Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menambal ban tubeless yang bocor

 Apa itu ban tubeless?

Ban tubeless adalah ban yang dirancang tanpa mempunyai bagian dalam, karakter ban tubeless lebih kokoh daripada ban biasa, dimana materi yang ban tubeless terbuat dari bahan karet fiber, perbedaan dengan ban biasa di mana ban tubeless memiliki lapisan fluid sealant di bagian dalam, lapisan fluid sealant ini bisa merapatkan permukaan ban apabila ban tubeles terkena benda tajam, lapisan fluid sealant juga mampu menahan udara sehingga tidak mudah bocor.

Hal ini sangat berfungsi ketika ban Anda terkena benda tajam, ban tubeless anda tidak langsung bocor namun lapisan di dalam ban akan merapatkan bagian yang terkena benda tajam, lapisan ini menghindari kebocoran ban secara langsung akibat tekanan udara yang hilang.

Apa yang dilakukan ketika ban tubeless terkena paku atau benda tajam?

Ketika anda mengetahui ban tubeless Anda terkena paku atau benda tajam maka cabutlah paku atau benda tajam tersebut kemudian oleskan cairan pada bagian ban tubeless yang terkena benda tajam, tunggu beberapa saat hingga lapisan menjadi mengeras dan menutup lubang. ketika anda sudah berjalan dan menemukan bengkel yang bisa menambal ban andam maka tambahlah ban tubeless anda di bengkel tersebut.

Bagaimana cara menambal ban tubeless yang bocor?

Cara menambah ban tubeless yang bocor sangat mudah anda bisa mengikuti video di atas Atau ikuti 8 langkah cara menambal ban tubeless sebagai berikut

  1. Pertama ketahuilah titik kebocoran di bank Anda
  2. Bersihkan ban tubeless anda dari paku atau benda tajam lainnya
  3. Masukkan karet penambal di bagian ban tubeless yang terbuka dengan menggunakan alat seperti pengait, bentuknya seperti jarum namun memiliki dimensi yang besar.
  4. Setelah siap tusuklah titik kebocoran dengan pengait yang sudah dimasukkan karet dan di lem 
  5. Tekan hingga setengah karet masuk ke dalam ban tubeless
  6. Tarik alat pengait tali dengan cepat hingga meninggalkan karet penambal di ban tubeless
  7. Anda bisa memotong bagian terakhir ujung karet yang menjuntai hingga terlihat rapi
  8. Periksa Kondisi ban tubeless Anda yang sudah ditambal dengan melakukan tekanan udara Anda bisa mengeceknya dengan mengusapkan air sabun ke semua permukaan luar ban tubeless Anda, apabila ada bagian yang bocor maka anda akan melihat gelembung udara yang muncul.

Apabila sudah sesuai maka tidak ada gelombang udara yang muncul di ban tubeless anda

Demikian materi cara menambah ban tubeless dan pengertiannya apabila saudara mempunyai pertanyaan silahkan tulis melalui kolom komentar di bawah

Posting Komentar untuk "Cara menambal ban tubeless yang bocor"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close