Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(عِنْدَ) 'Inda Artinya dan Contoh Kalimatnya di Al Qur'an

 Apa artinya (عِنْدَ)‘Inda ?

Secara Bahasa, pengertian (عِنْدَ)‘Inda artinya Ketika, di, pada, di sisi, (عِنْدَ)‘Inda termasuk harfun (preposisi/kata hubung) di Bahasa Arab. Karena عِنْدَ)‘Inda termasuk harfun, maka ‘Inda hukumnya mabni (tetap) tidak berubah-rubah. (عِنْدَ) ‘Inda selamanya tetap dibaca ‘Inda, tidak boleh dibaca ‘indu, ‘Indin, atau ‘Indan.

(عِنْدَ) 'Inda Artinya dan Contoh Kalimatnya di Al Qur'an
Gambar 1.0. 'Inda Artinya dan Contoh Kalimatnya di Bahasa Arab

Tashrif kata ‘Inda (عِنْدَ)

Tahsrif adalah perubahan kata di dalam bahasa arab karena dhomir (kata ganti), dimana kata di sisi milik saya dengan di sisi milik kamu pasti berbeda di dalam penulisannya. Berikut tashrif kata ‘Inda dari kata ganti dia laki-laki sampai kami. 

  1. عٍنْدَهُ ‘Indahu artinya di sisi dia laki-laki
  2. عٍنْدَهُمَا ‘Indahuma artinya di sisi mereka berdua laki-laki
  3. عٍنْدَهُمْ ‘Indahum artinya di sisi mereka laki-laki
  4. عٍنْدَهَا ‘Indaha artinya di sisi dia perempuan
  5. عٍنْدَهُمَا ‘Indahuma artinya di sisi mereka berdua perempuan
  6. عٍنْدَهُنَّ ‘Indahunna artinya di sisi mereka perempuan
  7. عٍنْدَكَ ‘Indaka artinya di sisi kamu laki-laki
  8. عٍنْدَكُمَا ‘Indakuma artinya di sisi kamu berdua laki-laki
  9. عٍنْدَكُمْ ‘Indakum artinya di sisi kamu semua laki-laki
  10. عٍنْدَكِ ‘Indaki artinya rumah di sisi kamu perempuan
  11. عٍنْدَكُمَا ‘Indakuma artinya di sisi kamu berdua perempuan
  12. عٍنْدَكُنَّ ‘Indakunna artinya di sisi kamu semua perempuan
  13. عِنْدِى ‘Indi artinya di sisi saya
  14. عٍنْدَنَا ‘Indana artinya di sisi kami

Contoh Kalimat dengan kata Hubung (عِنْدَ)’Inda di Bahasa Arab

Berikut adalah 5 Contoh Kalimat dengan kata hubung (عِنْدَ)’Inda di dalam Al Qur'an. adapun lafadz atau kalimat yang terdapat (عِنْدَ)’Inda kami berikan warna kuning supaya memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya. apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui kolom komentar di bawah.

  1.  لَّوْ كَانُوْا عِنْدَنَا مَا مَاتُوْا وَمَا قُتِلُوْاۚ law kanu ‘indana ma matu wama qutilu artinya “Sekiranya mereka tetap bersama kita, tentulah mereka tidak mati dan tidak terbunuh.” (Ali Imron ayat 156)
  2.  كُلَّمَا دَخَلَ عَلَيْهَا زَكَرِيَّا الْمِحْرَابَۙ وَجَدَ عِنْدَهَا رِزْقًا ۚkullama dakhola ‘alaiha zakariyya mihroba wajada ‘indaha rizqon artinya Setiap kali Zakaria masuk menemuinya di mihrab (kamar khusus ibadah), dia dapati makanan di sisinya (Ali Imron ayat 37)
  3.  وَجَدَهَا تَغْرُبُ فِيْ عَيْنٍ حَمِئَةٍ وَّوَجَدَ عِنْدَهَا قَوْمًا wajadaha taghrubu fi ‘ainin hamiatin wawajada ‘indaha qowman artinya dia melihatnya (matahari) terbenam di dalam laut yang berlumpur hitam, dan di sana ditemukannya suatu kaum (tidak beragama). (Al Kahfi ayat 86)
  4.  قَالُوْا يٰمُوْسَى ادْعُ لَنَا رَبَّكَ بِمَا عَهِدَ عِنْدَكَۚ qolu yamusad’u lana robbaka bima ‘ahida ‘indaka artinya mereka pun berkata, “Wahai Musa! Mohonkanlah untuk kami kepada Tuhanmu sesuai dengan janji-Nya kepadamu. (AL A’rof ayat 134)
  5. بَلٰى مَنْ اَسْلَمَ وَجْهَهٗ لِلّٰهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ فَلَهٗٓ اَجْرُهٗ عِنْدَ رَبِّهٖۖ bala man aslama wajhahu lillai wahuwa muhsinun falahu ajruhu 'inda robbihi artinya Tidak! Barangsiapa menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah, dan dia berbuat baik, dia mendapat pahala di sisi Tuhannya (Al Baqoroh ayat 112)

Posting Komentar untuk " (عِنْدَ) 'Inda Artinya dan Contoh Kalimatnya di Al Qur'an"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close