Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kalimat Jumlah Ismiyah dan Pengertiannya

Apa yang dimaksud dengan jumlah ismiyah?

Menurut ahmad Qobbisy, definisi jumlah adalah kalimat yang mempunyai makna dengan sifat tertentu. Di dalam bahasa Arab terdapat 2 jumlah, yaitu jumlah ismiyah dan jumlah fi'liyah.

 Pengertian jumlah ismiyah adalah kalimat yang diawali dengan isim (kata benda) atau dhomir (kata ganti).Contoh jumlah ismiyah seperti di rumah ada dapur, ini motor baru, dia adalah pelajar yang rajin, kami bahagia, dia lapar dan sebagainya.

Contoh Kalimat Jumlah Ismiyah dan Pengertiannya

Bagaimana cara membuat kalimat dengan jumlah ismiyah?

Di dalam menyusun jumlah ismiyah maka harus memahami terlebih dahulu mubtada' dan Khobarnya, penjelasan mubtada'secara singkat kata benda, sedangkan Khobar adalah predikat atau keterangan.

Seperti kalimat صَبْرِيْنَ فَتَاةٌ جَمِيْلَةٌ artinya sabrina adalah gadis yang cantik. Maka Sabrina adalah mubtada', gadis yang cantik adalah Khobar (penjelas dari Sabrina).

هُوَ وَلَدِى artinya Dia adalah anak saya, maka dia adalah mubtada', adalah anak saya merupakan Khobar (penjelas dari dia)

Menurut jurnal yang ditulis oleh Rappe dengan judul Hal ihwal jumlah ismiyah dalam bahasa Arab.

Terdapat 5 jenis jumlah ismiyah.

Yaitu

  1. Jumlah ismiyah dengan mendahulukan mubtada'. Seperti مَنْ يَقْرَأُ الشَعْرَ يَنَمُ ثَرْوَتَهُ الْلُغَوِيَّةَ artinya Siapa yang membaca syair maka akan bertambah kekayaan bahasanya.
  2. Jumlah ismiyah dengan wajib menghilangkan mubtada'. Seperti مَرَرْتُ يِزَيْدِ الْكَرِيْْمِ  saya dilewati oleh Zaid yang mulia, harusnya huwa zaidul karim, isim dhomir huwa dihilangkan.
  3. Jumlah ismiyah dengan boleh menghilangkan mubtada'. Seperti كَيْفَ زَيْدٌ؟ بِخَيْرٍ kata bikhoir merupakan jumlah ismiyah, asalnya adalah هُوَ بِخَيْرٍ.
  4.  Khobar tidak disebutkan sehingga yang terlihat hanya mubtada' Seperti kalimat خَرَجْتُ فَإِذَا الْأَسَد artinya saya keluar tiba-tiba ada harimau, asalnya adalah فَاِذَا الْأَسَد حَاضِرً
  5. Jumlah ismiyah dengan Khobar yang disertai fa' Al jaza' atau jawab, seperti kalimat التًاجٍرُ فَوْقَ فِى الْسُوْقِ 

Contoh kalimat jumlah ismiyah

Berikut adalah 7 contoh kalimat dengan jumlah ismiyah di bahasa Arab, apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui kolom komentar di bawah

  1. أَنَا طَبِيْبٌ Ana thobibun artinya saya adalah pelajar, ana adalah mubtada; thobibun adalah khobar 
  2. هُوَ مُدَرِّسٌ Huwa mudarrisun artinya dia adalah pengajar, huwa adalah mubtada' mudarrisun adalah khobar.
  3. هَذِهِ مَدْرَسَةٌ كَبِيْرَةٌ Hadzihi madrosatun kabirotun artinya ini adalah sekolah yang besar hadzihi adalah mubtada’ madrosatun kabirotun adalah Khobar. .
  4.  هُوَ يَتَكَلَّمُ الْلُغَةَ الْعَرَبِيَّةَ.Huwa yatakallamul lughotal arobiyyata artinya dia sedang berbicara bahasa arab, huwa adalah mubtada’ yatakallamul lughotal arboiyyata adalah Khobar. 
  5. فِى الْفَصْلِ كِتَابٌ Fil fashli kitabun artnya di dalam kelas terdapat buku
  6. فِى الْمَطْبَخِ سِكِّيْنٌ Fil mathbakhi sikkinun artinya di dapur terdapat pisau
  7. عِنْدِي كِتَابَيْنِ Artinya saya mempunyai dua buku, indiy adalah mubtada’ kitbaini adalah khobar. 


Posting Komentar untuk "Contoh Kalimat Jumlah Ismiyah dan Pengertiannya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close