Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(عَلَى) 'Ala Artinya dan Contoh Kalimatnya

 Apa yang dimaksud dengan ‘ala?

Secara Bahasa (عَلَى) ‘Ala artinya di atas atau di atau dari, (عَلَى) ‘Ala termasuk harfun (preposisi/kata hubung) di Bahasa Arab. Karena termasuk harfun maka (عَلَى) ‘Ala hukumnya mabni (tetap), ‘ala selamanya harus dibaca ‘ala, tidak boleh dibaca ‘ali atau ‘alu. 

‘Ala terdiri dari tiga huruf hijaiyah, yaitu huruf ‘ain, huruf lam, huruf ya’. Harfun ‘ala juga termasuk huruf jar, yakni huruf yang bisa berfungsi membuat majrur (berharokat kasroh) kata di depannya. 

Sebagaimana tertulis di dalam nadhoman kitab alfiyah ibnu Malik 'ala lilisti'la  wa ma'na fi wa 'an, pengertian ‘ala adalah

عَلَى لِلاسْتِعْلاَ وَمَعْنَى فِي وَعَن

Artinya : "Huruf Jar 'ala itu bermakna isti'la, bermakna fii (di) dan 'an (dari)."

(عَلَى) 'Ala Artinya dan Contoh Kalimatnya
Gambar 1.0. 'Ala Artinya dan Contoh Kalimatnya di Al Qur'an

Tashrif kata ‘Ala (عَلَى)

Tahsrif adalah perubahan kata di dalam bahasa arab karena dhomir (kata ganti), dimana kata di atas milik saya dengan di atas milik kamu pasti berbeda di dalam penulisannya. Berikut tashrif kata ‘Alan dari kata ganti dia laki-laki sampai kami. 

  1. عَلَيْهِ ‘Alaihi artinya di atas dia laki-laki
  2. عَلَيْهِمَا ‘Alaihima artinya di atas mereka berdua laki-laki
  3. عَلَيْهِمْ ‘Alaihim artinya di atas mereka laki-laki
  4. عَلَيْهَا ‘Alaiha artinya di atas dia perempuan
  5. عَلَيْهِمَا ‘Alaihima artinya di atas mereka berdua perempuan
  6. عَلَيْهِنَّ ‘Alaihinna artinya di atas mereka perempuan
  7. عَلَيْكَ ‘Alaika artinya di atas kamu laki-laki
  8. عَلَيْكُمَا ‘Alaikuma artinya di atas kamu berdua laki-laki
  9. عَلَيْكُمْ ‘Alaikum artinya di atas kamu semua laki-laki
  10. عَلَيْكِ ‘Alaiki artinya rumah di atas kamu perempuan
  11. عَلَيْكُمَا ‘Alaikuma artinya di atas kamu berdua perempuan
  12. عَلَيْكُنَّ ‘Alaikunna artinya di atas kamu semua perempuan
  13. عَلَىنَا ‘Alaina artinya di atas kami

Contoh Kalimat dengan kata Hubung (عَلَى)’Ala di Bahasa Arab

Berikut adalah 7 Contoh Kalimat dengan kata hubung (عَلَى)’Ala di dalam Al Qur'an. adapun lafadz atau kalimat yang terdapat (عَلَى)’Ala kami berikan warna kuning supaya memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya.

  1. وَعَلَيْهَا وَعَلَى الْفُلْكِ تُحْمَلُوْنَ  Artinya di atasnya (hewan-hewan ternak) dan di atas kapal-kapal kamu diangkut.  'alal fulki adalah contoh kalimat dengan huruf jar 'ala di dalam qur'an surat al mu'minuun ayat 22.
  2. لُعِنَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْۢ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ عَلٰى لِسَانِ دَاوٗدَ وَعِيْسَى ابْنِ مَرْيَمَ ۗ Artinya Orang-orang kafir dari Bani Israil telah dilaknat melalui lisan (ucapan) Dawud dan Isa putra Maryam. 'ala lisanin adalah contoh kalimat dengan huruf jar 'ala di dalam qur'an surat al ma'idah ayat 78.
  3. اَوَعَجِبْتُمْ اَنْ جَآءَكُمْ ذِكْرٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ عَلٰى رَجُلٍ مِّنْكُمْ لِيُنْذِرَكُمْ ۗ Artinya "Dan herankah kamu bahwa ada peringatan yang datang dari Tuhanmu melalui seorang laki-laki dari kalanganmu sendiri, untuk memberi peringatan kepadamu?. 'Ala rojulin adalah contoh kalimat dengan huruf jar 'ala di dalam qur'an surat Al A'rof ayat 69
  4.   فَكَيْفَ اٰسٰی عَلٰى قَوْمٍ كٰفِرِيْنَ Artinya "Maka, bagaimana aku akan bersedih hati terhadap orang-orang kafir?".  'Ala qoumin adalah contoh kalimat dengan huruf jar 'ala di dalam qur'an surat Al A'rof ayat 93
  5. كَذٰلِكَ يَطْبَعُ اللّٰهُ عَلٰى قُلُوْبِ الْكٰفِرِيْنَ Artinya "Demikianlah Allah mengunci hati orang-orang kafir". Ala Quluubin adalah contoh kalimat dengan huruf jar 'ala di dalam qur'an surat Al A'rof Ayat 101.
  6.  ۗ وَتَمَّتْ كَلِمَتُ رَبِّكَ الْحُسْنٰى عَلٰى بَنِيْۤ اِسْرَآءِيْلَ ۙ بِمَا صَبَرُوْا ۗ Artinya Dan telah sempurnalah firman Tuhanmu yang baik itu (sebagai janji) untuk Bani Israil disebabkan kesabaran mereka. 'Ala banii isyrooiil adalah contoh kalimat dengan huruf jar 'ala di dalam qur'an surat Al A'rof Ayat 137.
  7. قَالَ يٰمُوْسٰۤى اِنِّى اصْطَفَيْتُكَ عَلَى النَّا سِ بِرِسٰلٰتِيْ  Artinya "(Allah) berfirman, "Wahai Musa! Sesungguhnya Aku memilih (melebihkan) engkau dari manusia yang lain (pada masamu) untuk membawa risalah-Ku". 'Alan Naasyi adalah contoh kalimat dengan huruf jar 'ala di dalam al qur'an surat Al A'rof Ayat 144. 

Posting Komentar untuk "(عَلَى) 'Ala Artinya dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close