Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(يَكْتُبُ) Yaktubu Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

 Apa artinya Yaktubu (يَكْتُبُ )?

Yaktubu merupakan bentuk fi’il Mudhori’. Yaktubu artinya sedang menulis atau sedang mencatat. Tulisan Arab Yaktubu adalah يَكْتُبُ , di mana kata Yaktubu terdiri dari 4 huruf hijaiyah, yakni huruf ya’, huruf kaf, huruf ta’ dan huruf ba’. Kata Yaktubu bisa berubah menjadi taktubu dan naktubu tergantung dhomir muttashil yang berada di depannya. Kata Yaktubu juga bisa berubah menjadi yaktuba ketika manshub dan berubah menjadi Yaktub ketika Majzum

(يَكْتُبُ) Yaktubu artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

Tashrif Lughowi fi’il Mudhori’ kata Yaktubu (يَكْتُبُ )

Tashrif adalah perubahan kata, di dalam bahasa arab penggunaan kata kerja akan berubah-ubah sesuai dengan dhomir (kata ganti) yang berada di depannya, sehingga penulisan kalimat saya sedang menulis dengan kamu sedang menulis itu berbeda. di mana perubahan bentuk fi’il mudhori’ dengan dhomir disebut juga tasrif lughowi fi’il mudhori’ Di bawah ini adalah penulisan Tasrif Lughowi Fi’il Mudhori’ dengan kata Yaktubu (يَكْتُبُ) dari kata ganti dengan huruf ana sampai nahnu, 

  1. هُوَ يَكْتُبُ  huwa Yaktubu artinya Dia laki-laki sedang menulis
  2. هُمَا يَكْتُبَانِ huma Yaktubani artinya Mereka berdua laki-laki sedang menulis
  3. هُمْ يَكْتُبُونَ hum Yaktubuna artinya Mereka laki laki sedang menulis
  4.  هِيَ تَكْتُبُ hiya Taktubu artinya Dia wanita sedang menulis
  5. هُمَا تَكْتُبَانِ huma Taktubani artinya Mereka berdua wanita sedang menulis
  6. هُنَّ يَكْتُبْنَ  hunna Yaktubna artinya Mereka wanita sedang menulis
  7.  اَنْتَ تَكْتُبُ anta Taktubu artinya Kamu laki-laki sedang menulis
  8. اَنْتُمَا تَكْتُبَانِ antuma Taktubani artinya Kamu berdua laki-laki sedang menulis
  9. اَنْتُمْ تَكْتُبُونَ antum Taktubuna artinya Kamu semua laki-laki sedang menulis
  10. اَنْت تَكْتُبِينَ anti Taktubina artinya Kamu wanita sedang menulis
  11.  اَنْتُمَا تَكْتُبَانِ antuma Taktubani artinya Kamu berdua wanita sedang menulis
  12. اَنْتُنَّ تَكْتُبْنَ antunna taktubna artinya Kamu semua wanita sedang menulis
  13. اَنَا أَكْتُبُ ana aktubu artinya Saya sedang menulis
  14. نحْنُ نَكْتُبُ nahnu naktubu artinya Kami sedang menulis

Contoh Kalimat Dengan Kata Yaktubu (يَكْتُبُ )

Berikut adalah 5 contoh kalimat dengan kata Yaktubu (يَكْتُبُ ) di Bahasa Arab, adapun warna kuning kami berikan kepada kata yang menggunakan kata Yaktubu (يَكْتُبُ ) supaya memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya. 

  1. اِنَّا نَحْنُ نُحْيِ الْمَوْتٰى وَنَكْتُبُ مَا قَدَّمُوْا وَاٰثَارَهُمْۗ inna nahnu nuhyil mautaa wa naktubu ma qoddamu wa aatsaarohum artinya Sungguh, Kamilah yang menghidupkan orang-orang yang mati, dan Kamilah yang mencatat apa yang telah mereka kerjakan dan bekas-bekas yang mereka (tinggalkan). (Surat Yasin ayat 12)
  2. وَلَا يَأْبَ كَاتِبٌ اَنْ يَّكْتُبَ كَمَا عَلَّمَهُ اللّٰهُ فَلْيَكْتُبْۚ wala ya’ba katibun an yaktuba kama ‘allamhullahu fal yaktub artinya Janganlah penulis menolak untuk menuliskannya sebagaimana Allah telah mengajarkan kepadanya, maka hendaklah dia menuliskan. (Al Baqoroh ayat 282)
  3. ۘ سَنَكْتُبُ مَا قَالُوْا وَقَتْلَهُمُ الْاَنْۢبِيَاۤءَ بِغَيْرِ حَقٍّۙ sanaktubu ma qolu wa qotlahumul anbiyaa a bighoiri haqqin artinya Kami akan mencatat perkataan mereka dan perbuatan mereka membunuh nabi-nabi tanpa hak (alasan yang benar), dan Kami akan mengatakan (kepada mereka), (Ali Imron ayat 181)
  4. كَلَّاۗ سَنَكْتُبُ مَا يَقُوْلُ وَنَمُدُّ لَهٗ مِنَ الْعَذَابِ مَدًّا ۙ kalla sanaktubu ma yaqulu wa namuddu lahu minal ‘adzabi madda artinya Sama sekali tidak! Kami akan menulis apa yang dia katakan, dan Kami akan memperpanjang azab untuknya secara sempurna, (Maryam ayat 79)
  5. وَاللّٰهُ يَكْتُبُ مَا يُبَيِّتُوْنَ ۚ فَاَعْرِضْ عَنْهُمْ وَتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ ۗ wallahu yaktubu ma yubayyituna fa a’ridh ‘anhum wa tawakkal ‘alallahi artinya Allah mencatat siasat yang mereka atur di malam hari itu, maka berpalinglah dari mereka dan bertawakallah kepada Allah. (An Nisa’ ayat 81)

Posting Komentar untuk "(يَكْتُبُ) Yaktubu Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close