. وَلَقَدْ رَاوَدُوْهُ عَنْ ضَيْفِهٖ فَطَمَسْنَآ اَعْيُنَهُمْ wa laqod rowaduhu 'an dhoifihi fathomasnaa a'yunahum artinya Dan sungguh, mereka telah membujuknya (agar menyerahkan) tamunya (kepada mereka), lalu Kami butakan mata mereka,(Al Qomar 37)
  2. قَالَ اِنَّ هٰٓؤُلَاۤءِ ضَيْفِيْ فَلَا تَفْضَحُوْنِۙ qola inna haa ulaa i dhoyfi fala tafdhohuna artinya Dia (Lut) berkata, “Sesungguhnya mereka adalah tamuku; maka jangan kamu mempermalukan aku, (Al Hijr ayat 68)
  3. هُنَّ اَطْهَرُ لَكُمْ فَاتَّقُوا اللّٰهَ وَلَا تُخْزُوْنِ فِيْ ضَيْفِيْۗ hunna athharu lakum fat taqullaha wa la tukhzuni fi dhoyfi artinya Inilah putri-putri (negeri)ku mereka lebih suci bagimu, maka bertakwalah kepada Allah dan janganlah kamu mencemarkan (nama)ku terhadap tamuku ini. (Al hud ayat 78)
  4. وَنَبِّئْهُمْ عَنْ ضَيْفِ اِبْرٰهِيْمَۘ wanabbi'hum 'an dhoyfi ibrohima artinya Dan kabarkanlah (Muhammad) kepada mereka tentang tamu Ibrahim (malaikat). (Al Hijr ayat 51)
  5. هَلْ اَتٰىكَ حَدِيْثُ ضَيْفِ اِبْرٰهِيْمَ الْمُكْرَمِيْنَۘ hal ataka haditsu dhoyfi ibrohimal mukromina artinya Sudahkah sampai kepadamu (Muhammad) cerita tamu Ibrahim (malaikat-malaikat) yang dimuliakan? (Adz Dzariyaat ayat 24)

Posting Komentar untuk "(ضَيْفٌ) Dhoyfun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close