Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(صَغِيْرٌ) Shoghirun Artinya dan Contoh Kalimatnya

  Apa Artinya Shoghirun?

Shoghirun adalah kosakata keluarga di dalam Bahasa arab, Tulisan arab Shoghirun adalah (صَغِيْرٌ). Kata Shoghirun terdiri dari 4 huruf hijaiyah, huruf shod, huruf ghoin, huruf ya’ dan huruf ro’. Shoghirun artinya kecil, Shoghirun merupakan bentuk Isim (kata benda) mudzakar sedangkan (صَغِيْرَةٌ) Shoghirotun merupakan bentuk isim mu’annats, di dalam struktur kalimat kata Shoghirun bisa berubah menjadi Shoghiron atau Shoghirin tergantung kalimat yang mengi’robnya.

(صَغِيْرٌ) Shoghirun Artinya dan Contoh Kalimatnya
Gambar 1.0. Contoh kalimat Shoghirun dalam Al Qur'an

Contoh Kalimat dengan Shoghirun

Berikut 10 contoh kalimat dengan kata Shoghirun (صَغِيْرٌ) di bahasa arab dan artinya, adapun warna kuning kami berikan kepada kata shoghirun supaya memudahkan di dalam mempelajarinya, apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui kolom komentar di bawah.

  1. اِشْتَرَى عُلْبَةً صَغِيْرَةٍ مِنْ سِيْمَارَانج isytaro ‘ulbatan shoghirotan min simarang artinya dia membeli kotak kecil dari semarang.
  2. الشَّجَرَةُ الْكَبِيْرَةُ تَبْدَأُ مِنْ صَغِيْرَةٍ asy syajarotul kabirotul tabdau min shoghirotin artinya sebuah pohon besar berawal dari pohon kecil.
  3. لَا تَقْلِقُ بِشَأْنٍ دَخِلِكَ الْصَغِيْرِ la taqliqu bisya’nin dakhilika shogiri artinya jangan khawatir dengan pendapatan anda yang kecil
  4.  وَقُلْ رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيٰنِيْ صَغِيْرًاۗ wa qur robbir hamhuma kama robbayani shoghiron artinya Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.” Al Isro’ ayat 24
  5.  وَلَا تَسْـَٔمُوْٓا اَنْ تَكْتُبُوْهُ صَغِيْرًا اَوْ كَبِيْرًا اِلٰٓى اَجَلِهٖۗ  wala tasamuu an taktubuhu shoghiron au kabiron ila ajalihi artinya Dan janganlah kamu bosan menuliskannya, untuk batas waktunya baik (utang itu) kecil maupun besar (Al Baqoroh ayat 282)
  6. وَكُلُّ صَغِيْرٍ وَّكَبِيْرٍ مُّسْتَطَرٌ wa kullu shoghirin wa kabirin mustathorun artinya Dan segala (sesuatu) yang kecil maupun yang besar (semuanya) tertulis, (Al Qomar ayat 53)
  7. وَلَا يُنْفِقُوْنَ نَفَقَةً صَغِيْرَةً وَّلَا كَبِيْرَةً wa la yunfiquna nafaqotan shoghirotan wa la kabirotan artinya dan tidaklah mereka memberikan infak, baik yang kecil maupun yang besar ( AT Taubah ayat 121)
  8.  يٰوَيۡلَـتَـنَا مَالِ هٰذَا الۡـكِتٰبِ لَا يُغَادِرُ صَغِيۡرَةً وَّلَا كَبِيۡرَةً اِلَّاۤ اَحۡصٰٮهَا  yaawaylatana mali hadzal kitabi la yughodiru shoghirotan wala kabirotan illaa akhshohaa artinya "Betapa celaka kami, kitab apakah ini, tidak ada yang tertinggal, yang kecil dan yang besar melainkan tercatat semuanya," 
  9. وَلَا يُنْفِقُوْنَ نَفَقَةً صَغِيْرَةً وَّلَا كَبِيْرَةً wa la yunfiquna nafaqotan shoghirotan wa la kabirotan artinya dan tidaklah mereka memberikan infak, baik yang kecil maupun yang besar (Al Qur’an Surat At Taubah ayat 121)
  10. هٰذَا الْكِتٰبِ لَا يُغَادِرُ صَغِيْرَةً وَّلَا كَبِيْرَةً اِلَّآ اَحْصٰىهَاۚ hadzal kitabi la yughodiru shoghirotan wa la kabirotan illa akhshooha artinya kitab apakah ini, tidak ada yang tertinggal, yang kecil dan yang besar melainkan tercatat semuanya,”  (Al Qur’an Surat Al kahfi ayat 49)

Posting Komentar untuk "(صَغِيْرٌ) Shoghirun Artinya dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close