Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(طَبِيْبٌ) Thobibun Artinya, Contoh Kalimat dan Tashrif

  Apa Artinya Thobibun?

Thobibun adalah kosakata (mufradat) di dalam Bahasa arab, Tulisan arab Thobibun adalah (طَبِيْبٌ). Kata Thobibun terdiri dari lima huruf hijaiyah, huruf Tho’ 2 huruf ba’, huruf ya’, Thobibun artinya Dokter, Karena Thobibun termasuk Isim mudzakkar (kata benda), maka Thobibun bisa menerima tanda I’rob berupa harokat dhommah tain, kasroh tain menjadi Thobibin dan fathah tain menjadi Thobiban.

Sedangkan untuk isim mu’annats, Thobibatun artinya dokter Wanita. Thobibatun bisa berubah menjadi Thobibatin dan Thobibatan tergantung susunan kalimat yang mengi’robnya. 

(طَبِيْبٌ) Thobibun Artinya, Contoh Kalimat dan Tashrif
Gambar 1.0. Thobibun Artinya dan Contoh Kalimatnya

Tashrif kata Thobibun (طَبِيْبٌ)

Tahsrif adalah perubahan kata di dalam bahasa arab karena dhomir (kata ganti), dimana kata dokter laki-laki saya dengan dokter laki-laki anda pasti berbeda di dalam penulisannya. Berikut tashrif kata Thobibun dari kata ganti dia laki-laki sampai kami. 

  1. طَبِيْبُهُ Thobibuhu artinya dokter dia laki-laki 
  2. طَبِيْبُهُمَا Thobibuhuma artinya dokter mereka berdua laki-laki 
  3. طَبِيْبُهُمْ thobibuhum artinya dokter mereka laki-laki 
  4. طَبِيْبُهَا   Thobibuha artinya dokter dia perempuan 
  5. طَبِيْبُهُمَا Thobibuhuma artinya dokter mereka berdua perempuan 
  6. طَبِيْبُهُنَّ Thobibuhunna artinya dokter mereka perempuan 
  7. طَبِيْبُكَ Thobibuka artinya dokter kamu laki-laki 
  8. طَبِيْبُكُمَا Thobibukuma artinya dokter kamu berdua laki-laki 
  9. طَبِيْبُكُمْ Thobibukum artinya dokter kamu semua  
  10. طَبِيْبُكِ Thobibuki artinya dokter kamu perempuan 
  11. طَبِيْبُكُمَا Thobibukuma artinya dokter kamu berdua perempuan 
  12. طَبِيْبُكُنَّ Thobibukunna artinya dokter kamu semua perempuan 
  13. طَبِيْبِى Thobibiy artinya dokter saya 
  14. طَبِيْبُنَا  Thobibuna artinya dokter kami.

Contoh Kalimat dengan Thobibun

Berikut 9 contoh kalimat dengan Thobibun (طَبِيْبٌ) di bahasa arab dan artinya, adapun warna kuning kami berikan kepada kata Thobibun supaya memudahkan di dalam mempelajarinya, apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui kolom komentar di bawah :

  1. هَلْ ذَهَبَ مَعَكَ الطَبِيْبُ إِلَى الْمٌسْتَشْفَى؟ hal dzahaba ma’aka thobibu ilal mustasyfa artinya Apakah pak dokter ikut pergi ke rumah sakit?
  2. يُدْرِسُ لِيُصْبِحَ طَبِيْباً فِي كُلِّيَةِ الطُبِّ ، جَامِعَة إِيْرلَانْجَا yudrisu liyushbiha thobiban fi kulliyati thubbi jami’ati irlanja artinya Dia sedang belajar menjadi dokter di fakultas kedokteran universitas Airlangga
  3. كَمْ يُكَلِّفُ أَنْ تُصْبِحَ طَبِيْبُ أَسْنَان؟ kam yukallifu an tushbiha thobibu asnanan artinya Berapa biaya kuliah menjadi dokter gigi?
  4. لَا يُمْكِنُهُمْ تَحْمِلُ تَكَالِيْفِ الذَهَابِ إِلَى طَبِيْبِ الْأَطْفَالِ لِتَلَقِّي الْعِلَاجِ la yumkinuhum tahmilu takalifi dzahabi ila thobibil athfali litalaqqil ‘ilaji artinya Mereka tidak mampu untuk pergi berobat ke dokter anak.
  5. زَيْدٌ يُعَالِجُ مَرَضٌ اِبْنِهِ فِي طَبِيْبِ الْأَطْفَالِ zaidun yu’aliju marodhun ibnihi fi thobibil ‘athfali artinya Zaid sedang mengobati penyakit anaknya di dokter anak.
  6. كَمْ يُكَلِفُ رُؤْيَةَ طَبِيْبٌ نَسَائِيٍّ؟ kam yukalifu ru’yata thobibun nasaiyyin artinya Berapa biaya berobat di dokter spesialis kandungan?
  7. يُرِيْدُونَ رُؤْيَةَ طَبِيْبً عُيُوْنٍ yuriduna ru’yata thobibu ‘uyunin artinya Mereka ingin berobat ke dokter spesialis mata.
  8. أَيْنَ سَيَفْتَحُ الْطَبِيْبُ عِيَادَة؟ aina sayaftahul thobibu ‘iyadata artinya Di mana dokter akan membuka praktek?
  9. قَابَلْتُ الْطَبِيْبُ فِي السُوْقِ qobaltul thobibu fis suuqi artinya Saya bertemu dengan dokter di pasar.

Posting Komentar untuk "(طَبِيْبٌ) Thobibun Artinya, Contoh Kalimat dan Tashrif "

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close