Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan tiga faktor yang mempengaruhi perlawanan pasif pada pajak dan penjelasannya?

Sebutkan tiga faktor yang mempengaruhi perlawanan pasif pada pajak dan penjelasannya?
Gambar 1.0. Tiga Faktor Perlawanan Pasif

Sebutkan tiga faktor yang mempengaruhi perlawanan pasif pada pajak dan penjelasannya?

Pengertian perlawanan pasif adalah perlawanan yang inisiatifnya berasal dari luar kemauan dan usaha para wajib pajak tersebut.

Tiga faktor yang mempengaruhi perlawanan pasif yaitu Struktur ekonomi, teknik pemungutan pajak dan perkembangan moral dan intelektual penduduk

Penjelasannya sebagai berikut :

  1. Struktur ekonomi, perlawanan pasif dapat terjadi karena struktur ekonomi suatu negara seperti pajak penghasilan yang ditetapkan pada masyarakat petani, di mana wajib pajak harus menghitung sendiri berapa pajak yang harus dibayarkan kepada negara namun masyarakat yang berpendidikan rendah akan sulit menghitung pajaknya sehingga terjadilah perlawanan pasif terhadap pajak.
  2. Teknik pemungutan pajak, cara perhitungan pajak dan pengisian formulir yang rumit serta prosedur yang berbelit-belit dapat menyulitkan wajib pajak sehingga terjadinya celah untuk negosiasi antara petugas dan pembayar pajak.
  3. Perkembangan dan intelektual penduduk di mana faktor ini timbul dari lemahnya sistem kontrol yang dilakukan oleh fiskus ataupun objek pajak itu sendiri. Contoh pajak terhadap batu permata yang sulit dikontrol keberadaannya karena pemilik kartu permata menyembunyikannya supaya terhindar dari pajak.


Posting Komentar untuk "Sebutkan tiga faktor yang mempengaruhi perlawanan pasif pada pajak dan penjelasannya?"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close