Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(لِسَانٌ) Lisanun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

Apa artinya Lisanun (لِسَانٌ)? 

Lisanun adalah bentuk isim mudzakkar. Lisanun artinya Lidah atau lisan, Tulisan arab Lisanun adalah (لِسَانٌ). Kata Lisanun terdiri dari 4 huruf hijaiyah, huruf lam, huruf sin, huruf alif dan huruf nun. Karena Lisanun termasuk Isim munshorif, maka Lisanun bisa menerima tanda I’rob berupa harokat dhommah tain, kasroh tain menjadi Lisanin dan fathah tain menjadi Lisanan. 

(لِسَانٌ) Lisanun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

Tashrif kata Lisanun (لِسَانٌ)

Tahsrif adalah perubahan kata di dalam bahasa arab karena dhomir (kata ganti), dimana Lidah dia dengan Lidah kami pasti berbeda di dalam penulisannya. Berikut tashrif kata Lisanun dari kata ganti dia laki-laki sampai kami. 

  1.  لِسَانُهُ Lisanuhu artinya Lidah dia laki-laki
  2.  لِسَانُهُمَا Lisanuhuma artinya Lidah mereka berdua laki-laki
  3.  لِسَانُهُمْ Lisanuhum artinya Lidah mereka laki-laki
  4.  لِسَانُهَا Lisanuha artinya Lidah dia perempuan
  5. لِسَانُهُمَا Lisanuhuma artinya Lidah mereka berdua perempuan
  6. لِسَانُهُنَّ Lisanuhunna artinya Lidah mereka perempuan
  7. لِسَانُكَ Lisanuka artinya Lidah kamu laki-laki
  8. لِسَانُكُمَا Lisanukuma artinya Lidah kamu berdua laki-laki
  9. لِسَانُكُمْ Lisanukum artinya Lidah kamu semua laki-laki
  10. لِسَانُكِ Lisanuki artinya Lidah kamu perempuan
  11. لِسَانُكُمَا Lisanukuma artinya Lidah kamu berdua perempuan
  12. لِسَانُكُنَّ Lisanukunna artinya Lidah kamu semua laki-laki
  13. لِسَانِى Lisani artinya Lidah saya
  14. لِسَانُنَا Lisanuna artinya Lidah kami

Contoh Kalimat dengan Kata Lisanun (لِسَانٌ)

Berikut adalah 5 contoh kalimat dengan kata Lisanun (لِسَانٌ) di bahasa arab. Adapun warna kuning kami berikan kepada lafadz Lisanun supaya memudahkan di dalam mempelajarinya. Apabila saudara mempunyai pertanyaan, keluhan dan saran. Silakan tulis melalui kolom komentar di bawah. 

  1. بِلِسَانٍ عَرَبِىٍّ مُّبِينٍ bilisanin 'arobiyyin mubinin artinya dengan lisan/bahasa arab yang nyata. (Asy-Syu'aro ayat 195)
  2. وَمَآ أَرْسَلْنَا مِن رَّسُولٍ إِلَّا بِلِسَانِ قَوْمِهِۦ wa maa arsalna min rosulin illa bilisanin qoumihi artinya dan tidak (kami) telah mengutus dari seorang rasul melainkan dengan lisan/bahasa kaumnya. (Ibrohim ayat 4)
  3. فَإِنَّمَا يَسَّرْنَٰهُ بِلِسَانِكَ لِتُبَشِّرَ بِهِ fainnama yassarnahu bilisanika litubasysyiro bihi artinya maka sesungguhnya hanyalah (dia) memudahkan kami tentangnya dengan lisan/bahasamu agar kamu memberi kabar gembira dengannya. (Maryam ayat 97)
  4. فَإِنَّمَا يَسَّرْنَٰهُ بِلِسَانِكَ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ faiinama yassarnahu bilisanika la'allahum yatadzakkaruna artinya maka sesungguhnya (dia) memudahkan kami tentangnya dengan lisan/bahasamu boleh jadi mereka menjadi ingat/mengambil pelajaran. (Ad Dukhon ayat 58)
  5. وَهَٰذَا لِسَانٌ عَرَبِىٌّ مُّبِينٌ wa hadza lisanun 'arobiyyun mubinun artinya dan/sedang ini (Al Quran) lisan/bahasa arab yang nyata. (An Nahl ayat 103)
  6. وَاَخِىۡ هٰرُوۡنُ هُوَ اَفۡصَحُ مِنِّىۡ لِسَانًا wa akhi harunu huwa afshohu minni lisanan artinya Dan saudaraku Harun, dia lebih fasih lidahnya daripada aku, (Surat Al Qoshosh ayat 34)

Posting Komentar untuk "(لِسَانٌ) Lisanun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close