Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(سَمَاءٌ) Samaun Artinya dan Contoh Kalimatnya di Bahasa Arab

 Apa yang dimaksud dengan samaun? 

Samaun artinya bintang, tulisan arab samaun adalah سَمَاءٌ. Bentuk jamak dari samaun adalah samawatun (سَمَاوَاتٌ), samawatun artinya bintang-bintang.Kata Samaun terdiri dari 4 huruf hijaiyah yaitu huruf sin, huruf mim, huruf alif dan huruf hamzah. Karena Samaun termasuk Isim munshorif, maka Samaun bisa menerima tanda I’rob berupa harokat dhommah tain, kasroh tain menjadi Sama in dan fathah tain menjadi Sama an.  

(سَمَاءٌ) Samaun Artinya dan Contoh Kalimatnya di Bahasa Arab

Contoh Kalimat dengan Kata Samaun (سَمَاءٌ) 

Berikut adalah 5 contoh kalimat dengan kata Samaun (سَمَاءٌ) di bahasa arab. Adapun warna kuning kami berikan kepada lafadz Samaun supaya memudahkan di dalam mempelajarinya. Apabila saudara mempunyai pertanyaan, keluhan dan saran. Silakan tulis melalui kolom komentar di bawah.  

  1. فَقَضٰىهُنَّ سَبْعَ سَمٰوَاتٍ فِيْ يَوْمَيْنِ وَاَوْحٰى فِيْ كُلِّ سَمَاۤءٍ اَمْرَهَا faqodhohunna sab’a samawatin fi yaumain wa aha fi kulli samaa in amroha artinya Lalu diciptakan-Nya tujuh langit dalam dua masa dan pada setiap langit Dia mewahyukan urusan masing-masing. Kemudian langit yang dekat (dengan bumi), (Surat Fushshilat ayat 12) 
  2. وَقِيْلَ يٰٓاَرْضُ ابْلَعِيْ مَاۤءَكِ وَيٰسَمَاۤءُ اَقْلِعِيْ وَغِيْضَ الْمَاۤءُ  wa qila yaa ardhubla’I maa aki way aa samaa u aqli’iy wa ghidhol maa u artinya Dan difirmankan, “Wahai bumi! Telanlah airmu dan wahai langit (hujan!) berhentilah.” Dan air pun disurutkan,( Surat Hud ayat 44) 
  3. الَّذِيْ جَعَلَ لَكُمُ الْاَرْضَ فِرَاشًا وَّالسَّمَاۤءَ بِنَاۤءً alladzi ja’ala lakumul ardho firosyan was samaa a binaa an artinya Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap. (Surat Al Baqoroh ayat 22) 
  4. وَالسَّمَاۤءَ بَنَيْنٰهَا بِاَيْىدٍ وَّاِنَّا لَمُوْسِعُوْنَ was samaa a banainaha bi aidin wa inna lamusi’una artinya Dan langit Kami bangun dengan kekuasaan (Kami), dan Kami benar-benar meluaskannya. (Surat Adz Dzariyat ayat 47) 
  5. وَلَـقَدۡ زَيَّـنَّا السَّمَآءَ الدُّنۡيَا بِمَصَابِيۡحَ وَجَعَلۡنٰهَا رُجُوۡمًا لِّلشَّيٰطِيۡنِ‌ wa laqod zayyannas samaad dunya bimashobiha wa ja’alnaaha rujuman lisy syaithoni artinya Dan sungguh, telah Kami hiasi langit yang dekat, dengan bintang-bintang dan Kami jadikannya (bintang-bintang itu) sebagai alat-alat pelempar setan, (Al Mulk ayat 5) 

Posting Komentar untuk "(سَمَاءٌ) Samaun Artinya dan Contoh Kalimatnya di Bahasa Arab"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close