Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

25 Contoh Kata Sifat di Bahasa Arab dan Contoh Kalimatnya

Apa yang dimaksud dengan kata Sifat?

Kata sifat adalah kata yang menunjukkan rupa dan keadaan yang tampak pada suatu benda; peri keadaan yang menurut kodratnya ada pada sesuatu (benda, orang, dan sebagainya): atau ciri khas yang ada pada sesuatu (untuk membedakan dari yang lain): di dalam Bahasa arab juga terdapat kata sifat untuk menunjukkan keadaan atau sifat sebuah benda atau makhluk hidup.

25 Contoh Kata Sifat di Bahasa Arab dan Contoh Kalimatnya
Gambar 1.0. Contoh Kalimta dengan kata Sifat di Bahasa Arab

Berikut adalah 25 kosakata tentang kata sifat di Bahasa arab beserta artinya

  1. كَبِيْرٌ kabirun artinya besar
  2. صَغِيْرٌ shoghirun artinya kecil
  3. سَرِيْعٌ sari’un artinya cepat
  4. بَطِيْئٌ bathiun artinya lambat
  5. مُبَكِّرٌ mubakkirun artinya lekas
  6. مُتَأَخِّرٌ mutaakhkhirun artinya terlambat
  7. طَوِيْلٌ thowilun artinya panjang
  8. قَصِيْرٌ qoshirun artinya pendek
  9. حَسَنٌ hasanun artinya baik
  10. سَيِّئٌ sayyiun artinya jahat
  11. جَمِيْلٌ jamilun artinya bagus
  12. قَبِيْحٌ qobihun artinya jelek
  13. قَدِيْمٌ qodimun artinya lama
  14. جَدِيْدٌ jadidun artinya baru
  15. صَحِيْحٌ shohihun artinya betul
  16. مُخْطِئٌ mukhtiun artinya salah
  17. مَفْتُوْحٌ maftuhun artinya terbuka
  18. مَقْفُوْلٌ maqfulun artinya tertutup
  19. ثَقِيْلٌ tsaqilun artinya berat
  20. خَفِيْفٌ khofifun artinya ringan
  21. صَعْبٌ sho’bun artinya sulit
  22. سَهْلٌ sahlun artinya mudah
  23. بَعِيْدٌ ba’idun artinya jauh
  24. قَرِيْبٌ qoribun artinya dekat
  25. غَالٍ gholin artinya mahal

Kata qoribun apabila dirangkai dalam sebuah kalimat, maka bisa berubah menjadi qoriban atau qoribin, tergantung kalimat yang mengi’robnya. begitu juga dengan kata sifat lainnya.

Adapun 25 contoh kalimat menggunakan kata sifat di Bahasa arab tertera di bawah :

