Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(سَكَنٌ) Sakanun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

 Apa arti Sakanun (سَكَنٌ)?

Sakanun adalah bentuk kata benda di bahasa arab. Tulisan arab Sakanun adalah (سَكَنٌ), Sakanun artinya  Asrama atau perumahan, Kata Sakanun terdiri dari 3 huruf hijaiyah, yakni huruf sin, huruf kaf dan huruf nun, Karena Sakanun termasuk Isim munshorif, maka Sakanun bisa menerima tanda I’rob berupa harokat dhommah tain, kasroh tain menjadi Sakanin dan fathah tain menjadi Sakanan.

Tashrif kata Sakanun (سَكَنٌ)

Di dalam bahasa arab terdapat peraturan bahasa yang membedakan antara kata ganti laki-laki dan wanita, perubahan kata karena dhomirnya disebut juga tashrif, contoh Asrama dia pasti berbeda penulisannya dengan Asrama kami. Karena itu, berikut tashrif kata Sakanun dari huwa sampai nahnu

  1. سَكَنُهُ Sakanuhu artinya Asrama dia laki-laki
  2. سَكَنُهُمَا Sakanuhuma artinya Asrama mereka berdua laki-laki
  3. سَكَنُهُمْ Sakanuhum artinya Asrama mereka laki-laki
  4. سَكَنُهَا Sakanuha artinya Asrama dia perempuan
  5. سَكَنُهُمَا Sakanuhuma artinya Asrama mereka berdua perempuan
  6. سَكَنُهُنَّ Sakanuhunna artinya Asrama mereka perempuan
  7. سَكَنُكَ Sakanuka artinya Asrama kamu laki-laki
  8. سَكَنُكُمَا Sakanukuma artinya Asrama kamu berdua laki-laki
  9. سَكَنُكُمْ Sakanukum artinya Asrama kamu semua laki-laki
  10. سَكَنُكِ Sakanuki artinya Asrama kamu perempuan
  11. سَكَنُكُمَا Sakanukuma artinya Asrama kamu berdua perempuan
  12. سَكَنُكُنَّ Sakanukunna artinya Asrama kamu semua laki-laki
  13. سَكَنِي Sakani artinya Asrama saya
  14. سَكَنُنَا Sakanuna artinya Asrama kami

(سَكَنٌ) Sakanun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

Contoh Kalimat dengan Sakanun (سَكَنٌ)

Berikut adalah 5 contoh kalimat dengan kata Sakanun (سَكَنٌ) di bahasa Arab. Adapun warna kuning kami berikan kepada lafadz Sakanun (سَكَنٌ) supaya memudahkan di dalam mempelajarinya. Apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui kolom komentar di bawah

  1. اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمۡؕ وَاللّٰهُ سَمِيۡعٌ عَلِيۡمٌ inna sholatakan sakanul lahum wallahu sami'un 'alimun artinya Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui. (At Taubah ayat 103)
  2. وَجَعَلَ الَّيْلَ سَكَنًا وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ حُسْبَانًا ۗwa ja'alal laila wasy syamsa wal qomaro husbanan artinya dan menjadikan malam untuk beristirahat, dan (menjadikan) matahari dan bulan untuk perhitungan. (Al An'am ayat 96)
  3. وَاللّٰهُ جَعَلَ لَكُمْ مِّنْۢ بُيُوْتِكُمْ سَكَنًا wallahu ja'ala lakum min buyutikum sakanan artinya Dan Allah menjadikan rumah-rumah bagimu sebagai tempat tinggal. (An Nahl ayat 80)
  4. السَكَنَ مُنْذُ عِدَّةِ سَنَوَاتٍ بِتَوْفِيْرِهَا كُلَّ سَنَةٍ لِلْغُلَافِ الْمَالِيِ al sakana mundzu 'iddati sanawatin bitawfiriha kulla sanatin lil ghulafil maliyi artinya Perumahan selama beberapa tahun dengan menyediakannya setiap tahun untuk perlindungan keuangan.
  5. وَ ذَكَرَ اْلوَزِيْرُ خِلَالَ اِجْتِمَاعُ عَمَلَ مَعَ إِطَارَاتِ قِطَاعِ الْسَكَنِ بِالْوِلَايَةِ أَنَّ الدَوْلَةَ أَعْطَتْ أَهَمِيَّةً بَالِغَةً لِقِطَاعٍ wa dzakarol waziru khilala ijtima'u 'amala ma'a ithoroti qitho'il sakani bil wilayati an ad daulata a'thot ahamiyatan balighotan liqitho'in artinya Dalam rapat kerja dengan para eksekutif sektor perumahan di negara bagian, menteri mengatakan, "Negara sangat mementingkan sektor perumahan.

Posting Komentar untuk "(سَكَنٌ) Sakanun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close