Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(يَحْكُمُ) Yahkumu Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

 Apa arti Yahkumu (يَحْكُمُ)?

Yahkumu merupakan bentuk fi’il Mudhori’. Yahkumu artinya sedang memerintah atau mengadili atau memutuskan. Tulisan Arab Yahkumu adalah يَحْكُمُ, dimana kata Yahkumu terdiri dari 4 huruf hijaiyah, yakni huruf ya’, huruf kha’, huruf kaf, dan huruf mim. Kata Yahkumu bisa berubah menjadi Tahkamu dan Nahkamu tergantung dhomir muttashil yang berada di depannya.

(يَحْكُمُ) Yahkumu Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

Tashrif Lughowi fi’il Mudhori’ kata Yahkumu (يَحْكُمُ)

Tashrif adalah perubahan kata, di dalam bahasa arab penggunaan kata kerja akan berubah-ubah sesuai dengan dhomir (kata ganti) yang berada di depannya, sehingga penulisan kalimat saya sedang memerintah dengan kamu sedang memerintah itu berbeda. di mana perubahan bentuk fi’il mudhori’ dengan dhomir disebut juga tasrif lughowi fi’il mudhori’ Di bawah ini adalah penulisan Tasrif Lughowi Fi’il Mudhori’ dengan kata Yahkumu (يَحْكُمُ) dari kata ganti dengan huruf ana sampai nahnu, 

  1. هُوَ يَحْكُمُ Huwa yahkumu artinya Dia laki-laki sedang memerintah
  2. هُمَا يَحْكُمَانِ huma yahkumani artinya Mereka berdua laki-laki sedang memerintah
  3. هُمْ يَحْكُمُونَ   hum yahkumuna artinya Mereka laki laki sedang memerintah
  4.  هِيَ تَحْكُمُ hiya tahkumu artinya Dia wanita sedang memerintah
  5. هُمَا تَحْكُمَانِ huma tahkumani artinya Mereka berdua wanita sedang memerintah
  6. هُنَّ يَحْكُمْنَ hunna yahkumna artinya Mereka wanita sedang memerintah
  7. اَنْتَ تَحْكُمُ anta tahkumu artinya Kamu laki-laki sedang memerintah
  8.  اَنْتُمَا تَحْكُمَانِ antuma tahkumani artinya Kamu berdua laki-laki sedang memerintah
  9. اَنْتُمْ تَحْكُمُونَ antum tahkumuna artinya Kamu semua laki-laki memerintah
  10. اَنْت تَحْكُمِينَ  anti tahkumina artinya Kamu wanita sedang memerintah
  11. اَنْتُمَا تَحْكُمَانِ antuma tahkumani artinya Kamu berdua wanita sedang memerintah
  12.  اَنْتُنَّ تَحْكُمْنَ antunna tahkumna artinya Kamu semua wanita sedang memerintah
  13. اَنَا أَحْكُمُ ana ahkumu artinya Saya sedang memerintah
  14. نحْنُ  نَحْكُمُnahnu nahkumu artinya Kami sedang memerintah

Contoh Kalimat Dengan Kata Yahkumu (يَحْكُمُ)

Berikut adalah 5 contoh kalimat dengan kata Yahkumu (يَحْكُمُ) di Bahasa arab, adapun warna kuning kami berikan kepada kata yang menggunakan kata Yahkumu (يَحْكُمُ) supaya memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya. Apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui form konsultasi di atas

  1.  اَنْتَ تَحْكُمُ بَيْنَ عِبَادِكَ فِيْ مَا كَانُوْا فِيْهِ يَخْتَلِفُوْنَ anta tahkumu baina ‘ibadika fi ma kanus fihi yakhtalifuna artinya Engkaulah yang memutuskan di antara hamba-hamba-Mu tentang apa yang selalu mereka perselisihkan. (Az Zumar ayat 46)
  2. وَاِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ اَنْ تَحْكُمُوْا بِالْعَدْلِ ۗwa idza hakamtum baina nasi an tahkumu bil ‘adli artinya dan apabila kamu menetapkan hukum di antara manusia hendaknya kamu menetapkannya dengan adil.  (An Nisa’ ayat 58)
  3. اَمَّنْ لَّا يَهِدِّيْٓ اِلَّآ اَنْ يُّهْدٰىۚ فَمَا لَكُمْۗ كَيْفَ تَحْكُمُوْنَ amman la yahiddi illa an yuhda fama lakum kaifa tahkumuna artinya ataukah orang yang tidak mampu membimbing bahkan perlu dibimbing? Maka mengapa kamu (berbuat demikian)? Bagaimanakah kamu mengambil keputusan? (Yunus ayat 35)
  4. مَا لَـكُمۡ كَيۡفَ تَحۡكُمُوۡنَ ma lakum kaifa tahkumuna artinya Mengapa kamu ini? Bagaimana (caranya) kamu menetapkan? (Ash shoffat ayat 154)
  5. وَاِنَّ رَبَّكَ لَيَحْكُمُ بَيْنَهُمْ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ فِيْمَا كَانُوْا فِيْهِ يَخْتَلِفُوْنَ wa inna robbaka liyahkumu bainahum yaumal qiyamati fima kanu fihi yakhtalifuna artinya Dan sesungguhnya Tuhanmu pasti akan memberi keputusan di antara mereka pada hari Kiamat terhadap apa yang telah mereka perselisihkan itu. (An Nahl ayat 124)


Posting Komentar untuk "(يَحْكُمُ) Yahkumu Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close