  1. اَعْتِذَارٌ مُتَأَخِّرٌ لِلْقَرْضَاوِي a’tidzarun mutaakhirun lil qordhowiy artinya Permintaan maaf yang terlambat kepada Qardhawi.
  2. وَتَدْخُلُ الْوِقَايَةُ الْمَدَنِيَّةُ مُتَأَخِّرٌ‬ watadkhulul wiqoyatul madinatu mutaakhirun artinya Intervensi perlindungan sipil terlambat.
  3. لَا تَقْلِقُ بِشَأْنٍ دَخِلِكَ الْصَغِيْرِ la taqliqu bisya’nin dakhilika shogiri artinya jangan khawatir dengan pendapatan anda yang kecil
  4. وَقُلْ رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيٰنِيْ صَغِيْرًاۗ wa qur robbir hamhuma kama robbayani shoghiron artinya Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.” Al Isro’ ayat 24
  5. مَشْيَنَا بِبُطْءٍ إِلَى الْمَدْرَسَةِ Masyaina bibathi ilal madrosati artinya Kami berjalan pelan datang ke sekolah.
  6. اِنْتِظَارٌ حَتَّى يُصْبِحَ ثَخِيْنًا إِلَى حَدٍّ مَا intidhorun hatta yushbiha tsakhinan ila haddin ma artinya Tunggu sampai agak kental.
  7. اَلَيْسَ الصُّبْحُ بِقَرِيْبٍ alaysash shubhu biqoribin artinya Bukankah subuh itu sudah dekat? 
  8. وَلَا تَمَسُّوْهَا بِسُوْۤءٍ فَيَأْخُذَكُمْ عَذَابٌ قَرِيْبٌ wa la tamassuha bisuuin faya’khudzakum ‘adzabun qoribun artinya dan janganlah kamu mengganggunya dengan gangguan apa pun yang akan menyebabkan kamu segera ditimpa (azab). Surat Hud ayat 64
  9. وَمِنْ أَمَامِ بَابِهِ الْأَسْوَدِ الْثَخِيْنِ إِلَى سُكَّانِ الْمَمْلَكَةِ wamin amami babihil aswadi tsakhini ila sukkanil mamlakati artinya Dan dari depan pintu hitamnya yang tebal hingga para penghuni kerajaan.
  10. وَقُوْدٌ نَظِيْفٌ مِنْ ضَوْءِ الْشَمْسِ وَالْمِيَاه waqudun nadzifun min dhowil syamsi wal miyah artinya Membersihkan bahan bakar dari sinar matahari dan air
  11. وَرَأَى رَجُلًا آخِرَ وَعَلَيْهِ ثِيَابٌ وَسِخَةٌ wa ro a rojulan aakhiro wa 'alaihi tsiyabun wasikhotun artinya Dan dia melihat pria lain dengan pakaian kotor padanya
  12. وَلَا تَحْزَنْ عَلَيْهِمْ وَلَا تَكُنْ فِيْ ضَيْقٍ مِّمَّا يَمْكُرُوْنَ wa la tahzan 'alaihim wa la takun fi dhoiqin mimma yamkuruna artinya Dan janganlah engkau bersedih hati terhadap mereka, dan janganlah (dadamu) merasa sempit terhadap upaya tipu daya mereka. (Al Qur'an Surat An Naml ayat 70)
  13. اِهْتِمَامُهَا وَبَذَلْتُ كُلَّ غَالٍ وَنَفِيْسٍ فِي الْعِنَايَةِ بِهِمَا خِدْمَةً لِلْمُسْلِمِيْنَ ihtimamuha wa badzaltu kulla gholin wa nafisin fil 'inayati bihima khidmatan lilmuslimina artinya Dia peduli dan melakukan segala upaya yang mahal dan berharga untuk merawat mereka dalam melayani umat Islam.
  14. وَمَنْ يُّرِدْ اَنْ يُّضِلَّهٗ يَجْعَلْ صَدْرَهٗ ضَيِّقًا حَرَجًا  Wa man yurid an yudhillahu an yudhillahu yaj'alu shodrohu dhoyyiqon harojan artinya Dan barangsiapa dikehendaki-Nya menjadi sesat, Dia jadikan dadanya sempit dan sesak (Al An'am ayat 125) 
  15. يَحْسَبُهُمُ الْجَاهِلُ اَغْنِيَاۤءَ مِنَ التَّعَفُّفِۚ yahsabuhumul jahilu aghniyaa a minat ta'affufi artinya (orang lain) yang tidak tahu, menyangka bahwa mereka adalah orang-orang kaya karena mereka menjaga diri (dari meminta-minta). Al Baqoroh ayat 273
  16. وَّاِذَا خَاطَبَهُمُ الْجٰهِلُوْنَ قَالُوْا سَلٰمًا wa idza khotobahumul jahiluna qolu salaman artinya  dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan “salam,” Al Furqon ayat 63
  17. وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ حَمِيْدٌ wa’lamuu annallaha ghoniyyun hamidun artinya Dan ketahuilah bahwa Allah Mahakaya, Maha Terpuji (Al Baqoroh ayat 267)
  18. لَقَدْ سَمِعَ اللّٰهُ قَوْلَ الَّذِيْنَ قَالُوْٓا اِنَّ اللّٰهَ فَقِيْرٌ وَّنَحْنُ اَغْنِيَاۤءُ laqod sami’allahu qowlal ladzina qoluu innallaha faqirun wa nahnu aghniyaa u artinya Sungguh, Allah telah mendengar perkataan orang-orang (Yahudi) yang mengatakan, “Sesungguhnya Allah itu miskin dan kami kaya.” Ali Imron ayat 181.
  19. اِنْ يَّكُنْ غَنِيًّا اَوْ فَقِيْرًا فَاللّٰهُ اَوْلٰى بِهِمَاۗ in yakun ghoniyyan aw faqiron fallahu awlaa bihima artinya Jika dia (yang terdakwa) kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatan (kebaikannya). (An Nisa’ ayat 135)
  20. وَمَنْ يُّشْرِكْ بِاللّٰهِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا waman yusyrik billahi faqod dholla dholalan ba’idan artinya Dan barangsiapa mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sungguh, dia telah tersesat jauh sekali. An Nisa’ ayat 116
  21. ءَاِذَا مِتْنَا وَكُنَّا تُرَابًا ۚ ذٰلِكَ رَجْعٌۢ بَعِيْدٌ A idza mitsna wa kunna turoban dzalika roj’un ba’idun artinya Apakah apabila kami telah mati dan sudah menjadi tanah (akan kembali lagi)? Itu adalah suatu pengembalian yang tidak mungkin (Surat Qof ayat 3)
  22. كُلُّ مَا تُرِيْدُ مَعْرِفَتَهُ عَنِ الْفُلْفُلِ الْحَارِ kullu ma turidu ma’rifatahu ‘anil fulfulil hari artinya Semua yang perlu Anda ketahui tentang cabai yang panas atau pedas.. 
  23. جَبَلَة يُحَافِظُ عَلَى صَدَارَة ِالدَوْرِيِّ بِفَوْزٍ سَهْلٌ أَمَامَ الْجَزِيْرَةِ jabalatan yuhafidhu ‘ala shodoroti dawriyyi bifawzin sahlun amamal jaziroti artinya Jableh mempertahankan puncak liga dengan kemenangan mudah melawan Al Jazira.
  24. طُرُقٌ فَعَالَةٌ فِي حَفْظِ الْدُرُوْسِ بِشَكْلِ سَهْلٍ وَسَرِيْعُ لِلْعَامِ الْدِرَاسِيِّ الْجَدِيْدِ thuruqun fa’alatun fi hafhdil durusi bisyakli sahlin wa sari’u lil’ami dirosiyyi jaded artinya Cara efektif menyimpan pelajaran dengan mudah dan cepat untuk tahun ajaran baru.
Demikian artikel tentang 25 contoh kata sifat di bahasa arab dan contoh kalimatnya, apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui kolom komentar di bawah, jika artikel ini bermanfaat jangan lupa bagikan kepada teman atau saudara anda yang membutuhkan.

Posting Komentar untuk "25 Contoh Kata Sifat di Bahasa Arab dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close