Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahasa Arab Papan Tulis dan Contoh Kalimatnya

 Apa bahasa Arabnya Papan Tulis?

Bahasa Arabnya Papan Tulis adalah Sabburotun (سَبُّوْرَةٌ ), Kata Sabburotun terdiri dari 5 huruf hijaiyah, huruf sin, huruf ba’, huruf wawu, huruf ro’, dan huruf ta’ marbuthoh. Sabburotun artinya Papan Tulis, Karena Sabburotun termasuk Isim munshorif, maka Sabburotun bisa menerima tanda I’rob berupa harokat dhommah tain, kasroh tain menjadi Sabburotin dan fathah tain menjadi Sabburotan. 

Bahasa Arab Papan Tulis dan Contoh Kalimatnya

Contoh Kalimat dengan Kata Papan Tulis 

Berikut adalah 8 contoh kalimat dengan kata Papan Tulis di Bahasa Arab. Adapun warna kuning kami berikan kepada lafadz Sabburotun (Papan Tulis) supaya memudahkan di dalam mempelajarinya. Apabila saudara mempunyai pertanyaan, keluhan dan saran. Silakan bertanya melalui form konsultasi di atas. 

  1. هَذِهِ سَبُّوْرَةٌ  لَيْسَ كِتَابٌ hadzihi Sabburotun laisa kitabun artinya Ini Papan Tulis bukan buku
  2. اِشْتَرَيْتُ سَبُّوْرَةً فِى المَدِيْنَةِ isytaroitu sabburotan fiol madinatai artinya saya telah membeli papan tulis di kota, Sabburotun berharokat fathah tain menjadi sabburotan, karena menjadi nashob. Fathah tain merupakan tanda I’rob nashob
  3. تِلْكَ سَبُّوْرَةٌ جَمِيْلَةٌ tilka sabburotun jamilatun  artinya itu adalah papan tulis yang bagus, harokat dhommah tain merupakan tanda I’rob rofa’ pada kalimat tersebut.
  4. سَاَكْتُبُ فِى سَبُّوْرَةٍ sa aktubu fi sabburotin artinya saya akan menulis di papan tulis, Sabburotun berharokat kasroh tain menjadi Sabburotin, karena menjadi majrur. Kasroh tain merupakan tanda I’rob Jar.
  5. هَذِهِ سَبُّوْرَةٌ لَيْسَ كِتَابٌ hadzihi sabburotun laisa kitabun artinya Ini papan tulis bukan buku
  6. اَيْنَ سَبُّوْرَةٌ يَا زَيْدٌ؟ aina sabburotun ya zaidun artinya Di mana papan tulis ya zaid?
  7. مَتَى تَشْتَرى سَبُّوْرَةٌ ؟ mata tasytariy Sabburotun artinya Kapan kamu membeli Papan Tulis?
  8.  هَذِهِ سَبُّوْرَةٌ  جَمِيْلَةٌ فِي قَرْيَتِى hadzihi Sabburotun jamilatun fi qoryati artinya ini papan tulis yang indah di desa saya

Posting Komentar untuk "Bahasa Arab Papan Tulis dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close